Matematika Kelas 6 | Volume dan Luas Permukaan Bola

pengertian luas permukaan bola

Artikel SD kelas 6 kali ini akan bercerita tentang petualangan Roro Guntur yang membahas volume dan luas permukaan bola. Nah, kira-kira bagaimana ya serunya petualangan mereka?

---

“Ma, Guntur berangkat dulu ya”, ucap Guntur yang sedang memakai sepatu di depan teras rumahnya.

“Iya. Hati-hati dan cepat pulang ya kalau sudah selesai”

Tak lama kemudian Guntur beranjak dari rumahnya. Di sepanjang perjalanannya ia mengingat terus apa yang harus di belinya di toko olahraga.

“Berarti aku beli bola basket dan sepatunya,” gumam Guntur.

Toko olahraga yang dituju oleh Guntur, tidak jauh dari rumahnya. Hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk sampai di sana.

Guntur masuk ke toko olahraga tersebut dan ia terkejut bertemu dengan Roro.

“Lho, Roro!” sapa Guntur.

“Eh, kamu Guntur. Hahaha kok kita bisa ketemu di sini ya? Kamu mau beli apa?” tanya Roro.

“Ini Ro, aku mau beli bola basket untuk latihan besok. Kamu sendiri ngapain di sini?”

“Wah, aku juga sedang mencari bola. Tapi, bukan bola basket. Aku mencari bola voli, Guntur. Yuk, kita cari sama-sama”

menghitung luas permukaan dan volume bola

Guntur mengangguk. Mereka pun mencari bola yang mereka inginkan.

“Kamu udah dapat bolanya?” tanya Roro

“Sudah dong, Ro. Ayo kita bayar,”

“Sekalian minta diisi angin ya. Biar ngga kempes pas dimainin nanti,”

Setelah mereka selesai memompa bola dan membayarnya, mereka pulang. Diperjalanan ada satu hal yang mengganggu pikiran Guntur.

Baca Juga: Menghitung Bilangan Bulat Negatif

“Roro, aku mau tanya deh. Kenapa bisa ya bola itu diisi angin?”

“Hmm.. pasti kamu lupa tentang bangun ruang deh,”

“Astaga! Iya, aku lupa kalau bola itu termasuk bangun ruang. Bisa dihitung volume dan luas permukaannya kan?”

pengertian luas permukaan dan volume bola bangun ruang

“Betul sekali. Kamu masih ingat ngga gimana cara menghitung volume dan luas permukaan bola?”

“Emm, sebentar ya, aku ingat-ingat dulu.”

Cukup lama Guntur berpikir untuk mengingat rumus yang dimaksud.

“Ah, iya! Aku ingat. Rumus untuk menghitung volume bola itu kan 4/3 Π r3. Di mana r yang dimaksud ialah radius atau jari-jari. Bener ngga Ro?”

“Wah kamu hebat Guntur. Betul sekali. Terus kalau ….”

Belum selesai Roro berbicara, Guntur langsung menimpalinya, “Kalau untuk luas permukaan bola itu dihitung dengan menggunakan rumus 4 Π r2

rumus volume dan luas permukaan bola

“Kamu hebat Guntur. Bisa paham dan hafal rumus volume dan luas permukaan bola”

Mereka mengakhiri pembicaraan tentang rumus-rumus tersebut dan berpisah dipersimpangan jalan. Nah, buat teman-teman yang sudah baca cerita di atas, ada satu soal latihan nih buat menguji pemahaman kamu dari apa yang sudah Roro dan Guntur ceritakan tadi.

Berikut soalnya:

contoh soal luas permukaan bola

Yuk coba sharing jawaban kamu di kolom komentar ya biar teman-teman yang lain bisa ikutan belajar. Kalau kamu masih mau cari tahu tentang rumus menghitung volume dan luas permukaan bola, langganan ruangbelajar yuk. Sekarang sudah bisa ditonton lewat laptop lho. Dijamin belajar kamu makin lebih asyik. Gabung sekarang di ruangbelajar for desktop!

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar