Pengertian dan Manfaat SIG yang Harus Kamu Tahu | Geografi Kelas 10

Geografi_10

Squad, siapa yang sudah pernah mendengar istilah Sistem Informasi Geografis (SIG)? Hal ini merupakan salah satu inovasi penting dalam bidang teknologi dan geografi, serta banyak manfaatnya. Mau tahu apa saja kegunaannya? Kuy, keep  scrolling

Pengertian

Menurut Aronaff (1989), SIG adalah sistem informasi yang dilakukan melalui proses komputasi, baik untuk memasukkan, mengelola, menguraikan, maupun memanipulasi data geografis. Data geografis yang ditampilkan berdasarkan pada keadaan sebenarnya di dunia, lho

Tujuan dan Contoh Penerapan 

SIG bertujuan memudahkan kita dalam mencari informasi terkait suatu lokasi tertentu. Tanpa kamu sadari, kamu sudah menggunakan SIG dalam kehidupan sehari-hari, lho. Salah satu bentuknya adalah Global Positioning System (GPS) pada smartphone. Dengan menggunakan GPS, kamu bisa menggunakan peta elektronik untuk menuju lokasi tertentu. Contoh peta elektronik yang biasa digunakan antara lain Google Maps atau Waze. Hayo, siapa yang sering pakai? 

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Sistem Informasi geografis

Contoh tampilan peta elektronik (Sumber: wired.com)

Kenapa Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG)? 

Lalu, apakah kamu pernah bertanya-tanya kenapa kita harus menggunakan SIG? Yuk, simak alasannya pada informasi di bawah ini!

Kenapa harus pake SIG

Bagaimana Sistem Informasi Geografis (SIG) Mengolah Data?

Setelah kamu mengetahui berbagai informasi di atas, kira-kira bagaimana ya proses pengolahan data SIG? Ada beberapa jenis nih, lihat infonya di bawah ini!

Pengolahan SIG

Nah, sekarang sudah lebih paham kan Squad, mengenai SIG? Siapa di sini yang ingin mengembangkan SIG agar menjadi lebih baik lagi? Supaya keinginanmu terwujud, yuk belajar pakai Ruangguru On-The-Go! Kamu bisa nonton video belajar tanpa kuota, tinggal colok USB-nya aja! Pesan sekarang dan buat belajarmu jadi makin seru!

New Call-to-action 

Beri Komentar