Yang Mau Kuliah di Bandung, Perhatikan Biaya Hidup dan Kos di Bandung Dulu, Yuk!

Squad! Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan kamu di Bandung, khususnya untuk calon-calon mahasiswa, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu pindah ke Bandung, nih! Selain persiapan mental harus jauh dari rumah sampai ke hal beradaptasi dengan lingkungan baru, ada hal lain yang perlu kamu catat mengenai biaya hidup dan kos di Bandung. Kira-kira dalam sebulannya kamu harus mengeluarkan berapa banyak uang ya? Berikut informasi yang bisa kamu simak sebagai perkiraan pengeluaran biaya hidup kamu apabila kamu tinggal di Bandung.

Biaya Kos

kos bandung

Salah satu kos  dekat UNPAD Jatinangor (Sumber: www.olx.co.id)

Squad, bagi kamu yang datang dari luar Bandung, tentu hal utama yang perlu diperhatikan adalah tempat tinggal, bukan? Pilihan untuk tempat tinggal kamu antara lain kos, asrama, rumah kontrakan sampai apartment. Beragam fasilitas ditawarkan seperti water heater, kamar mandi dalam, WiFi, listrik dan lainnya. Tentu kamu dapat memilih tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan kamu, Squad.

Di Bandung rata-rata harga sewa kos berkisar dari 4 juta–14 juta per tahun atau sekitar 500 ribu hingga 1.5 juta per bulan tergantung dengan fasilitas yang ditawarkan. Sebagai gambaran, di daerah Negla dekat dengan UPI, rata-rata kamar yang disewakan tidak memiliki fasilitas AC karena dekat dengan Lembang yang cuacanya cenderung dingin, Squad. Harga sewat kamar kos di daerah ini berkisar antara 4 juta-5 juta per tahun. Akses jalan juga menjadi faktor penentu harga sewa ya, Squad. Bisa jadi, apabila tempat tinggal yang ingin kamu sewa dekat dengan jalan raya atau kampus kamu harga sewanya bisa sedikit lebih mahal.

Biaya Makan

warteg hipster

Warteg Hipster dekat dengan UNISBA (Sumber: tamansarian.wordpress.com)

Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan yakni biaya untuk makan sehari-hari, Squad. Untuk memenuhi kebutuhan makan kamu, kamu dapat masak makanan kamu sendiri atau makan di warteg dekat kampus atau kos kamu. Harga yang ditawarkan untuk sekali makan di warteg berkisar dari 7 ribu hingga 35 ribu yang paling mahal seperti di daerah Gerlong dekat UPI. Memasak nasi sendiri dan beli lauk pauk di warteg juga bisa jadi alternatif kamu, lho. Di beberapa kos tertentu, terdapat fasilitas makan di dalam yang disediakan oleh kos kamu sendiri. Oh ya, empat makan yang sedikit fancy juga banyak terdapat di Bandung, kok! Semua tergantung selera dan situasi keuangan kamu ya, Squad.

Biaya Transportasi

angkot bandungTrayek angkot di Bandung (Sumber: bandungdiary.id)

Menyewa tempat tinggal yang memiliki akses jalan mudah bisa menjadi keuntungan buat kamu, Squad. Kalau kamu nantinya kuliah di UPI dan kamu memilih untuk menyewa tempat tinggal di wilayah Negla, kamu hanya butuh berjalan beberapa menit untuk mencapai kampus UPI. Sedangkan, apabila kamu menyewa tempat tinggal yang sedikit jauh dari kampus, kamu perlu untuk mengeluarkan uang lebih untuk biaya transportasi. Kalo kamu mau naik angkot di Bandung, kamu harus teliti untuk membaca rute tujuan dari angkot tersebut yang berada di depan atau belakang jendela angkotnya, ya.
Untuk kesimpulannya, perkiraan pengeluaran biaya hidup kamu dalam sebulan berkisar 1.5 juta belum termasuk biaya sewa kos, ya!

Itu dia, Squad info tentang biaya kos dan hidup di Bandung. Sekarang, tinggal gimana caranya biar mimpi kamu buat kuliah di universitas impian kamu di Bandung, nih. Biar persiapan kamu makin matang untuk menggapai mimpi kamu, persiapkan diri kamu dengan latihan-latihan soal mulai dari sekarang, yuk!  Tapi, pernah nggak kamu bingung jawab soal latihan kamu? Jangan khawatir! Ada ruanglesonlinekok! Bahas soal lebih mudah dengan belajar online!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts