Ruangguru Blog

    Yuk, Cari Tahu Tips dan Cara Di-endorse!

    By Ruangguru writer · Jun 20, 2017

    Smart buddies pasti sudah sangat akrab dengan istilah endorsement. Arti sebenarnya adalah  pemberian dukungan terhadap sesuatu yang mengandung unsur promosi. Dulu, endorsement biasanya dilakukan oleh artis atau public figure. Namun, beberapa tahun belakangan ini, orang yang bukan public figure pun banyak di-endorse lho. Tentu bukan sembarang orang, melainkan mereka yang memiliki banyak followers dan pengaruh yang besar di media sosial. Kalau di Instagram, mereka biasa dikenal dengan sebutan selebgram.

    Bentuk kerja sama ini pun akan menguntungkan kedua belah pihak. Bagi brand yang dipromosikan, produk mereka akan semakin terkenal. Sedangkan bagi yang di-endorse, mereka akan dikirimi aneka produk brand tersebut secara gratis dan juga mendapat uang. Nominalnya beragam, bisa dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk sekali posting. Nggak heran banyak millennials yang berkeinginan untuk menjadi selebgram dan di-endorse. Apakah smart buddies termasuk salah satu di antaranya tapi bingung bagaimana caranya? Ruangguru punya cara-caranya nih!

    1. Jangan ragu untuk menjadi diri sendiri!

    Cara diendorse - Marischka Prudence Akun Instagram Marischka Prudence (Sumber: instagram.com/marischkaprue)

    Yap, ini adalah tips yang terpenting. Kamu harus menjadi diri sendiri dan menonjolkan ciri khas dirimu agar terlihat lebih standout dibanding orang lain. Seperti misalnya Diana Rikasari yang terkenal dengan style-nya yang colourful dan Marischka Prudence yang konsisten dengan postingan traveling-nya.  Salah satu alasan brand lebih memilih meng-endorse influencer daripada artis pun adalah mereka terlihat lebih real seperti orang kebanyakan. Selain itu, brand juga akan memilih orang untuk di-endorse yang karakternya sesuai dengan mereka.

    2.Konsisten mengunggah postingan

    Cara diendorse - Instagram Sonia Eryka Salah satu akun instagram yang jumlah postingannya banyak (Sumber: instagram.com/soniaeryka)

    Orang tidak akan ngeh dengan akunmu jika jarang mengunggah  walaupun foto yang kamu upload bagus dan menarik.  Postingan secara berkala ini penting untuk meningkatkan followers dan membuat mereka terus ingat dengan dirimu. Semakin smart buddies diingat oleh banyak orang, kesempatan di-endorse oleh sebuah brand pun akan semakin besar.

    3. Postinglah di saat yang tepat

    Cara diendorse - Instagram Evita Nuh Salah satu postingan endorsement (Sumber: instagram.com/nuhevita)

    Pastinya smart buddies mau dong postingan yang diunggah langsung dilihat banyak followers-mu? Nah, waktu yang dikenal sebagai saat terbaik untuk mengunggah adalah pukul 7-9 pagi sebelum orang-orang beraktivitas, pukul 12-1 siang saat sedang beristirahat makan siang, dan pukul 5-7 malam ketika sudah selesai beraktivitas. Pada saat itulah orang paling banyak membuka media sosial atau yang dikenal dengan prime time.

    4.Unggah foto yang menarik

    Cara diendorse - Instagram Dewi Deong Menarik ya fotonya! (Sumber: instagram.com/dewideong)

    Kebanyakan orang saat ini sangat memperhatikan tampilan visual. Jadi, meng-upload foto yang menarik untuk dilihat itu penting banget, smart buddies. Tidak harus menggunakan kamera yang mahal, kok. Banyak lho selebgram yang hanya memakai kamera smartphone tapi hasilnya tetap bagus. Jika objek yang diambil biasa saja, sertakan properti tambahkan supaya menarik.

    5.Berinteraksilah dengan followers-mu!

    Cara diendorse - instagram ria ricis Akun instagram salah satu selebgram, Ria Ricis telah diikuti 6,9 juta netizen, lho! (Sumber: instagram.com/riaricis1795)

    Ternyata, followers banyak bukan satu-satunya pertimbangan sebuah brand meng-endorse seseorang, lho. Smart buddies tentunya tahu kalau saat ini ada banyak penjual jasa penambah followers. Makanya, seberapa terhubungnya seorang selebgram dengan followers-nya juga diperhitungkan. Membangun kedekatan dengan followers nggak susah, kok. Bisa dimulai dengan rajin membalas komentar, memberi pertanyaan di akhir caption, dan mengadakan giveaway untuk para followers. Mereka pun akan melihat dirimu sebagai pribadi yang ramah.

    Setelah membuat akunmu menarik dan diikuti banyak followers, siap-siap deh akan ada brand yang meminta smart buddies untuk meng-endorse produk mereka! Jangan lupa sertakan kontak seperti email di profilmu agar brand lebih mudah mengontakmu. (NF/DR)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata, study tips

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru