7 Ide Kegiatan Liburan Seru di Rumah Bersama Keluarga

ide kegiatan liburan selama di rumah bersama keluarga

Bingung mau ngapain di rumah selama liburan sekolah? Yuk, lihat rekomendasi kegiatan untuk mengisi liburan di rumah bersama keluarga yang harus kamu coba berikut ini!

 

Beraktivitas bersama keluarga, tentu menjadi hal yang sangat seru dan ditunggu-tunggu, ya. Apalagi di waktu liburan sekolah yang cukup panjang seperti sekarang ini. Walaupun beberapa di antara kamu ada yang hanya berlibur di rumah aja, masih banyak lho ide kegiatan liburan seru yang bisa kamu lakukan bersama keluarga.

Mencari aktivitas liburan yang menyenangkan, dapat mendekatkan hubungan antara anak dan orang tua yang sehari-harinya sudah sibuk berkegiatan di luar rumah. Selain itu, kamu dan anggota keluarga lainnya juga dapat mencoba banyak hal seru yang belum pernah kalian lakukan sebelumnya.

Nah, jika kamu sedang mencari ide kegiatan asik bersama keluarga di liburan kali ini, yuk, coba beberapa rekomendasi dari Ruangguru berikut!

 

1. Berkemah

Berkemah bersama keluarga

Berkemah bersama keluarga (Sumber: cashbackauthority.com)

Aktivitas pertama yang dapat kamu lakukan bersama dengan keluarga saat liburan adalah berkemah. Kamu bisa mengunjungi suatu area berkemah, atau bisa juga berkemah dengan sederhana di halaman rumah. Selain dapat menghemat budget, berkemah di halaman rumah dapat menjadi pengalaman unik tersendiri, lho. Pasang tenda di halaman belakang atau di area taman rumah, buat juga api unggun dan tempat untuk barbeque di sana.

Untuk menambah keseruan, kamu dan keluarga dapat menyiapkan makan malam ala barbeque party. Jika ingin suasana yang lebih ramai lagi, coba juga undang saudara sepupu atau keluarga yang lainnya. Selain menyenangkan, kegiatan berkemah ini dapat menambah kehangatan dalam keluarga, lho. Yuk dicoba!

 

2. Maraton film

Kegiatan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang gemar menonton film. Siapkan beberapa list film favorit atau film yang belum pernah ditonton bersama keluarga sebelumnya, jangan lupa juga cemilan seperti pop corn dan minuman segar. Menonton film bersama-sama pasti lebih seru deh.

liburan seru - Menonton film bersama keluarga

Menonton film bersama keluarga (Sumber: jubox.ch)

Baca Juga: 12 Film tentang Ayah yang Inspiratif dan Mengharukan, Sudah Tonton?

 

3. Memasak makanan kesukaan

Memasak bersama dapat menjadi kegiatan seru yang bisa kamu coba dengan keluarga di rumah. Kamu bisa mulai dengan berbelanja bahan-bahan makanan bersama hingga menyiapkan semua bahan-bahan di dapur. Kamu juga bisa mencoba membuat sesuatu yang berbeda dari biasanya, seperti membuat kue. Carilah resep kue atau camilan baru di internet yang ingin kamu coba. Berkreasi membuat kue bersama keluarga dapat menambah keceriaan lho, apalagi hasilnya bisa dinikmati bersama-sama juga.

liburan seru - Memasak bersama dapat menambah keceriaan

Memasak bersama dapat menambah keceriaan (Sumber: pinterest.com)

 

4. Menata ulang rumah

Saat liburan sebaiknya lakukanlah aktivitas yang sulit dilakukan di hari biasa, seperti menata ulang rumah. Kamu dan keluarga bisa mencoba untuk merapikan rumah dan menata ulang dengan dekorasi-dekorasi unik dan kreatif. Selain menata rumah, berkebun juga termasuk salah satu kegiatan yang dapat mempererat hubungan keluarga, lho. Kamu bisa mencoba menanam sayuran atau bunga bersama keluarga di pekarangan rumah.

liburan seru - Membersihkan dan menata rumah

Membersihkan dan menata rumah (Sumber: housebeautiful.com)

 

5. Olahraga pagi

Bangunlah lebih pagi dan ajak keluargamu jogging atau bersepeda di sekitar rumah. Kamu bisa menikmati sepanjang pagi hingga siang hari di taman sekitar rumah. Jangan lupa untuk membawa bekal atau camilan kecil lainnya ya.

liburan seru - Olahraga bersama keluarga

Olahraga bersama keluarga (Sumber: losebabyweight.com.au)

Baca Juga: 7 Film Sarat Makna untuk Isi Liburan Sekolah, Wajib Tonton!

 

6. Berkunjung ke rumah saudara atau keluarga dekat

Kesibukan masing-masing anggota keluarga membuat liburan menjadi waktu yang sangat spesial untuk berkumpul bersama. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengunjungi rumah keluarga atau kerabat dekat. Berkumpul bersama keluarga dijamin akan mengembalikan semangatmu saat liburan usai nanti.

 

7. Keliling kota

Untuk kamu yang tinggal di wilayah perkotaan, kegiatan yang satu ini akan sangat cocok untuk dilakukan. Waktu liburan menjadi saat yang tepat untuk kamu berkeliling kota. Kamu dan keluarga bisa mencari tempat liburan terdekat dari rumah dan memanfaatkan transportasi umum, seperti MRT, Transjakarta, atau bus wisata. Kunjungi tempat wisata seru yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, atau mencoba restoran baru. Seru kan?

liburan seru - Liburan keliling kota Jakarta

Liburan keliling kota Jakarta (Sumber: metrotvnews.com)

Menikmati liburan bersama keluarga tidak harus jauh-jauh kok, banyak juga kan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan bersama keluarga di rumah dan sekitarnya. Kalau kamu, kegiatan seru apa yang akan kamu lakukan bersama keluarga saat liburan kenaikan kelas ini? Tulis di kolom komentar, ya! Setelah masuk nanti, jangan lupa kembali belajar bersama video beranimasi seru di ruangbelajar. Selamat berlibur!!!

IDN CTA Blog ruangbelajar RuangguruSumber Gambar:

https://www.freepik.com/free-photo/child-singing-with-smiling-family-camping-family-enjoying-camping-holiday-countryside_14779788.htm#query=camping%20at%20home&position=2&from_view=search&track=ais

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D