Yuk, Ikut Melestarikan Lingkungan!

Yuk, Ikut Melestarikan Lingkungan!

Squad, kalian pernah nggak, sih, ikut kegiatan pelestarian lingkungan di waktu luang kalian? Kegiatan pelestarian lingkungan merupakan jenis kegiatan yang harus sering dilakukan, lho, mengingat lingkungan sekitar kita sedang terancam oleh kegiatan pencemaran lingkungan. Kira-kira, bagaimana sih cara melestarikan lingkungan? Kita mulai dengan membaca artikel  ini, ya. Yuk, ikut melestarikan lingkungan!

Pada dasarnya, ada 3 prinsip dasar yang dapat dilakukan untuk melakukan pelestarian lingkungan dan penanggulangan pencemaran, yaitu secara administratif-dengan adanya peraturan atau undang-undang dari pemerintah, secara teknologis, yaitu dengan ketersediaan peralatan pengolah limbah dan pembakar sampah, dan secara edukatif atau melalui pendidikan. Contohnya bisa dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat atau pendidikan di sekolah-sekolah. Sekarang, kita bahas jenis penanggulangan ini satu persatu, ya! 

Penanggulangan Administratif

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penanggulangan administratif berarti jenis penanggulangan yang didasarkan oleh kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mencegah pencemaran dan mencegah terjadinya eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan. Contohnya, sebelum membuang limbahnya ke lingkungan, pabrik diwajibkan mengolah limbah cair, atau memasang saringan udara pada cerobong asap.

Baca Juga: Seluk Beluk Pencemaran Lingkungan

Selain itu, sebelum membangun pabrik atau melakukan proyek, pihak pengembang diharuskan melakukan Analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal). Dalam Amdal, terdapat beberapa hal yang dianalisis lebih lanjut, contohnya potensi proyek tersebut untuk mencemari lingkungan dan bagaimana dampak proyek tersebut terhadap penduduk dan masyarakat sekitarnya. 

Selain amdal, ada juga nih, kebijakan pemerintah lain yang disebut dengan baku mutu lingkungan. Baku mutu lingkungan adalah standar yang ditetapkan untuk menentukan mutu lingkungan, misalnya baku mutu air, baku mutu sungai, dan baku mutu udara. Contoh kebijakan pemerintah yang terakhir terkait dengan pelestarian lingkungan adalah Program Pembangunan Berkelanjutan, contohnya adalah program kali bersih (prokasih). 

Penanggulangan Teknologis

Sesuai namanya, penanggulangan teknologis merupakan penanggulangan pencemaran dengan menggunakan perkembangan teknologi, contohnya dengan unit pengolah limbah. Setiap industri diharapkan memiliki unit pengolah limbah, misalnya unit pengolah limbah cair untuk mengolah limbah cair sebelum dibuang ke lingkungan. Kamu sudah pernah lihat prosesnya, belum?

Penanggulangan Edukatif

Penanggulangan secara edukatif diadakan melalui pendidikan sekolah dan penyuluhan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kelestarian lingkungan. Misalnya dengan mengadakan kelas membuat bubur kertas untuk kemudian diolah sebagai hiasan rumah. 

Wah, ternyata tidak sulit ya untuk ikut andil dalam melestarikan lingkungan! Yuk, sekarang kita mulai turut serta melestarikan lingkungan. Jangan lupa sambil terus belajar dengan Ruangguru digitalbootcamp, ya! Yuk, ikutan sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar