Yuk, Intip Perkuliahan di Fakultas Pertanian!

Andrea Lidwina

Mar 4, 2019 • 2 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


fakultas pertanian

Artikel ini membahas tentang ilmu-ilmu yang dipelajari dan peluang kerja setelah lulus dari Fakultas Pertanian

--

Squad, beberapa mahasiswa Fakultas Pertanian di Universitas Muhammadiyah Purwokerto beberapa waktu lalu membuat terobosan baru, nih! Mereka menciptakan Patatas, yaitu es krim yang menggunakan ubi jalar sebagai bahan bakunya. Oleh karena itu, es krim ini memiliki cita rasa yang unik, berserat tinggi, berwarna ungu, dan menghindarkan kamu dari obesitas saat mengonsumsinya. Sehat banget ya!

Terobosan ini merupakan usaha para mahasiswa di Fakultas Pertanian untuk terus berinovasi dalam memproduksi dan mendistribusikan hasil pangan. Jadi, es krim Patatas hanyalah salah satu dari karya-karya keren mahasiswa di fakultas tersebut. Terobosan-terobosan lain juga bisa lho dihasilkan oleh beragam jurusan yang tersedia di Fakultas Pertanian. Misalnya, Ilmu Tanah, Budidaya Perairan, Sosial Ekonomi Pertanian, dan lain-lain. Nah, fakultas ini bisa ditemukan di beberapa perguruan tinggi negeri, antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Institut Pertanian Bogor, atau Universitas Andalas.

fakultas pertanian

Para mahasiswa Fakultas Pertanian di Institut Pertanian Bogor (Sumber: faperta.ipb.ac.id)

Sayangnya, masih banyak yang memandang remeh Fakultas Pertanian. Sebagian masyarakat menganggap lulusan dari fakultas ini pasti menjadi petani, padahal berbagai bidang bisa digeluti lho. Kamu bisa bekerja di pemerintahan (bergabung di Kementerian Pertanian, Bappenas, atau Kementerian Lingkungan Hidup) atau menjadi peneliti dan pengusaha. Selain itu, dengan berkecimpung di bidang pertanian, Squad turut berkontribusi bagi kelangsungan hidup masyarakat. Kamu akan belajar mengolah sumber daya alam yang terbatas dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat.

Dengan demikian, Squad harus menguasai ilmu-ilmu Saintek maupun Soshum. Mata kuliah berbau Kimia, Matematika, dan Fisika digunakan untuk mencipta penemuan baru di bidang pangan. Kemudian, ilmu Sosiologi, Ekonomi, dan Komunikasi akan membuat kamu paham bagaimana cara mendistribusikan dan memasarkan produk pangan tersebut. Seru ya, Squad? Tenang, masih ada yang lebih seru lagi! Mahasiswa fakultas ini tidak hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga melakukan riset dan praktikum di alam terbuka. Jadi, Squad akan langsung mengaplikasikan ilmu dan teori yang telah kamu pelajari di kelas.

fakultas pertanian

Mahasiswa Fakultas Pertanian tidak hanya belajar di kelas, tetapi juga melakukan riset dan praktikum di alam terbuka (Sumber: hipwee.com)

Buat Squad yang tertarik masuk ke Fakultas Pertanian, ada pesan nih dari Presiden Joko Widodo. Menurutnya, lulusan fakultas ini sangat diperlukan dan perlu fokus di bidang pangan dan pertanian. Sebab, pertanian merupakan salah satu sektor kunci perekonomian Indonesia sehingga perlu terus dikembangkan.

Squad, bagaimana? Sudah siap belajar untuk masuk ke fakultas ini? Ayo pakai ruangbelajar! Dengan ruangbelajar, kamu akan bisa menonton video beranimasi, mendapatkan infografis, rangkuman, dan latihan soal. Yuk, segera daftar!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts