Yuk, Kenalan dengan Fakultas Ilmu Pendidikan

Olivia Yunita Agu 7, 2020 • 4 min read


Pojok_Kampus_-_Yuk_Kenalan_dengan_Fakultas_Ilmu_Pendidikan_(Med)

Artikel ini membahas mengenai ilmu yang dipelajari di Fakultas Ilmu Pendidikan, beserta mata kuliah, jurusan, dan peluang kerjanya.

--

Berdasarkan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, ada sekitar 6.127 program studi pendidikan di universitas negeri dan swasta di Indonesia. Dari angka tersebut, jumlah total mahasiswanya sekitar 1.371.105 jiwa. Sehingga dapat disimpulkan ternyata peminat program studi pendidikan masih tinggi di kalangan mahasiswa Indonesia. 

Yuk, Kenalan dengan Fakultas Ilmu Pendidikan

Mahasiswa bidang pendidikan berdasarkan PDDikti (pddikti.kemdikbud.go.id)

Program studi pendidikan terdapat di beberapa fakultas, salah satunya Fakultas Ilmu Pendidikan. Fakultas ini mempelajari tentang penyelenggaraan pendidikan akademik khususnya dalam ilmu pendidikan. Hmm...Lalu apa sih yang dimaksud ilmu pendidikan itu? 

Jadi, ilmu pendidikan dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari proses dan persoalan yang berkaitan dengan pendidikan baik secara teori maupun praktik. Singkatnya, pada ilmu pendidikan kamu bisa belajar bagaimana cara mengajar yang tepat agar pembelajaran menjadi efektif.

Baca juga: 4 Fakta Menarik di Jurusan Pendidikan

Bagi kamu yang tertarik mempelajari ilmu pendidikan bisa banget masuk ke Fakultas Ilmu Pendidikan. Karena sejak semester awal, kamu akan disuguhi dengan mata kuliah kependidikan seperti Dasar-dasar Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Pengelolaan Pendidikan, Kurikulum dan Pembelajaran, Desain dan Model Pembelajaran, serta Micro Teaching.

Yuk, Kenalan dengan Fakultas Ilmu Pendidikan

Pembelajaran Micro Teaching (Sumber: usd.ac.id)

Nggak hanya belajar mata kuliah teori aja, di Fakultas Ilmu Pendidikan ada beberapa program studi yang akan membekali kamu dengan mata kuliah praktik. Salah satunya praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL). Nah selama PPL ini, kamu akan merasakan jadi guru beneran lho. Kamu bakal langsung terjun buat mengajar di sekolah dalam beberapa bulan. Gimana? Seru ‘kan

Yuk, Kenalan dengan Fakultas Ilmu Pendidikan

Praktek Pengalaman Lapangan (Sumber: kimia.unnes.ac.id)

Ngomongin Fakultas Ilmu Pendidikan, ternyata ada banyak program studi yang bisa kamu pilih, lho. Secara umum, program studi yang dimiliki setiap universitas keguruan hampir mirip satu sama lain. Misalnya di Universitas Pendidikan Indonesia ada sembilan program studi seperti Pendidikan Luar Sekolah, PGPAUD, Psikologi, PGSD, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Khusus, Administrasi Pendidikan, Bimbingan dan Konseling, serta Perpustakaan dan Ilmu Informasi. 

Pojok_Kampus_-_Yuk_Kenalan_dengan_Fakultas_Ilmu_Pendidikan-02

 

Setiap program studi pun memiliki peluang kerja yang menjanjikan di berbagai bidang dan lembaga. Misalnya, bekerja di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menjadi tenaga pengajar di sekolah negeri atau swasta, mengelola sistem pembelajaran di perguruan tinggi, atau bekerja sebagai Master Teacher di startup pendidikan.

Yuk, Kenalan dengan Fakultas Ilmu Pendidikan

Tenaga pengajar di sekolah (Sumber: education.gov)

Nah, buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Fakultas Ilmu Pendidikan, nggak perlu khawatir ya! Indonesia punya banyak universitas dengan Fakultas Ilmu Pendidikan terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan, seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan masih banyak lagi.

Baca juga: 10 Universitas Keguruan Negeri Terbaik di Indonesia

Kamu berminat kuliah di Fakultas Ilmu Pendidikan? Bisa banget kok. Sebelumnya pastikan dulu minat dan kemampuan kamu di bidang apa ya. Untuk mendukung itu semua, kamu bisa belajar berbagai materi pelajaran dengan ruangbelajar. Akses video beranimasi, infografis, dan latihan soal sesuai kebutuhanmu!

New Call-to-action

Beri Komentar