Yuk, Kenalan Dengan Hiu, Rantai Makanan Teratas di Lautan

Created by : Halimatus Sya'diyah
on Jul 14, 2018 11:00:00 AM
3 min read

Halo, Squad! Gimana nih persiapannya menjelang masuk sekolah lagi? Semoga lancar, ya! Mumpung masih liburan, coba deh kamu baca-baca info buat tambah pengetahuan kamu! Ngomong-ngomong, kamu sudah tahu belum kalo setiap tanggal 14 Juli diperingati sebagai Shark Awareness Day? Nah, dalam rangka memperingati Shark Awareness Day, berikut info-info seputar hiu yang dapat kamu simak agar kamu semakin peduli terhadap keberadaan populasi hiu!

 hiu di Indonesia

14  Juli sebagai Shark Awareness Day (Sumber: pexels.com)

Melalui kampanye #SOSHARKS, WWF-Indonesia mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga populasi hiu di Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2016 yang dikutip dari WWF-Indonesia, Indonesia merupakan negara produsen hiu terbesar di dunia yakni sebesar 16,8% dari total penangkapan di seluruh dunia. Penurunan populasi hiu di Indonesia disebabkan oleh tingginya permintaan konsumsi sirip, daging, dan lain sebagainya. Dikutip dari WWF-Indonesia, sekitar 12.622 kg sirip hiu di Indonesia dihidangkan di berbagai restoran dan hotel di Jakarta dalam satu tahun. Hiu sebagai predator teratas memiliki peran untuk menjaga keseimbangan ekosistem di laut. Apabila populasi hiu terancam, maka keseimbangan ekosistem dan rantai makanan di laut akan terganggu.

Demi mengurangi angka kematian hiu, maka pada tanggal 14 Juli diperingati sebagai “Shark Awareness Day” di seluruh dunia. Hal ini bertujuan untuk menyebarkan citra positif tentang hiu. Perlu diketahui bahwa media seperti TV sering melabeli hiu sebagai hewan pembunuh manusia. Padahal, ada banyak cerita di sosial media bahwa hiu adalah hewan yang baik. Banyak fakta mengejutkan tentang penguasa lautan ini:

1. Hiu hidup lebih tua dari dinosaurus

Squad, tahukah kamu bahwa ternyata hiu ditemukan jauh sebelum dinosaurus ada. Hiu muncul 410 juta tahun yang lalu, sementara dinosaurus ditemukan 230 juta tahun yang lalu. Namun, nasibnya berbeda dengan dinosaurus yang mengalami kepunahan massal 66 juta tahun yang lalu. Hiu dapat bertahan karena mengarungi samudra untuk berpindah tempat.

2. Hiu punya beberapa kepribadian

Layaknya manusia, hiu juga punya sifat. Penelitian terbaru menemukan sejumlah hiu dapat memberi reaksi yang berbeda di situasi tertentu. Beberapa hiu ada yang mempunyai sifat pemalu dan mudah stres, ada pula yang berani dan tidak gampang stres.

3. Punya masa mengandung paling lama

 hiu di Indonesia

Masa mengandung hiu bisa sampai 3,5 tahun (Sumber: oceanbites.org)

Pada jenis tertentu, hiu mempunyai waktu mengandung paling lama dari binatang mana pun di dunia, sebagai contoh, spesies Chlamydoselachus anguineus dapat mengandung selama 3,5 tahun! Sangat lama, bukan? Maka dari itu hiu termasuk hewan dengan perkembangbiakan yang lambat. Apabila 1 hiu mati, maka butuh waktu lama untuk bereproduksi lagi.

4. Ukuran hiu mengecil dari masa ke masa

Perubahan iklim membuat ukuran tubuh hiu mengalami evolusi menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Air hangat menyebabkan hiu butuh lebih banyak energi untuk beraktivitas dan metabolisme tubuh. Selain itu, perubahan iklim juga berdampak pada berkurangnya ketajaman indra penciuman hiu untuk berburu.

5. Hiu ganti gigi dalam waktu 24 jam

 hiu di Indonesia

Gigi hiu akan tumbuh dalam 24 jam (Sumber : sciencing.com)

Berdasarkan data dari National Geographic Kids, hiu mempunyai kurang lebih 10.000 gigi sepanjang hidupnya. Itu artinya hiu sering sekali ganti gigi karena gampang patah. Desain giginya memang tidak tertancap kuat di geraham, namun kekuatannya dalam mengoyak makanan sungguh dahsyat. Gigi baru hiu akan tumbuh dalam 24 jam.

Nah, itu dia fakta-fakta menarik seputar hiu yang semoga saja dapat menambah kesadaran dan wawasan kamu tentang hiu ya, Squad. Oh ya, kalo kamu ingin wawasan kamu selalu bertambah, coba deh gabung di RGBD! Di Ruangguru digitalbootcamp kamu bisa belajar berkelompok secara online dengan kakak tutor standby tentunya dengan materi belajar yang lengkap banget mulai dari modul, soal, tryout, webinar hingga belajar lewat video belajar beranimasi yang nggak bakal bikin kamu bosan belajar! Gabung sekarang yuk!

New Call-to-action

Tags: Wow ternyata

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read