Ruangguru Blog

    Kamu Penggemar Es Krim? Yuk, Ketahui Sejarahnya!

    By Ruangguru · Aug 7, 2017

    Smart Buddies penyuka es krim? Well, dapat dikatakan bahwa es krim merupakan menu makanan yang disukai oleh orang dari segala usia. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pasti hampir semuanya menyukai es krim. Rasanya yang manis, dingin dan pekat, serta teksturnya yang lembut selalu dicari oleh banyak orang di kala panas.

    Saat ini, kita sudah bisa dengan mudahnya menemukan es krim. Mulai dari abang keliling, mini market, hingga di kafe mewah kawasan pusat perbelanjaan terdapat es krim dengan berbagai macam varian. Selain itu, penyajian es krim juga sudah lebih bervariatif dan menggugah selera. Mulai dari kombinasi es krim dengan waffle, pancake, kue, atau bahkan minuman.

    Nah, tahukah kamu bagaimana asal mula es krim dapat tercipta? Bagaimana ya cara membuat es krim saat belum ada freezer dan lemari es? Well, terdapat berbagai macam sejarah berbeda mengenai asal mula es krim. Supaya tidak bingung, yuk kita simak satu per satu!

    sejarah es krim - Es krim dengan berbagai varian Es krim dengan berbagai varian (Sumber: harianmu.com)

    Kekaisaran Romawi

    Sejarah kemunculan es krim yang pertama, dipercaya datang dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero, Romawi tahun 64 M. Diceritakan bahwa saat itu Kaisar Nero menginginkan makanan penutup yang dingin. Kemudian dibuatkan kombinasi antara salju halus, nektar, sirop buah, dan madu.

    Cina

    Konon, es krim juga mulai dikenal di negeri Cina sekitar tahun 700 M. Kemunculan es krim di Cina dimulai saat Raja Tang dari kerajaan Shang mendapatkan hadiah berupa gumpalan salju saat makan malam. Salju tersebut diproses dengan tambahan susu dan sari buah, serta dilumuri juga dengan madu. Makanan penutup yang dikenal dengan istilah xuebaite tersebut ternyata menjadi makanan kesukaan sang raja, yang akhirnya dipopulerkan di lingkungan kerajaannya.

    sejarah es krim - Es krim gellato Es krim gellato (Sumber: thespruce.com)

    Marcopolo

    Cerita lainnya mengatakan bahwa sekitar tahun 1254 M, Marcopolo yang baru kembali dari Cina, membawa oleh-oleh cara pembuatan es krim. Saat itu, sebenarnya di Italia sendiri sudah dikenal jenis es tersebut dari sirop khas Italia. Dengan tangan dingin Marcopolo, es sirop Italian tersebut mengalami modifikasi. Rasanya yang enak membuat es sirop ini menjadi favorit banyak orang dan menyebar ke negara Eropa lainnya.

    Bahan dasar es sirop semakin berkembang, bukan hanya dari sirop melainkan menjadi susu dan krim. Bahan dasar baru ini membuat rasanya semakin kaya, tidak hanya manis tetapi juga gurih dan teksturnya semakin lembut. Setelah itulah sekitar abad ke-18, orang Inggris menyebutnya ice cream.

    sejarah es krim - Variasi es krim dengan waffle Variasi es krim dengan waffle (Sumber: foodbabbles.com)

    Amerika

    Demam es krim sendiri baru muncul di benua Amerika pada abad 19 seiring dengan ditemukannya mesin pembuat es krim. Saat itu, gubernur asal Maryland, Amerika Serikat, menyajikan es krim kepada para tamunya. Hal inilah yang menjadi awal mula berkembangnya es krim di Amerika Serikat. Namun, baru 76 tahun kemudian kios es krim pertama dibuka di New York.

    Indonesia

    Nah, di Indonesia es krim muncul setelah dibawa oleh orang-orang Belanda yang datang ke Indonesia. Dulu, es krim juga termasuk barang mewah dan mahal yang biasanya dinikmati orang Belanda saja.

    sejarah es krim - Scoop es krim Scoop es krim (Sumber: seriouseats.com)

    Tahukah kamu cara pembuatan es krim?

    Es krim merupakan makanan yang mengandung lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata dalam proses pembuatan es krim juga menggunakan praktik-praktik dari ilmu pengetahuan seperti Kimia? Yap, salah satunya adalah proses pasteurisasi. Proses ini dilakukan setelah terbentuk campuran es krim. Pasteurisasi merupakan titik kontrol biologik (biological control point) pada es krim yang bertujuan untuk menghancurkan bakteri-bakteri pathogen pada campuran. Jadi, tidak semudah itu lho membuat es krim.

    Es krim sudah menjadi hidangan penutup yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Bahkan di Amerika, bulan Juli ditetapkan sebagai bulan es krim nasional, bersamaan dengan hari kemerdekaan di negara tersebut. Kemudian soal rasa, vanilla merupakan rasa yang paling disukai, diikuti oleh cokelat, butter pecan, stroberi, Neapolitan, chocolate chip, dan Oreo cookies.

    Nah Smart Buddies, apa sih rasa es krim favoritmu? Yuk, tulis di kolom komentar ya! (SA)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata, asal mula, es krim, sejarah es krim

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru