Yuk, Membuat Personal Letter dalam Bahasa Inggris!

Yuk, Membuat Personal Letter dalam Bahasa Inggris!

Squad! Siapa di antara kalian yang memiliki sahabat pena? Kalau kalian memiliki sahabat pena, tentu sering surat-suratan dong, ya. Apakah kalian mempunyai sahabat pena yang berbicara dengan bahasa Inggris? Hmm... kayaknya menarik deh kalau kita bisa menulis surat pribadi (personal letter) dalam Bahasa Inggris. Sekarang dicoba yuk, membuat personal letter dalam Bahasa Inggris! 

Yuk, Membuat Personal Letter dalam Bahasa Inggris!

Baca Juga: Cara Membuat Formal Letter dalam Bahasa Inggris

Sebelum kamu membuat personal lettermu sendiri, yuk kita belajar mengenai bagian-bagian dari personal letter itu sendiri. Kira-kira, berdasarkan contoh di atas, apa saja sih bagian-bagiannya? Yap, bagian-bagiannya adalah address, date, salutation, introduction, body, closing, greeting for closing, dan signature. Sekarang kita bahas satu-satu, ya! 

Address

Tahukah kamu, address atau alamat merupakan bagian opsional pada surat pribadi. Oleh karena itu, kamu tidak wajib menuliskan alamatmu. Oh iya, jenis alamat itu ada dua, lho! Apa saja, hayo? Betul banget, jenisnya terdiri dari alamat pengirim dan penerima. Posisi alamat pengirim adalah di pojok kanan atas, sedangkan alamat penerima adalah pojok kiri atas sedikit di bawah alamat pengirim.

Date

Selain alamat, tanggal juga merupakan salah satu bagian opsional pada surat pribadi. Tanggal diletakkan di bawah alamat. Penulisan tanggal ada dua jenis, yakni: British style dan American style. Untuk cara penulisan British Style, dapat ditulis begini 17 August 2017, sedangkan untuk American Style dapat ditulis begini August 17, 2017.

Salutation

Salutation juga sering disebut sebagai greeting. Oleh karena itu, salutation juga dapat diartikan sebagai salam pembuka, ya. Salam pembuka pada surat pribadi memiliki contoh yang beragam. Beberapa di antaranya: Dear, Hi, Hallo kemudian diikuti dengan nama penerima. Contohnya Dear Thaliya. Variasi lain dari salutation misalnya my beloved sister dan my lovely mom.

Introduction

Sesuai dengan namanya, bagian ini berisi pembukaan dari surat pribadi. Biasanya berisi komentar atas surat sebelumnya, jika surat yang kamu tulis merupakan surat balasan. Selain itu, introduction juga bisa berisi kabar terbaru dari si penulis surat. Selain itu, di bagian ini, penulis surat juga bisa membuat beberapa kalimat untuk menghubungkan dengan isi surat.

Body

Bagian ini merupakan isi dari surat. Ada berbagai jenis isi surat pada surat pribadi. Isi surat juga akan berhubungan dengan tujuan dari surat, lho. Apa saja, sih jenis-jenis body pada surat pribadi? Simak di bawah ini, ya! 

Yuk, Membuat Personal Letter dalam Bahasa Inggris

Closing

Dalam bagian penutup dari surat pribadi, teman-teman bisa menambahkan kalimat penutup untuk mengakhiri surat. Dalam membuat kalimat penutup, kamu bisa juga menambahkan harapan untuk penerima surat tersebut. Beberapa contohnya antara lain adalah Sorry, I have to finish my homework now. I would wait for your reply dan I have to go now. See you soon and good luck! 

Greeting for Closing

Salam penutup pada surat pribadi ternyata sangat beragam, lho. Beberapa di antaranya adalah Yours, Thaliya; Regards, Surya Nugraha; atau Hugs and kisses, Uya.

Signature

Setelah surat pribadimu selesai ditulis, jangan lupa cantumkan tanda tangan atau nama jelasmu, ya! 

Ternyata nggak susah ya Squad, menulis surat pribadi dalam Bahasa Inggris. Yuk, ceritakan pengalamanmu dalam menulis surat pribadi di kolom komentar! Tapi, jangan lupa untuk terus belajar, ya! Yuk belajar bersama guru privat terbaikmu di ruangles! Guru privatnya asik banget lho, mengajarnya! Yuk, mulai belajar bersama ruangles sekarang! 

ruangles

Beri Komentar