Yuk Mengenal Jalur SNMPTN, Masuk Perguruan Tinggi Negeri tanpa Tes!

Created by : Ramadhana Afida Rachman
on Jan 23, 2018 6:36:41 PM
4 min read
Ramadhana Afida Rachman

Halo, RG Squad! Bagi kamu yang sudah menginjak kelas 12, pasti sedang sibuk belajar untuk Ujian Nasional dan persiapan masuk ke perguruan tinggi, ya? Nah, seperti yang diketahui, untuk masuk ke perguruan tinggi negeri ada beberapa jalur seperti SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri. Memasuki semester keenam, SNMPTN memang sedang hangat diperbincangkan karena jadwal pelaksaannya yang sudah dimulai. Akibat lamanya proses seleksi SNMPTN, tidak jarang banyak informasi yang tersebar secara simpang siur. Agar tidak salah informasi dan memiliki pandangan tentang jalur SNMPTN, yuk simak pembahasan berikut!

snmptn-1.jpgLambang SNMPTN. (Sumber: masukuniversitas.com)

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) disebut juga sebagai jalur undangan. Hal ini karena dalam proses seleksinya memakai nilai rapor dan bukan dengan tes tulis. Sesuai dengan namanya, jalur undangan ini diperuntukkan bagi murid yang memiliki nilai baik di sekolah. Jadi, tidak semua murid bisa mengikuti jalur SNMPTN, Squad. Setiap sekolah memiliki kuota masing-masing sesuai dengan akreditasinya. Sekolah dengan akreditasi A memiliki kuota sebesar 50%, akreditasi B sebesar 30%, akreditasi C sebesar 10%, dan sekolah yang belum terakreditasi sebanyak 5%. Oleh karena itu, bagi RG Squad yang masih duduk di bangku kelas 10 dan 11, lebih baik mempersiapkan nilai kamu sejak dini untuk bisa mengikuti jalur SNMPTN, ya.

Selain kuota sekolah, perlu diperhatikan juga syarat-syarat lainnya agar tidak salah paham. Dalam seleksi SNMPTN, nilai yang akan dipakai untuk sistem pemeringkatan adalah rapor dari semester 1-5 dengan mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta mata pelajaran tertentu sesuai dengan jurusan yang diambil, Squad. Seperti yang memilih jurusan IPA, nilai mata pelajaran tambahan yang dikalkulasikan adalah Kimia, Fisika, dan Biologi. Untuk jurusan IPS, mata pelajaran lain yang dilihat adalah Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Bagi jurusan Bahasa, nilai mata pelajaran lainnya yaitu Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu bahasa asing yang diambil. Sedangkan bagi SMK, nilai rapor yang digunakan mulai dari semester 1-5 untuk yang menempuh pendidikan selama 3 tahun, dan semester 1-7 untuk yang belajar selama 4 tahun. Mata pelajaran tambahan yang dilihat yakni Kompetensi Keahlian seperti Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan.

140269389.jpgUntuk sistem pemeringkatan, nilai yang digunakan adalah rapor semester 1-5. (Sumber: istockphoto.com)

“Selama di SMA, yang aku persiapkan untuk SNMPTN adalah berusaha mendapatkan nilai sebaik mungkin dari semester 1 sampai semester 5. Selain itu, aku juga berusaha agar nilai tersebut tidak turun atau minimal stabil,” ujar Tahta Helga Kusuma yang saat ini menempuh pendidikan Ilmu Politik, Universitas Indonesia melalui jalur SNMPTN.

Oleh karena itu, seperti yang dikatakan Tahta, tidak hanya nilai bagus di rapor yang perlu diperhatikan, Squad, tetapi juga usahakan agar nilai-nilai tersebut tidak naik-turun atau minimal stabil. Psst, walaupun persyaratan ini tidak tertulis secara resmi, tetapi banyak pelajar SMA/SMK/MA yang menggunakan strategi ini, lho.

cara-ke-universitas-indonesia-depok-1.jpgUniversitas Indonesia. (Sumber: etransportasi.com)

“Selagi menunggu proses SNMPTN berlangsung, sekarang aku cuma bisa berdoa dan memastikan kalau raporku beneran ada atau enggak. Aku juga sudah tahu ingin memilih apa untuk daftar SNMPTN nanti,” kata Kevin Govinda dari SMAN 8 Jakarta yang saat ini duduk di bangku kelas 12.

Nah Squad, di SNMPTN ini kamu memliki kesempatan untuk memilih tiga program studi dari dua universitas berbeda. Dengan syarat, salah satu universitas tersebut harus satu provinsi dengan kamu. Misalkan kamu sekolah di SMAN 5 Surabaya, maka di SNMPTN kamu bisa memilih Teknik Industri UI, Perencanaan Wilayah dan Kota ITS, serta Teknik Lingkungan UI. Urutan pilihan tersebut menentukan prioritas kamu, ya. Jika tidak lolos di pilihan pertama, maka otomatis kamu akan terlempar ke pilihan kedua dan seterusnya.

shutterstock_240767059-1080x675.jpgTentukan pilihan program studi dan universitas sesuai prioritas(Sumber: keithcraft.org)

Untuk mengetahui informasi tentang SNMPTN dan jurusan yang ingin kamu ambil, jangan ragu untuk bertanya kepada kakak kelas, Squad. Siapa tahu ada tips dan trik lain agar kamu semakin yakin dengan jalur SNMPTN dan jurusan yang ingin diambil. Selain itu, untuk mengklarifikasi informasi yang ada, kamu juga bisa cek situs resmi SNMPTN. Jadwal pelaksanaan SNMPTN dimulai pada tanggal 13 Januari-10 Februari 2018 untuk pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), 21 Februari-6 Maret 2018 untuk pendaftaran SNMPTN, serta tanggal 17 April 2018 untuk pengumuman hasil seleksi. Lalu, pada tanggal 8 Mei 2018 RG Squad akan melakukan pendaftaran ulang di PTN masing-masing yang harinya bertepatan dengan pelaksanaan tes SBMPTN. Hal ini dilakukan pemerintah sebagai strategi agar siswa yang lolos SNMPTN tidak membatalkannya begitu saja. Karena jika RG Squad menolak SNMPTN, maka sekolah akan mendapatkan konsekuensi tertentu. Wah, jangan sampai begitu, ya!

Agar persiapan masuk ke perguruan tinggi semakin matang, RG Squad bisa, nih, menggunakan ruangbelajar. Melalui video beranimasi, kamu bisa mengakses banyak soal, materi pelajaran, dan rangkuman yang memudahkan kamu untuk memahami materi sekolah. Tidak hanya pelajaran SMA, di sana juga ada materi dan soal SBMPTN. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera download aplikasinya agar #BelajarJadiMudah!

ruangbelajar

Tags: Siap kuliah sbmptn

Tulis Komentarmu

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Jenis Jaringan pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Oct 31, 2017 2:53:27 PM
4 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read