Yuk, Mulai Kebiasaan Olahraga Bersama Anak yang Punya Beragam Manfaat

Shabrina Alfari

Dec 24, 2018 • 3 min read

parenting


olahraga bersama anak

Tak hanya membuat sehat, banyak sekali manfaat berolahraga bersama anak yang bisa Smart Parents rasakan, lho. Olahraga bersama anak tidak sulit kok. Olahraga bersama anak bisa dilakukan di manapun asalkan memiliki ruang yang cukup untuk melakukan pergerakan. Walaupun gerakan yang dilakukan terbilang sederhana, namun terdapat begitu banyak manfaat bila anak dibiasakan olahraga. Lalu, apa saja ya manfaat olahraga bersama anak? Yuk, kita lihat.

1. Meningkatkan kecerdasan anak

Menurut para peneliti di Michigan State University’s Institute, anak yang gemar dan mempunyai kebiasaan berolahraga terbukti lebih cerdas dibandingkan dengan anak yang tidak. Mereka juga mengungkapkan jika olahraga bisa membantu mengajarkan anak untuk lebih berkonsentrasi pada tugas, dan mengatur waktu secara lebih efektif. Wah, besar banget ya manfaatnya?

2. Mengurangi stres pada orang tua

olahraga bersama anakBerolahraga bersama anak dapat mengurangi stres pada orang tua (Sumber: wowamazing.com)

Olahraga juga bisa menjadi sarana efektif untuk menghilangkan stres pada orang tua. Selain untuk menjalin kedekatan dengan si kecil, olahraga bersama anak juga bisa menghilangkan stres. Terapkan juga olahraga sambil bermain untuk menciptakan suasana yang lebih gembira. Olahraga sambil bermain ini biasanya dilakukan dengan gerakan-gerakan yang memang menstimulasi otot di setiap bagian tubuh anak. Bermain sambil olahraga juga bermanfaat untuk anak, karena mereka menjadi lebih banyak bergerak.

3. Membangun kepercayaan dan quality time

Menurut WHO, anak-anak sebaiknya harus bergerak selama 60 menit sehari. Tidak harus langsung bergerak selama 60 menit, tetapi bisa diakumulasikan dengan dibagi menjadi beberapa bagian seperti menonton TV, merapikan mainan, lalu dilanjutkan dengan berolahraga. Apalagi anak sekarang lebih banyak duduk untuk bermain gadget. Jadi kegiatan berolahraga sangat diperlukan untuk anak. Melalui kegiatan ini, Smart Parents dan anak juga bisa mendapatkan quality time, serta membangun kepercayaan dan pondasi yang kuat agar tubuh tetap sehat.

4. Menjadi lebih sportif

olahraga bersama anakOlahraga dapat melatih anak untuk lebih sportif (Sumber: sportku.com)

Kalah dan menang merupakan hal biasa dalam sebuah permainan. Saat berolahraga, anak akan belajar untuk lebih bisa menghargai kalah dan menang dengan sportif. Masih ingat 'kan pemain bulutangkis Cina yang membantu Anthony Ginting saat ia sedang cedera di pertandingan Asian Games lalu? Nah, saat berolahraga anak akan belajar sikap sportif kepada lawan tanpa peduli hasil pertandingannya. Ketika ia dewasa, sikap ini akan membuat mereka lebih bisa menghargai teman dan terus berusaha melakukan yang terbaik tanpa harus 'menyikut' orang lain.

5. Olahraga sambil belajar

Sambil berolahraga, baik itu berjalan kaki atau bersepeda, Smart Parents juga bisa mengajarkan konsep arah mata angin, terbit dan terbenamnya matahari, prinsip bayangan, dan konsep dasar lainnya dari kehidupan sehari-hari. Jika anak Anda masih kecil, Anda juga bisa mengajarkan matematika sederhana dengan membuatnya berhitung langkah atau gerakannya sendiri, hingga menghitung jumlah pohon. Aktivitas berolahraga menjadi lebih menyenangkan bukan?

6. Membangun kepercayaan diri

olahraga bersama anakPengembangan keterampilan bisa membuat anak lebih percaya diri (Sumber: acefitness.org)

Olahraga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri pada anak, lho. Olahraga memberikan anak kesempatan untuk belajar, berprestasi, serta berpikir positif tentang diri sendiri melalui pengembangan keterampilan. Aktivitas fisik ini akan menumbuhkan citra diri yang sehat serta penilaian positif pada diri sendiri.

7. Membuat anak lebih bahagia

Kenalkanlah bahwa olahraga merupakan suatu permainan yang menyenangkan dan akan banyak keseruan yang bisa didapatkan dari kegiatan itu. Sebagai langkah awal, Smart Parents dapat memperkenalkan olahraga pada anak dengan mengajak mereka berlari, melempar, berenang, melompat, dan sebagainya. Jika ia sudah mengetahui mana olahraga yang paling disukai, maka akan semakin banyak kebahagiaan yang akan didapatkan.

Smart Parents dapat mengajak anak berolahraga sejak anak berusia tiga bulan, lho. Namun ingat ya untuk tetap berhati-hati dan menerapkan olahraga yang sesuai dengan usia anak. Selain olahraga sambil bermain, anak juga bisa lho belajar sambil bermain dengan ruangbelajar. Video beranimasi, latihan soal dan rangkuman infografisnya akan membuat #BelajarJadiMudah.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts