Yunina Resmi Prananta: Inspirasi dari Guru Berprestasi Asal Wonosobo

Tedy Rizkha Heryansyah

Sep 2, 2019 • 3 min read

Tips Mengajar


tips mengajar

Artikel tips mengajar kali ini akan menggali inspirasi mengajar dari seorang guru inspiratif asal Wonosobo, Yunina Resmi Prananta. Mau tau seperti apa kisahnya? Simak ulasannya di artikel berikut ini.

---

Ramah, murah senyum, dan enerjik. Kiranya itulah yang menggambarkan sosok dari Yunina Resmi Prananta ketika ditemui saat acara Indonesia Teacher Prize 2019 yang diadakan oleh Ruangguru beberapa waktu yang lalu. Nggak tanggung-tanggung, Yunina menyabet dua gelar sekaligus yakni Juara 1 Kategori Guru SD dan Best of The Best Indonesia Teacher Prize.

Jika Bapak/Ibu Guru mencari informasi tentang Yunina Resmi Prananta di mesin pencari Google pun yang akan keluar sederet informasi capaian yang sudah dilakukan oleh Yunina. Yaps, Yunina selain menjadi Master Teacher di Ruangguru, ia juga menjadi guru SD di SDN Wonolelo, Wonosobo. Eits, tapi bukan guru sembarang guru lho ini. Yunina sudah menyandang gelar PNS Inspiratif di tahun 2018.

tips mengajar

Lulusan S2 PGSD dari Universitas Negeri Malang ini, sudah mengabdikan dirinya di dunia mengajar selama lebih dari 10 tahun. Yunina menjatuhkan pilihannya untuk menjadi guru SD sejak ia duduk di bangku SMA. Saat itu, banyak anak-anak di sekitar rumahnya yang minta diajarkan pekerjaan rumahnya oleh Yunina. Sejak saat itulah, timbul perasaan senang untuk mengajar anak kecil.

Seperti yang sama-sama kita ketahui, menjadi guru SD tidaklah mudah. Ya, seorang guru SD menjadi tonggak awal pembentukan konsep yang akan dipahami siswa nantinya. Menurut Yunina, tantangan terbesar menjadi guru SD ialah harus berpikir keras untuk menanamkan konsep. Jangan diajarkan untuk menghafal rumus. Menurutnya, masih banyak guru SD yang di awal pembelajaran itu masih memberikan rumus. Alasannya karena merasa dikejar materi yang harus selesai dengan waktu pembelajaran. Maksudnya begini, di minggu pertama harus selesai materi A, lanjut ke materi B di minggu berikutnya.

Baca Juga: Cerita Novalina Wuaten, Belajar untuk Kesuksesan Pelajar

Padahal, dalam mengajarkan anak SD butuh kesabaran dan ketelitian tinggi. Sebagai guru, tentunya Bapak/Ibu juga ngga tega jika harus membiarkan beberapa anak didiknya yang belum paham, dipaksa mengikuti kemampuan anak didik yang lebih tinggi daya tangkapnya.

tips mengajar

Inisiatif yang dilakukan oleh Yunina ngga serta-merta muncul begitu saja. Yunina harus berjuang membangun kedekatan dengan murid-muridnya. Memang tidak mudah, tapi karena dibiasakan menjadi hal yang mudah dan murid-murid Yunina pada akhirnya menganggap Yunina seperti ibu mereka sendiri.

Yunina melakukan beberapa hal yang terlihat simpel namun berkesan bagi murid-muridnya. Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas, Yunina melakukan pengucapan yel-yel. Ya, ini adalah salah satu bentuk ice breaking yang pastinya bisa Bapak/Ibu terapkan juga.

tips mengajar ruangguru

Bukan hanya fokus di bidang mengajar saja, Yunina pun giat mengikuti berbagai perlombaan, menerbitkan buku, hingga membuat aplikasi penanaman nilai kepancasilaan. Beberapa gelar prestisius yang pernah diraihnya seperti Juara 1 Indonesia Teacher Prize untuk kategori SD di tahun 2019, Top 15 PNS Inspiratif tahun 2018, serta juara 3 Olimpiade Guru Nasional tahun 2017.

Bahkan di tahun 2018 juga, Yunina berhasil meluncurkan aplikasi penanaman nilai Pancasila yang ia sebut dengan SIPANCA. Aplikasi berbasis mikrokontroler ini dibuat selama dua minggu dengan MIT App Inventor. Oh iya, sebagai informasi tambahan, aplikasi SIPANCA ini bisa diunduh secara gratis di Playstore, sama seperti aplikasi ruangguru juga.

Di bulan Agustus kemarin, Yunina juga mendapat apresiasi dari BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila). Penghargaan ini diberikan kepada warga negara Indonesia yang dinilai memiliki prestasi untuk kemajuan bangsa.

Infografik_-_tips_mengajar_-_yunina-02

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang Yunina Resmi Prananta, seorang guru yang punya segudang prestasi. Semoga tulisan tentang Yunina ini bisa menginspirasi Bapak/Ibu Guru. Tidak hanya fokus untuk mencerdaskan anak didik, tapi juga punya tekad untuk memiliki prestasi dan pastinya menginspirasi orang lain.

Ruangguru membuka kesempatan bagi Bapak/Ibu Guru untuk bergabung menjadi pengajar di ruangguru. Raih penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah per bulan dengan menjadi tutor les privat di ruangles, ruanglesonline, ruangguru digitalbootcamp, hingga BrainAcademy. Gabung sekarang juga dengan klik link Gabung Menjadi Guru di Ruangguru.

lowongan kerja guru

Artikel Lainnya

Beri Komentar

Recent Posts