4 Fakta Menarik di Jurusan Pendidikan

Putri Amalia Ramadhani

Sep 20, 2019 • 3 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


Find me on:

4 Fakta Menarik Kuliah Di Jurusan Pendidikan

Artikel kali ini akan mengulas tentang hal menarik di jurusan Pendidikan berserta prospeknya dalam dunia kerja

--

Para calon mahasiswa pasti selalu mengidam-idamkan jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan namun juga tetap menarik untuk dijalani selama kuliah. Untuk kamu yang sangat menyukai mengajari teman tentang pelajaran sekolah atau kamu yang suka menghafalkan teori-teori yang rumit dengan mudah, sepertinya kamu adalah tipe orang  yang cocok untuk memilih jurusan Pendidikan, lho.

Baca  juga: Fakta Pendidikan Indonesia: Gawat Darurat

Untuk kamu yang berniat akan berkecimpung di jurusannya para calon guru ini, yuk simak penjelasan fakta menarik beserta prospek kerja di jurusan pendidikan berikut ini.

1. Jurusan Serba Tahu

Faktanya, meskipun jurusan pendidikan memiliki banyak konsentrasi bidang contohnya Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, atau Pendidikan Matematika, namun setiap harinya mahasiswa jurusan Pendidikan tetap harus mempelajari semua jenis mata kuliah lintas jurusan tersebut.

jurusan pendidikan

Meski di semua jurusan pasti akan mempelajari mata kuliah yang sama di semester awal, namun jurusan 'serba tahu' sudah melekat untuk jurusan pendidikan

(Sumber: themobilesurge.com)

Karena tuntutan tersebut, mahasiswa jurusan pendidikan akan lebih unggul dari segi pengetahuan umum dibanding dengan jurusan lain. Maka untuk kamu yang ingin sekali menambah pengetahuan di berbagai  bidang pengetahuan, yuk masukkan jurusan pendidikan dalam list jurusan pilihanmu.

2. Jurusan yang Selalu Berpakaian Rapi

Sebagai calon pendidik, mahasiswa jurusan pendidikan biasanya diharuskan untuk selalu berpakaian rapi. Hal tersebut dilakukan dengan alasan karena kelak mahasiswa yang akan lulus dan menjadi tenaga pengajar dapat memberikan contoh yang baik bagi para anak didiknya melalui kerapihan dalam berpakaian. 

jurusan pendidikan

Mahasiswa Jurusan Pendidikan yang Selalu Memakai Pakaian Semi Formal di Kampus

(Sumber: hipwee.com)

Selain itu pula, instansi yang mewadahi para lulusan jurusan pendidikan mengharuskan pekerjanya untuk berpakaian resmi. Hal itulah yang mendasari peraturan ‘pakaian rapi’ bagi para mahasiswa pendidikan.

3. Jurusan untuk Para Calon Guru

Apa yang ada dibenak kamu ketika membayangkan tentang mahasiswa jurusan Pendidikan? Kira-kira prospek kerja apa yang menjanjikan bagi para lulusan jurusan pendidikan? Yup, stereotype yang selalu melekat untuk para pengabdi negara ini adalah sosok guru tanpa tanda jasa. 

jurusan pendidikan

Bagi kamu yang berencana menjadi guru di masa depan, mungkin jurusan pendidikan akan menjadi jurusan yang tepat untuk dipilih

(Sumber: glints.com)

Meski demikian, tidak sedikit pula alumni jurusan pendidikan ini beralih haluan untuk mencari keahlian lain selain ilmu pendidikan. Tidak jarang dari mereka yang mencoba peruntungan dalam bidang profesi lain, misalnya menjadi penulis, jurnalis, bahkan seniman.

4. Jurusan yang Tidak Pernah Kadaluarsa

jurusan pendidikan

Menuntut ilmu dari buayan sampai ke liang lahat adalah sebab mengapa jurusan pendidikan disebut sebagai jurusan yang tidak pernah kadaluarsa

(Sumber: freepik.com)

Apakah kalian pernah membayangkan jika 10 tahun lagi jurusan pendidikan sepi peminatnya? Bisa tergambarkan betapa hancurnya pendidikan karena tidak ada lagi yang mewariskan ilmu untuk anak cucu kita di masa depan. Di saat orang lain memilih jurusan Marketing atau jurusan Hubungan Internasional, kamu yang berniat memilih jurusan Pendidikan patut bangga sebab kamu adalah agen perubahan yang bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa.

Untuk kamu yang masih memantapkan diri dalam memilih jurusan, penjelasan artikel mengenai prospek pekerjaan jurusan Pendidikan ini bisa jadi referensi untuk kamu dalam mempertimbangkan jurusan mana yang lebih tepat untuk nilai hidupmu. Yuk, mulai sekarang siapkan mentalmu dengan terus berpikir positif dan siapkan ilmu kamu dengan belajar di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts