5 Cara Mengajar agar Murid Cepat Paham

Shabrina Alfari Sep 10, 2018 • 4 min read


Bapak/Ibu Guru pernah mendapati hampir semua murid di kelas mendapatkan nilai yang kurang memuaskan? Memang tidak semua murid memiliki daya tangkap yang cepat. Ada murid dengan pemahaman yang lambat, sehingga guru harus ekstra keras agar anak tersebut dapat mengerti apa yang diajarkan. Nah, ada beberapa trik yang dapat Bapak/Ibu Guru lakukan agar murid dapat memahami materi dengan cepat. Mau tahu? Yuk, kita lihat.

1. Menggunakan mind map

cara mengajarContoh mind map (Sumber: mindmapsunleashed.com)

Cara pertama yang dapat guru lakukan agar murid dapat lebih cepat memahami materi adalah dengan menggunakan mind map. Menurut prinsip Brain Management, konsep mind map dikatakan sesuai dengan kerja alami otak. Mind map dapat membuat kedua belah otak bekerja secara bersamaan dan akan membantu memahami konsep dengan lebih baik. Mind map akan membantu murid melihat konsep materi secara menyeluruh dengan lebih jelas, melihat keterkaitan antara satu bab dengan bab lain, membuat materi menjadi lebih mudah dipahami dengan petunjuk visual, serta membuat belajar menjadi lebih menyenangkan.

Tidak hanya untuk murid, membuat mind map juga bisa memberikan banyak manfaat untuk guru, lho. Bapak/Ibu Guru dapat memetakan bahan ajar dengan lebih mudah, memecahkan materi yang rumit menjadi lebih sederhana, dan sebagainya.

2. Maksimalkan penggunaan teknologi

cara mengajarMaksimalkan manfaat teknologi untuk pemahaman murid (Sumber: bostonglobe.com)

Sesuaikan metode mengajar dengan teknologi yang semakin berkembang agar proses pemahaman materi menjadi lebih mudah dan cepat. Bapak/Ibu Guru dapat memanfaatkan internet untuk digunakan sebagai sumber materi lain bagi murid dalam mempelajari suatu subjek. Agar tidak mudah bosan, ubahlah teks ke dalam bentuk gambar atau audio. Cara ini akan membuat murid menemukan hal baru yang lebih menyenangkan. Bapak/Ibu Guru juga bisa memberikan pengetahuan mengenai mata pelajaran yang sedang dibahas melalui ruangbelajar. Murid dapat mengakses video pelajaran beranimasi atau membaca artikel terkait di Blog Ruangguru untuk membuat mereka lebih cepat memahami materi.

3. Terapkan metode interaktif

cara mengajarBuat suasana kelas yang interaktif (Sumber: insidehighered.com)

Selain fokus pada materi pelajaran yang diberikan, Bapak/Ibu Guru juga harus memikirkan perkembangan murid. Mungkin saja murid memiliki rasa ingin tahu yang besar akan sesuatu, atau terhadap isu yang mungkin sedang dibahas pada mata pelajaran tertentu. Untuk itu, penting untuk memberikan kesempatan pada mereka bertanya seputar pelajaran yang dibahas. Guru bisa mengawali dengan menceritakan kisah pendek terkait pelajaran tersebut. Buatlah murid menjadi bertanya-tanya agar mereka menjadi lebih mudah mengerti dan memahami cara menyelesaikan pertanyaan dalam suatu pelajaran. Guru juga bisa membuat focus group dan memulai diskusi secara bergantian dengan kelompok. Hal ini tentu akan memicu murid untuk lebih aktif dan berpikir kritis dalam memahami suatu topik.

4. Siapkan materi dalam format lain, seperti animasi

cara mengajarUbah materi menjadi bentuk animasi (Sumber: businessdatacom.com)

Saat menyampaikan pelajaran kepada murid, sebaiknya Bapak/Ibu Guru tidak menghabiskan waktu dengan membahas hal yang kurang penting. Siapkanlah poin-poin penting dari materi pelajaran utama dalam bentuk yang lebih menarik seperti animasi. Coba juga cara lain untuk menampilkan pelajaran melalui slide PowerPoint. Sisipkanlah animasi lucu dan bergerak di dalam beberapa slide. Hal ini akan membuat murid lebih semangat belajar dan lebih memahami materi yang diajarkan karena adanya bantuan animasi.

5. Berkeliling untuk menjawab pertanyaan murid

cara mengajarBerikan arahan pada murid dengan cara berkeliling (Sumber: facultyfocus.com)

Mengajar tidak hanya memberikan materi pelajaran untuk murid agar mereka mengetahui dan mempelajarinya. Saat mengajar, Bapak/Ibu Guru juga harus memperhatikan keadaan murid. Jangan hanya mengajar di depan kelas hingga bel berbunyi, apalagi saat sedang mengajarkan topik yang cukup penting atau rumit. Bapak/Ibu Guru harus meluangkan waktu untuk berkeliling menjawab pertanyaan murid saat mereka sedang belajar secara mandiri, maupun berkelompok. Cara ini memungkinkan Bapak/Ibu Guru memberikan instruksi secara pesonal dan dapat secara khusus membantu siswa yang masih bingung dengan materi tertentu.

Respon murid terhadap pelajaran tentunya berbeda-beda. Maka, Bapak/Ibu Guru harus dapat menggunakan metode belajar yang lebih baru dan modern agar murid tidak cepat bosan dan dapat lebih cepat memahami materi pelajaran. Mau mengajar untuk 9juta pelajar di Indonesia melalui video beranimasi di Ruangguru? Yuk, ikuti audisi pencarian guru terbaik melalui Indonesia Teacher Prize 2018. Dapatkan total hadiah lebih dari 500 juta rupiah dan kontrak eksklusif menjadi Master Teacher Ruangguru.

Ikuti terus informasi mengenai program ini di media sosial Ruangguru! Apabila ada pertanyaan mengenai program ini, silakan mengakses audisi.ruangguru.com atau hubungi nomor 0821-2542-7252 (Lala). Kami tunggu partisipasi Anda. Ayo, jadi pengajar terbaik Indonesia!

Indonesia Teacher Prize

Beri Komentar