Penghasilan Nggak Maksimal Akibat Pandemi? Lakukan Ini untuk Menambah Penghasilan

Ruangguru Sep 15, 2020 • 6 min read


SA_Prakerja_-_Bisnis_Masker_Kain-01

Artikel ini memberikan referensi pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan selama masa pandemi virus corona

--

Pendapatan Anda berkurang selama masa pandemi virus corona ini? Tak hanya pendapatan yang berkurang, mungkin tak sedikit juga dari Anda yang mengalami PHK akibat pengurangan pegawai pada perusahaan. Jangan khawatir! Selama masa karantina di rumah ini, Anda juga bisa tetap produktif, lho. Ada banyak peluang bisnis baru atau pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan uang tambahan. Inilah saatnya untuk Anda berpikir kreatif dan coba membaca peluang bisnis yang bisa dilakukan dari rumah. Berikut adalah beberapa ide usaha yang bisa Anda jalankan.

1. Membuat dan menjual masker kain

pekerjaan sampingan membuat maskerPembuatan masker kain (Sumber: spacestock.com)

Pemerintah sudah mengimbau untuk selalu menggunakan masker di ruang publik. Hal ini pun mengakibatkan permintaan masker semakin meningkat. Untuk mengatasi kekurangan masker medis, masyarakat pun dianjurkan untuk menggunakan masker kain. Nah, peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan.

Apabila Anda memiliki kemampuan menjahit, Anda bisa langsung mulai membuat dan menjual masker kain buatan Anda. Pilihan lain, Anda bisa bekerja sama dengan penjahit atau menjadi reseller. Sebelum mulai menjual, Anda bisa mempelajari cara membuat masker virus corona dan cara menjualnya di kelas Skill Academy menggunakan Kartu Prakerja.

Baca juga: Ikut Platform Pelatihan Online, Apa Saja Keunggulannya?

2. Menjadi pekerja lepas atau freelancer

menjadi freelancer sebagai pekerjaan sampinganPekerja lepas (Sumber: vulcanpost.com)

Menjadi pekerja lepas atau freelancer menjadi pilihan yang sangat pas untuk dilakukan sebagai pekerjaan sampingan Anda di masa-masa krisis akibat pandemi seperti ini. Dengan bekerja freelance, Anda bisa lebih fleksibel dalam bekerja serta menentukan bayaran atau pekerjaan apa yang ingin Anda lakukan. Saat Anda memutuskan untuk membangun karier sebagai freelancer, penting bagi Anda untuk mulai mengembangkan kemampuan sehingga tetap kompetitif.

Ketahui nilai yang ingin ditawarkan kepada orang yang membutuhkan jasa Anda. Pastikan juga Anda membuat portofolio yang sesuai dengan jenis pekerjaan Anda. Ayo, cari tahu cara menghasilkan uang dengan menjadi pekerja lepas atau freelancer di Skill Academy.

3. Pengusaha online shop

Membuka Online shop pada masa coronaMembuat online shop (Sumber: neilpatel.com)

Mau jadi pengusaha online shop? Bisnis online termasuk pekerjaan yang bisa Anda kerjakan sebagai bisnis sampingan dari rumah. Kekuatan media sosial sangat mendominasi dunia di era modern seperti sekarang ini. Berbagai elemen masyarakat selalu memfokuskan perhatiannya di media sosial. Maka dari itu, media sosial sangat menjanjikan untuk menjadi alternatif menjalankan bisnis online karena diakses oleh jutaan orang setiap harinya.

Anda pun bisa berkreasi menjual beragam barang yang sesuai dengan kesukaan dan kemampuan Anda. Jika menjual produk sendiri dirasa berat, maka Anda bisa menjalankan skema drop shipper dan reseller. Anda juga bisa mempelajari cara sukses berjualan online shop di Instagram melalui kursus di Skill Academy.

4. Penulis lepas

Menjadi penulis sebagai pekerjaan sampinganPenulis lepas (Sumber: iwriter.com)

Gemar menulis atau punya blog pribadi? Inilah saatnya Anda menjual kemampuan menulis Anda kepada orang lain. Jenis tulisan yang bisa Anda kerjakan pun beragam, mulai dari konten website, company profile, buku, artikel blog, press release, creative writing atau storytelling, advertorial, dan sebagainya. Tak hanya jenis tulisannya saja yang beragam, Anda pun bisa menulis berbagai macam topik yang akan memperluas wawasan Anda.

Untuk menjadi seorang penulis lepas, portofolio yang bagus merupakan langkah awal yang akan menarik klien untuk meng-hire Anda. Mau mendapatkan ilmu dari pakar yang handal di bidang tulis menulis? Anda bisa mengambil kelas kursus jurnalistik online di Skill Academy.

5. Jasa desain grafis

menjadi ilustrator sebagai pekerjaan sampinganDesain grafis (Sumber: supercell.com)

Selain penulis, banyak juga perusahaan atau perorangan yang membutuhkan desain sebagai alat pemasaran mereka. Skill desain grafis pun masih tergolong sangat dibutuhkan karena skill ini memang tak bisa dikuasai oleh semua orang. Anda bisa mulai memasarkan keahlian Anda melalui media sosial atau mendaftarkan diri di situs pekerja lepas. Bayaran yang bisa Anda pasang pun lumayan lho, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

6. Menjual makanan

Bisnis kuliner saat pandemi coronaMenjual makanan (Sumber: foxnews.com)

Hampir sebagian besar restoran mengalihkan bisnisnya menjadi pesan antar atau online. Peluang ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menjual masakan Anda sendiri. Di masa pandemi ini, banyak ibu rumah tangga yang mencari makanan siap masak atau dimakan oleh seluruh keluarga.

Ragam makanan yang bisa Anda jual pun sangat banyak, mulai dari makanan frozen, kalengan, minuman kesehatan, makanan ringan, dan sebagainya. Untuk pengantaran, Anda masih bisa mengandalkan ojek online atau jasa pengiriman lainnya.

7. Guru les online

Menjadi guru les Online sebagai pekerjaan sampinganMengajar online (Sumber: freestufffinder.com)

Suka mengajar? Salah satu sektor jasa lain yang bisa Anda lirik adalah guru les online. Aktivitas sekolah online bisa menjadi peluang bagi Anda karena banyak orang tua yang justru pusing dalam membantu tugas sekolah anak-anaknya di rumah. Orang tua pun membutuhkan bantuan ekstra karena mereka tetap harus menyelesaikan pekerjaan kantor. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang Anda miliki, Anda pun bisa mencoba menjadi guru les yang mengajar via online.

Tertarik untuk menggeluti salah satu pekerjaan di atas pada masa pandemi virus corona ini? Sebelum memulai bisnis, Anda bisa mengikuti kelas pelatihan online yang sesuai dengan minat dan latar belakang Anda di Skill Academy. Semua kelas diajarkan oleh instruktur yang ahli di bidangnya, lho. Untuk mengikuti, daftarkan diri Anda melalui program Kartu Prakerja di prakerja.go.id!

New call-to-action

Beri Komentar