Memahami Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK Penalaran Umum

PTS UTBK Analysis Penalaran Umum

Artikel ini membahas tentang cara-cara menganalisis soal TPS UTBK pada kategori Penalaran Umum.

--

Baru-baru ini, tepatnya tanggal 6 April 2020, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan jadwal terbaru untuk UBTK SBMPTN 2020. Salah satu dari 5 poin pengumumannya adalah tentang TPS atau Tes Potensi Skolastik.

Entah ini kabar baik, atau kabar yang cukup menyebalkan. Tapi yang pasti, kabar ini cukup membuatmu bisa fokus mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN 2020.

Sebelumnya kita semua tahu, kalau yang diuji saat UTBK adalah TPA dan TPS. Tapi, tidak untuk tahun ini. LTMPT memutuskan bahwa yang akan menjadi tolak ukur penilaian ujian, hanyalah dari materi TPS. Ya! Hanya Tes Potensi Skolastik lah yang akan diujikan. Dalam tes ini, yang akan diukur adalah kemampuan kognitif, logika atau nalar, dan pemahaman umum, diluar kemampuan akademik.

Nah, di dalam soal-soal TPS, ada beberapa kategori yang perlu banget kamu ketahui. Pertama itu ada Penalaran Umum, lalu Pemahaman Bacaan, terus Pengetahuan Umum, dan yang terakhir adalah Pengetahuan Kuantitatif.

Keempat kategori itu harus kamu pahami apa maksud dan seperti apa cara menjawab soal-soal di masing-masing kategorinya.

Oke, di artikel ini kita akan belajar tentang item analysis pada kategori Penalaran Umum.

3 Analisis Sub Topik Soal TPS UTBK

1. Kesesuaian Pernyataan

TPS UTBK Penalaran Umum

Kesesuaian Pernyataan Berpikir. Sumber: Jurnalposmedia.com

Soal-soal pada bagian ini, menuntut penalaran kamu dalam memahami isi dari teks/tabel/diagram/grafik (sesuai konteks pada paragraf (tersirat)).

  • Memilih pernyataan yang benar di paragraf tertentu dalam sebuah teks.
  • Memilih pernyataan yang paling mungkin benar sesuai isi teks dan data (grafik, tabel, diagram).
  • Menganalisis data (grafik, tabel, diagram) yang terdapat dalam teks.

2. Simpulan Logis

Soal-soal pada bagian ini, menuntut kamu untuk dapat menyimpulkan secara logis sesuatu yang mungkin terjadi berdasarkan isi teks.

  • Memilih kesimpulan yang paling mungkin benar (paling masuk akal) sesuai ini teks.
    Cobalah berpikir secara terstruktur. Pada tahap ini, kemampuanmu menyimpulkan suatu hal sangat dinilai. Apakah kamu itu orang yang cerdas dan cermat melihat suatu persoalan. Atau kamu orang yang terburu-buru dan gegabah dalam mengambil keputusan. Berpikir tenang dan terstruktur adalah kuncinya.
  • Menganalisis sebab akibat, kemudian peserta diminta untuk memberikan kesimpulan yang paling mungkin benar sesuai konteks wacana/teks.

3. Penalaran Analitik

Penalaran Umum TPS UTBK

Berpikir Analitik. Sumber: cmindonesia.com

Soal-soal pada bagian ini menuntut seseorang menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan.

  • Disajikan sebuah data berupa teks.
    Dari data teks tersebut, kamu harus bisa menganalisisnya. Kuncinya adalah membaca dengan cermat dan jangan terburu-buru. Pahami setiap kata yang ada, kemudian cobalah masing-masing katanya itu dianalisis kandungan maknanya. Setelah itu, kamu pasti mendapatkan maksudnya.
  • Menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan.
    Ketika kita disediakan data, jangan sampai kita terlalu cepat menyimpulkannya. Cobalah untuk fokus dan cermat pada data yang telah disajikan.

Baca Juga: Apa itu Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK 2020?

Gimana? Sangat jelas dan membantu bukan? Nah, karena membantu adalah perbuatan yang terpuji dan sangat baik dilakukan, Ruangguru mau membantu kamu dalam mempersiapkan TPS di UTBK 2020 ini. Ruangguru menyediakan paket khusus SBMPTN dengan kumpulan video animasi, latihan soal, dan pembahasannya. Serta situs khusus yang akan selalu update mengenai persiapan ujianmu yang tinggal hitungan bulan ini! Mulai dari jadwal, tata cara, latihan soal, dan referensi jurusan. Intip dan pelajari tps.ruangguru.com sekarang!

TPS UTBK 2020

Beri Komentar