Bahasa Inggris Kelas 9 | Mengenal Continuous Tenses Passive Form

Continuous Tense Passive Form

Artikel Bahasa Inggris kelas IX kali ini akan membahas Continuous Tense Passive Form, termasuk membahas rumus dan contoh kalimatnya. 
--

Halo Squad! Bagaimana kabarnya? Ngomong-ngomong tentang Bahasa Inggris, kemarin kamu sudah mulai belajar jenis kalimat pasif dengan Simple Tenses Passive Form, kan? Ternyata nggak hanya Simple Tenses saja nih yang memiliki bentuk kalimat pasif. Continuous Tense juga punya! Penasaran nggak sih bentuknya seperti apa? Yuk, kita belajar bersama-sama!

Tahukah kamu, ternyata Continuous Tense ini ada 3 jenisnya, lho. Ketiga jenis Continuous Tense tersebut adalah Present Continuous Tense, Past Continuous Tense, dan Future Continuous Tense. Kamu bisa menggunakan Present Continuous Tense untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung ketika pembicaraan terjadi. Selain itu, Present Continuous Tense juga bisa digunakan untuk menyatakan kegiatan di masa depan yang sudah terencana. Kalau Past Continuous Tense ini bisa kamu gunakan untuk menceritakan kejadian yang sedang berlangsung di masa lampau. Jadi sebenarnya kejadiannya sudah lewat gitu lho. Lalu, Future Continuous Tense fungsinya untuk apa, dong? Future Continuous Tense ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sedang berlangsung di masa depan. Jangan kebolak-balik, ya! 

Hayo, masih ingat nggak sih, apa bedanya kalimat aktif dan kalimat pasif? Yap! Yang membedakan kalimat aktif dengan kalimat pasif adalah subjeknya. Subjeknya kalimat pasif ni adalah objeknya kalimat aktif. Jadi tukeran gitu lho. Kalau pada kasus Continuous Tense, predikatnya berubah menjadi to be+being+V3. Wah, jadinya seperti apa tuh? Yuk simak rumusnya pada gambar di bawah ini! 

Continuous Tenses Passive Form

Coba, sekarang kita buat contoh kalimat ya. Misalnya I am eating a chocolate cake. Kalimat tersebut menggunakan Present Continuous Tense ya. Coba, bentuk kalimat pasifnya seperti apa? Yes! Betul! Kalimat pasifnya adalah A chocolate cake is being eaten by me. Nah coba, sekarang kalimat aktifnya diubah tensesnya menjadi Past Continuous Tense. Kalimatnya menjadi I was eating a chocolate cake, kan? Kalau bentuk pasifnya bagaimana, coba? Bentuk pasifnya menjadi a chocolate cake was being eaten by me. Hore! So far so good, ya. Sekarang coba deh kalimat aktifnya diubah ke bentuk Future Continuous Tense. Kalimatnya menjadi I will be eating a chocolate cake kan? Oleh karena itu, bentuk pasifnya adalah A chocolate cake will be being eaten by me. Mudah, kan? Pasti kamu bisa, deh! 

Continuous Tenses Passive Form

Wah, chocolate birthday cake! (Sumber: Shutter Stock)

Nah, kamu nggak bingung lagi, kan? Atau kamu masih butuh contoh kalimat lain? Jangan khawatir! Yuk, lihat contoh kalimat lainnya pada gambar di bawah ini!

Continuous Tenses Passive Form

Ternyata mudah ya, membuat kalimat dengan Continuous Tenses Passive Form! Kamu mau coba buat kalimatmu sendiri? Yuk coba dibuat! Nanti jangan lupa kamu cantumkan di kolom komentar, ya. Kalau kamu masih bingung dan ingin belajar materi ini lebih dalam lagi, kamu bisa coba belajar pakai ruangbelajar! Belajar pakai video belajar beranimasi dijamin nggak akan ngebosenin, lho. Kuy, download sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts