Ayo Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

Bahasa Inggris_7

Siapa di sini yang nggak bisa hidup tanpa musik? Ngaku, Squad, setiap hari kehidupan kita pasti diisi dengan berbagai musik dan lagu. Ternyata, mendengar lagu juga bisa membuat kita menjadi akrab dengan bahasa pengantar lagu tersebut, lho. Bukan cuma akrab di telinga saja, tapi kita juga bisa belajar tata bahasanya dan tahu arti kontekstual dari kata-kata yang digunakan. Sekarang kita akan belajar Bahasa Inggris lewat lagu nih, Squad, terutama tentang arti sebenarnya (contextual meaning of a song). Ada yang mau request lagu? Let’s learn something from a song!

Pernah nggak kamu mendengar satu lagu dan ternyata makna lagunya kebetulan sedang pas banget sama perasaan kamu saat itu. Untuk tahu arti sebenarnya, tentunya kamu harus memerhatikan kata-kata dalam liriknya.

belajar bahasa inggris lewat lagu

Coba, biar kamu nggak bingung, kita langsung masuk ke contohnya, ya. Pernah dengar lagu “Hello” yang dinyanyikan Adele?

Hello, it’s me

I was wondering if after all these years you’d like to meet

To go over everything

They say that time’s supposed to heal ya

But I ain’t done much healing

Sadarkah kamu, dalam bait pertama lagu Hello, kita sudah bisa dapat dua materi! Perhatikan frasa go over. Tahukah kamu apa arti kata go over? Ternyata, sebuah kata dalam Bahasa Inggris terkadang tidak bisa kita artikan satu per satu. Kamu sudah tahu bahwa arti go adalah pergi dan over adalah berakhir, tetapi kamu tidak bisa mengartikan kata go over menjadi ‘pergi berakhir’, ‘kan?

Di sini, kita belajar tentang phrasal verb, atau kata kerja yang berubah makna ketika mendapat kata depan (preposition). Go over menjadi bermakna merelakan. Contoh lainnya adalah go about (melaksanakan), go for (mengejar), go off (berbunyi), dan masih banyak lainnya.

Materi kedua adalah tentang informal conversation. Perhatikan kata ain’t. Dalam kalimat di atas, subjek “I” seharusnya memiliki bentuk negatif “am not”. Nah, dalam informal conversation, ada bahasa slang (gaul), yaitu ain’t. Kata ini dapat menggantikan penggunaan bentuk to be negatif dan berlaku untuk subjek dan tenses apapun. Misalnya kata she’s not here bisa diganti dengan she ain’t here atau they’re not there akan sama artinya dengan they ain’t there.

Gimana, sudah siap untuk melanjutkan liriknya?

belajar bahasa inggris di lagu hello adele

There’s such a difference between us

And a million miles

... 

Perhatikan frasa a million miles. Seperti yang kita tahu, kata benda (noun) terbagi atas kata benda tunggal (singular noun) dan kata benda jamak (plural noun). Kata benda tunggal ditandai dengan penggunaan “a” atau “an”, namun ternyata ada juga kata benda plural yang diawali dengan a/an. Walaupun kata itu memiliki makna berjumlah lebih dari satu, tapi dinyatakan dengan makna “sejumlah”, misalnya a billion dollars, a group of people, dan lain-lain. Lanjut nggak nih Squad liriknya? Lanjuut...

Hello from the outside

At least I can say that I’ve tried

To tell you I’m sorry for breaking your heart

But it doesn’t matter, it clearly doesn’t tear you apart

Hayo, kamu nyanyi nggak baca penggalan lirik di atas? Hehe. Sambil nyanyi, coba perhatikan kalimat “It clearly doesn’t tear you apart”. Seperti yang kita ketahui, “it” adalah salah satu bentuk pronoun yang bisa digunakan sebagai kata pengganti benda tunggal. Misalnya kalimat “I found a cat and it was cute”, di mana kata ‘it’ kita tahu untuk menggantikan kata ‘kucing’.

Nah ternyata, kata‘it’ juga bisa menggunakannya sebagai impersonal pronoun yang tidak ada maknanya karena kita hanya menggunakan “it” untuk membentuk suatu kalimat yang utuh. Misalnya dalam kalimat “it is difficult to watch movies in foreign language without subtitles”.

 

Baca juga: 5 Materi Grammar Bahasa Inggris dalam Lagu "Hello, You".

 

Sekarang, kita masuk ke bagian lirik yang terakhir yaa.

It’s so typical of me to talk about myself, I’m sorry

I hope that you’re well

Did you ever make it out of that town

...

Ketika ditanyakan “how are you?” seringkali kita menjawab dengan “I’m well” atau “I’m good”. Artinya sama-sama positif, tapi ternyata ada perbedaannya, lho. Feeling good dinyatakan saat kita merasa sehat lahir dan batin, sedangkan feeling well dinyatakan saat kita hanya memberitahukan kondisi fisik kita yang sehat saja.

So, what did we learn today about songs?

rangkuman materi belajar bahasa inggris lewat lagu

Wah, ternyata banyak ya yang bisa kita pelajari hanya dari satu lagu. Menyenangkan kan belajar Bahasa Inggris lewat lagu? Selain bisa gaul dengan lagu-lagu terbaru, kamu juga bisa memelajari banyak hal tentang bahasa pengantar lagu tersebut. Coba, kamu bertukar lagu baru dan materi lainnya dengan teman-teman lewat group chat di RuangGuruDigitalBootcamp, pasti makin seru!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts