Biologi Kelas 11 | Tahapan Sintesis Protein

Olivia Yunita

Sep 16, 2019 • 4 min read

Konsep Pelajaran SMA Kelas XI Biologi XI


Sintesis Protein Biologi Kelas XI

Artikel Biologi kelas XI ini membahas tentang tahapan sintesis protein yang meliputi transkripsi dan translasi.

--

Hayo, siapa yang di antara kalian mudah lesu, sering gelisah, terus moody kayak orang galau? Tahu nggak kalau keadaan tersebut merupakan ciri orang yang kekurangan protein? Ih serius, kekurangan protein? Padahal kayaknya udah makan banyak, deh. Kayak tagline di koki cilik yang bilang “Makan Banyak Pasti Pintar”. Eh maksudnya “Makan Sehat Pasti Pintar”.

Sintesis Protein

Koki cilik dengan tagline-nya “Makan Sehat Pasti Pintar” (sumber: idntimes.com)

Makan banyak tapi kalau tidak mengandung protein ya sama saja ya. Ada beberapa makanan sehat berprotein yang dapat dikonsumsi, misalnya daging, telur, dan susu. Wah, makanan favorit kalian semua, tuh!

Sintesis Protein

Beberapa contoh makanan sehat berprotein (sumber: Aboutkidshealth.com)

Tunggu dulu, kira-kira kalian tahu nggak sih apa itu protein? Belum tau ya? Yaudah nggak papa. Kita kenalan dulu yuk sama protein. Sejatinya, protein merupakan rantai panjang asam amino yang disintesis berdasarkan kode yang dibawa oleh informasi genetik berupa DNA.

Struktur DNA - Sintesis Protein

Nah, sekarang kalian tahu nggak kalau ternyata protein dapat terbentuk dalam tubuh kita melalui proses yang namanya sintesis protein. Apa sih sebenarnya sintesis protein itu? Sintesis protein merupakan proses pembentukan protein yang melibatkan peran DNA dan RNA. RNA sendiri adalah materi genetik yang basa nitrogennya terdiri dari Adenin (A), Guanin (G), Sitosin (C) dan Urasil (U).

Secara sederhana, sintesis protein terdiri dari dua tahap, yaitu transkripsi dan translasi. Yuk, kita simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai tahap sintesis protein.

Baca juga: Mengenal gen, DNA, dan kromosom

Sintesis Protein

Tahap pertama dalam sintesis protein adalah transkripsi. Dilihat dari namanya “transkrip”, dapat diketahui bahwa dalam proses ini terjadi penyalinan sebagian DNA. Kenapa harus disalin? Biar apa coba? Jadi, begini ya, DNA terletak di nukleus, sedangkan proses pembentukan protein berlangsung di ribosom yang letaknya di sitoplasma. DNA tidak dapat bergerak sendiri menuju ke ribosom, sehingga dibutuhkan fasilitator yaitu RNA polimerase untuk datang ke DNA, membuat cetakannya, dan menyuruhnya pergi ke ribosom.

Tahapan Proses Transkripsi-Sintesis Protein

Gimana? Kalian sudah ada gambaran kan tentang tahap transkripsi itu? Setelah transkripsi, masih ada satu tahap lagi dalam sintesis protein, yaitu translasi. Apa itu translasi dan bagaimana tahapannya? Yuk, kita simak penjelasan berikut.

Sintesis Protein

Ketika mRNA terbentuk, maka mRNA atau RNA messenger atau RNA “pembawa pesan” bisa membawa kode hasil salinan DNA ke ribosom. mRNA berisi kumpulan dari kodon-kodon DNA.

Sintesis Protein

Perjalanan mRNA dari nukleus ke ribosom (sumber: FuseSchool via YouTube)

Setelah tiba di ribosom, maka proses translasi dapat dimulai. Translasi merupakan proses penerjemahan kode DNA sehingga menghasilkan rantai polipeptida penyusun protein.

Tahapan Proses Translasi-Sintesis Protein

Gimana? Sekarang kalian sudah tahu kan mengenai bagaimana tahapan sintesis protein? Secara singkat, sintesis protein merupakan proses pembentukan protein dari DNA oleh RNA yang tahapannya terdiri dari transkripsi dan translasi. Setelah mempelajari sintesis protein, kita dapat tahu bagaimana proses perubahan gen dari DNA sampai menjadi protein.

Kebutuhan protein dalam tubuh kita dipengaruhi oleh kualitas protein yang ada dalam makanan. Untuk memenuhi kebutuhan protein tersebut, kalian dianjurkan untuk mengonsumsi protein hewani seperti daging, telur, dan susu. Mungkin selama ini kalian udah makan banyak, tapi belum tentu ya makanan yang kalian konsumsi itu mengandung protein yang digunakan untuk sintesis protein. Jadi, jika kalian mudah lesu, gelisah, dan moody bisa jadi sintesis protein dalam tubuh kalian terganggu.

Adakah dari kalian yang masih sulit untuk memahami materi ini? Semoga tidak ya. Kalau kalian masih kesulitan memahami materi sintesis protein dalam bentuk tulisan, kalian dapat tonton videonya langsung lewat ruangbelajar!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts