Sudah Ada di Indonesia, Ini Ciri-ciri Terinfeksi Virus Corona

WT_-_Ciri-ciri_Corona-01-1

Artikel ini memberikan informasi terkait ciri-ciri virus Corona yang sudah mengakibatkan kematian hingga lebih dari 3000 jiwa

--

Pasti kamu sudah dengar ‘kan tentang virus Corona? Virus corona atau COVID-19 yang menghebohkan dunia kesehatan beberapa bulan terakhir ini dimulai di Wuhan, Tiongkok pada bulan Januari 2020 lalu. Kini, virus ini sudah menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia. Hingga saat ini, jumlah kematian akibat infeksi virus Corona sudah menembus angka lebih dari 3000 jiwa.

Hari ini pun, Presiden Joko Widodo telah secara resmi mengumumkan ada dua orang yang positif terinfeksi virus Corona di Indonesia. Untuk itu, penting banget untuk kita meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus Corona dan mengenali gejala terinfeksi Corona. Ayo, simak baik-baik ya!

ciri-ciri virus corona(Sumber: kemkes.go.id)

1. Demam tinggi

Pemeriksaan awal virus Corona dimulai dengan mengecek suhu tubuh setiap orang yang baru bepergian atau masuk ke suatu negara. Suhu tubuh orang normal atau sehat yaitu 37,5 derajat celcius, namun ciri-ciri orang yang terinfeksi virus Corona suhu tubuhnya bisa mencapai 38 derajat celcius atau bahkan lebih.

2. Sakit kepala

Selain kenaikan suhu tubuh atau demam, seseorang yang terinfeksi Corona juga akan mengalami sakit kepala.

3. Flu atau pilek

Gejala yang paling terlihat dan diduga sebagai sumber penularan antar manusia adalah flu atau pilek. Orang yang terkena virus Corona akan terkena flu dan cairan yang keluar dari flu ini berisiko membuat orang lain tertular. Virus Corona diduga dapat menempel dan bertahan hidup pada benda yang terkontaminasi selama 9 hari.

4. Batuk parah

Bagi yang mengidap batuk-batuk yang tak kunjung reda, atau bahkan sudah mulai kronis harus segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat. Hal ini patut dicurigai, terutama bagi mereka yang baru saja berinteraksi dengan orang-orang yang baru bepergian keluar negeri.

5. Sesak atau sulit bernapas

Tak hanya batuk saja, orang terjangkit virus Corona juga akan merasakan sesak atau kesulitan bernapas. Gejala virus Corona memang mirip dengan gejala penyakit pneumonia yang membuat seseorang yang terkena mengalami sesak napas pendek.

Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah terpapar virus Corona. Apabila kamu mengalami gejala seperti yang telah disebutkan di atas, segera hubungi hotline virus Corona dari Kementerian Kesehatan di nomor 021-5210411 dan 081212123119.

ciri-ciri virus corona(Sumber: kemkes.go.id)

Dilansir dari alodokter.com, pada kasus yang parah, gejala terinfeksi virus Corona dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius seperti pneumonia, infeksi sekunder pada organ lain, gagal ginjal, acute cardiac injury, hingga kematian.

Jaga kesehatan diri, terutama pada bagian tangan, gunakan masker atau tutup hidung, dan hindari bepergian ke wilayah yang ramai. Pemerintah DKI Jakarta sendiri sudah mengumumkan untuk meliburkan semua sekolah dengan tujuan mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Ruangguru pun ikut menjawab tantangan belajar yang dihadapi siswa-siswi di Indonesia di tengah darurat kesehatan penyakit COVID-19. Dengan video belajar beranimasi dari ruangbelajar, kamu bisa belajar di mana dan kapan saja selama di rumah aja.

ruangbelajar

Beri Komentar