Bahasa Inggris Kelas 8 | Contoh Kalimat Expression of Offering

offering expression polite

Artikel Bahasa Inggris kelas VIII kali ini akan membahas beberapa contoh tentang kalimat expression of offering.

Male student: May I give you a hand?

Squad, kira-kira ekspresi apa ya yang digunakan oleh siswa tadi? Yap, ungkapan yang dikatakan oleh siswa di atas termasuk ke dalam expression of offering politely (ekspresi untuk menawarkan dengan sopan). Nah, supaya kamu lebih mudah memahami materi kali ini, baca dulu percakapan berikut ini ya.

Mike        : Girls, it’s not the right way to putting up a tent. May I offer my assistance?

Tamara   : That’s very kind of you. We’ve been working on it and still couldn’t make it right.

Mike        : Let me do it!

Squad, setelah kamu menyimak percakapan tadi, apa sih kira-kira yang terjadi? Tamara, Mike dan teman sekolahnya sedang melakukan camping dan Mike menawarkan bantuan untuk mendirikan tenda dengan benar. Dalam percakapan tadi, Mike menggunakan ungkapan untuk menawarkan dengan sopan dengan mengatakan “May I offer my assistance?

Nah, apa saja ya ungkapan lainnya yang dapat digunakan untuk menawarkan dengan sopan? Kali ini kita akan mengenal beberapa ungkapan dalam bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan saat hendak menawarkan bantuan dengan sopan. Ungkapan-ungkapan berikut dapat kamu gunakan dalam situasi formal maupun informal. Apa saja? Yuk, kita lihat.

Baca juga: Contoh Ungkapan Permintaan Tolong dalam Bahasa Inggris

Could I give you a hand?

Frasa a hand di sini jangan diartikan secara harfiah ya. Kita bukan benar-benar menawarkan tangan kita, Squad. Frasa a hand digunakan sebagai kiasan dari a help. Jadi, makna dari ungkapan ini adalah “bolehkah/dapatkah saya membantumu?”

May I help you?

Ungkapan yang bermakna “bolehkah saya membantumu?” ini digunakan saat yang mengatakannya ingin menawarkan bantuan kepada lawan bicaranya terkait hal yang dirasakan perlu untuk dibantu.

Can I do anything to help?

Ungkapan ini digunakan saat yang mengatakannya ingin menawarkan bantuan mengenai hal apapun yang sekiranya dapat dilakukan oleh orang yang mengatakannya kepada lawan bicaranya.

May I offer my assistance?

Ungkapan ini biasanya digunakan saat yang mengatakannya ingin menawarkan bantuan dengan mengajarkan lawan bicara terhadap cara melakukan sesuatu.

What shall I do for you?

Ungkapan ini bermakna “Apa yang harus saya lakukan untukmu?” Dalam ungkapan ini, orang yang mengatakannya menawarkan bantuannya dengan terlebih dahulu ingin mengetahui hal apa yang sekiranya dapat ia lakukan untuk membantu. Penggunaan kata shall di sini biasanya digunakan dengan lebih personal, untuk orang yang lebih dekat hubungannya dengan orang yang mengatakannya.

Would you like some help?

Frasa some help pada ungkapan ini menunjukkan bahwa orang yang mengatakannya bersedia untuk memberikan beberapa bantuan yang kemungkinan dibutuhkan lawan bicaranya.

Shall I help you with...?

Ungkapan ini digunakan saat yang mengatakannya ingin menawarkan bantuan terhadap hal tertentu yang sedang dikerjakan lawan bicaranya.

expression of polite

Latihan Soal

Exercise 1

Bryan        : …

Shirley      : Thank you for your kindness but I can do it myself.

What is the appropriate question to complete the dialogue above?

  1. Shall I help you with taking those glasses from the cupboard?
  2. Could I ask for your help to take the glasses from the cupboard?
  3. Is it okay if you do it yourself?
  4. May I know what you are doing?

Jawaban: A

Pembahasan: Respon yang diberikan Shirley adalah pernyataan yang menunjukkan rasa berterima kasih terhadap niat baik yang ditawarkan oleh Bryan akan tetapi ia menyatakan bahwa ia masih dapat melakukan hal yang ditawarkan tersebut sendiri sehingga pertanyaan yang diberikan Bryan merupakan ungkapan untuk menawarkan bantuan, yakni Shall I help you with taking those glasses from the cupboard?

Mudah ‘kan Squad? Sekarang saatnya kamu untuk mencoba sendiri menggunakan ungkapan-ungkapan tadi ya. Jangan malas berlatih ya, agar kemampuan bahasa Inggrismu semakin baik. Kamu juga bisa lho berlatih dengan menonton video beranimasi di ruangbelajar. Dijamin #BelajarJadiMudah.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts