Hari Inovasi: 7 Inovasi Canggih yang Mampu Membantu Kehidupan Manusia

Shabrina Alfari Nov 1, 2018 • 5 min read


Squad, inovasi di bidang teknologi memang tidak akan pernah ada habisnya dan terus saja mengalami perkembangan. Semuanya tentu dirancang untuk membantu kehidupan manusia sehari-hari. Bahkan, banyak inovasi yang sebelumnya tidak pernah kita bayangkan tetapi saat ini telah tersedia di depan mata. Mau tau inovasi-inovasi canggih apa saja yang dibuat untuk membantu kehidupan manusia? Check these out!

1. Gelang Cicret

hari inovasiGelang Cicret (Sumber: twitter.com)

Gelang canggih nan futuristik ini dibuat oleh sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Prancis bernama Cicret. Cicret Bracelet atau gelang Cicret ini mampu menampilkan semua konten yang ada di layar smartphone dari modul projector ke permukaan kulit penggunanya. Sekilas, memang gelang pintar ini memiliki bentuk yang mirip dengan gelang pada umumnya. Namun, di dalamnya terdapat modul Pico Projector, delapan buah sensor gerak dan sensor akselerometer serta fungsi getar. Gelang ini akan terkoneksi pada smartphone dan mampu mengirim dan menerima email, SMS, melakukan browsing, bermain game dan menjawab panggilan masuk. Canggih ‘kan Squad?

2. Transit Elevated Bus, Bus Anti Macet

hari inovasiTransit Elevated Bus (Sumber: sixthtone.com)

Cina merupakan negara dengan kemacetan terparah yang ada di dunia. Maka dari itu, Cina akhirnya berhasil membuat inovasi demi mengatasi kemacetan dengan membuat Transit Elevated Bus (TEB). TEB diklaim sebagai bus terbesar di dunia dengan dimensi panjang 170 m, lebar 9 m, dan tinggi 5 m. Konstruksinya yang unik juga memungkinkan mobil lain melintas dengan nyaman di bawahnya. Ukuran TEB dikatakan dapat menggantikan sekitar 40 bus konvensional dan mampu mengangkut 1200 penumpang.

3. Ooho, Air yang Bisa Dimakan

hari inovasiOoho (Sumber: beartai.com)

Squad, pernahkah kamu membayangkan betapa mubazirnya kemasan plastik yang digunakan untuk air mineral? Nah, untuk mengatasi masalah ini, ternyata ada inovasi teknologi yang memungkinkan kemasan plastik ini diganti, lho. Ooho adalah gumpalan bola berisi air yang siap diminum secara langsung. Jika kamu memasukkannya ke dalam mulut, seluruhnya akan pecah dan terasa seperti minum seteguk air. Balon Ooho terbuat dari rumput laut yang bisa dimakan dan ramah lingkungan. Kemasan ini harganya lebih murah dari plastik. Hebatnya lagi, balon air ini tidak akan menjadi limbah karena akan terurai dalam 4-6 minggu jika dibiarkan tidak dikonsumsi.

4. Aspal yang Bisa Langsung Menyerap Air

hari inovasiTopmix Permeable (Sumber: constructionjunkie.com)

Salah satu perusahaan terkemuka di bidang konstruksi asal Inggris, Tarmac, merancang aspal yang dapat menyerap air dalam sekejap. Aspal yang disebut dengan Topmix Permeable ini diklaim mampu menyerap 880 galon air per menitnya, lho Squad. Teknologi ini tentu dapat menjadi solusi bagi daerah perkotaan yang rawan banjir, seperti Jakarta. Tarmac juga mengklaim, beton berpori ini tidak hanya akan mengatasi masalah genangan air. Saat musim panas, materi ini juga lebih dingin dan tidak sepanas aspal atau beton biasa. Kira-kira kapan ya aspal ini akan diaplikasikan di Jakarta?

5. Mobil Listrik “SELO”

hari inovasiSelo (Sumber: liputan6.com)

Mobil listrik karya anak bangsa bernama Ricky Elson ini berbalut tinta kuning dengan bentuk seperti sportcar. Nama “Selo” sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti batu. Untuk spesifikasinya, mobil listrik ini menggunakan motor listrik berdaya 130 KW atau sekitar 182 Tk, dengan kecepatan tertinggi diperkirakan mencapai 220 km/jam. Proses pengisian daya listriknya butuh waktu hingga 4 jam hingga terisi penuh. Sebagai salah satu perancangnya, Ricky Elson menyematkan tiga fitur utama pada Selo yaitu rem mekanik, rem mesin dan sistem regenerasi energi dari pengereman.

6. Seabin, Si Pembersih Lautan

hari inovasiSeabin (Sumber: seabinproject.com)

Kecintaannya terhadap laut dan rasa frustasinya terhadap sampah yang mengambang di laut membuat Andrew Turton dan Pete Ceglinski, dua peselancar Australia, memutuskan untuk berhenti bekerja untuk membuat Seabin. Seabin memanfaatkan sebuah ember yang dihubungkan dengan pompa air dan akan menghisap sampah seperti botol plastik dan kertas yang mengambang di laut. Seabin pun dilengkapi dengan alat pemisah air dan minyak yang mampu menghilangkan minyak atau deterjen dari air laut sebelum air dialirkan kembali melalui sisi lain pompa. Selain di laut, Seabin juga bisa digunakan pada danau atau sungai.

7. Teknologi Sosrobahu

hari inovasiSosrobahu (Sumber: blogspot.com)

Satu lagi nih Squad, inovasi teknologi karya anak bangsa ciptaan Tjokorda Raka Sukawati. Teknologi Sosrobahu ini dipakai untuk membangun bahu lengan beton jalan raya. Penggunaan teknik ini membuat proses pembangunan jalan tidak mengganggu arus lalu lintas, karena lengan jalan layang ditempatkan sejajar dengan jalan yang ada di bawahnya dan lantas diputar 90 derajat untuk memenuhi fungsinya yakni penyangga struktur jalan layang yang akan dibangun. Tidak hanya digunakan di Indonesia saja, teknik ini juga digunakan oleh para insinyur di Amerika Serikat, Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand dan beberapa negara lainnya.

Squad, tiap inovasi yang dibuat tentunya bertujuan untuk memberikan solusi dari masalah yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Nah, kalau kamu punya masalah dalam belajar, Ruangguru punya solusinya untuk kamu yaitu ruangles. Di sini kamu bisa bebas memilih guru privat yang sesuai dengan kriteria dan keinginanmu lho. Kamu juga bebas ingin belajar di mana dan kapan saja!

ruangles

Beri Komentar