Kelebihan dan Kelemahan Pasar Modal | Ekonomi Kelas 10

Rabia Edra Nov 24, 2017 • 3 min read


pasar modal

RG Squad, pernah dengar yang namanya pasar modal? Ini merupakan bentuk sumber pendanaan yang menjanjikan pihak yang membutuhkan suntikan dana segar. Namun, juga dibutuhkan keberanian untuk ikut terlibat dalam berinvestasi. Oleh karena itu, kali ini kita akan menilik kelebihan dan kelemahan pasar modal. Yuk, simak artikel berikut ini.

Gambaran grafik pasar modal

Grafik Pasar Modal

(sumber: cermati.com)

KELEBIHANNYA

1. Sumber pendanaan bagi perusahaan

Perusahaan yang berkeinginan untuk mengembangkan usaha namun terkendala pendanaan biasanya akan menawarkan untuk berinteraksi di pasar modal agar memperoleh sumber pendanaan yang cepat dan banyak bagi perusahaan. Sumber dana ini dapat dikembangkan untuk memperoleh keuntugan yang lebih besar pula di kemudian hari. Karena merupakan sumber pendanaan yang baik bagi perusahaan yang membutuhkan dana.

2. Indikator perkembangan ekonomi suatu negara

Dalam menghitung pendapatan nasional, investasi merupakan salah satu indikator yang diperhitungkan. Sehingga suatu bangsa yang aktif kegiatan investasinya, bisa dikatakan baik pula perkembangan perekonomiannya.

3. Sarana investasi masyarakat untuk mendapatkan keuntungan

Apabila masyarakat melakukan investasi dan ternyata perusahan tempat ditanamkan investasi tersebut mendapatkan untung yang banyak, maka hal ini akan memperbesar kemungkinan untuk memperoleh keuntungan pula. Sehingga juga menstimulus pergerakan uang di lapisan masyarakat agar tidak berputar di dalam perusahaan saja.

Tips

KELEMAHAN

1. Belum menyentuh segala lapisan masyarakat

Sayangnya, pasar modal baru dikenal di lapangan masyarakat menengah ke atas. Masyarakat menengah ke bawah umumnya belum cukup mengenal istilah, cara kerja, maupun prosedur untuk terlibat. Sehingga perputaran uang yang terjadi cenderung di masyarakat lapisan atas saja. Hal ini bisa jadi menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang naik secara nominal, namun tidak menggambarkan peningkatan kualitas kehidupan bagi masyarakat dengan keadaan ekonomi kelas bawah.

2. Ketidakstabilan kurs sangat berpengaruh kepada harga saham

Harga saham akan sangat bergantung kepada pergerakan kurs. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah nilai suatu mata uang terhadap nilai mata uang negara lain.  Nilai kurs yang tidak stabil, membuat investor menjadi takut untuk berinvestasi di perusahaan negara tersebut atau bahkan dapat mengalami kerugian.

3. Tidak seluruh investasi berujung manis

Berinvestasi di pasar modal merupakan hal yang penuh resiko. Karena ada kalanya suatu investasi dapat menghasilkan keuntungan dan bahkan menimbulkan capital gain, atau dapat menimbulkan kerugian karena ternyata usaha yang dilakukan tidak mnghasilkan keuntungan sesuai dengan ekspektasi di awal. Oleh sebab itu, dalam melakukan investasi, harus siap untuk menghadapi setiap kemungkinan yang akan ada. Baik itu untung maupun rugi.

Rangkuman pasar modal

Sekarang sudah jelas bukan kelebihan dan kelemahannya? Apa RG Squad sudah mulai tertarik untuk mengenal lebih dalam? Yuk, diskusikan bersama teman-teman dan tutor yang berpengalaman hanya di Ruangguru digitalbootcamp.

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar