Taklukkan Soal Matematika Fungsi Invers dengan Cara Cepat di Ujian Nasional

Rabia Edra Apr 3, 2018 • 2 min read


Beberapa waktu yang lalu, Ruangguru sempat 'membocorkan' rumus rahasia mengerjakan soal barisan aritmatika untukmu. Nah, masih seputar Matematika, namun kali ini topiknya adalah fungsi invers yaitu suatu fungsi kebalikan dari fungsi awal. Kamu mau tahu cara cepat mengerjakan soal-soal fungsi invers khususnya saat ujian nasional? Simak, yuk!

soal matematika(Sumber: shutterstock.com)

Apabila kamu menemukan soal fungsi invers linear sepeti ini, bagaimana cara kamu mengerjakannya?

soal matematika

Seperti kita ketahui, rumus umum fungsi invers linear adalah sebagai berikut:

soal matematika

Jika mengikuti rumus umum seperti di atas, hal pertama yang akan kamu lakukan pasti mengubah fungsi f(x) menjadi terlebih dahulu lalu kemudian memasukkan nilai x yang ditanyakan bukan? Sehingga, kamu perlu mengerjakannya dengan cara seperti ini:

soal matematika

Tetapi ada cara lain yang lebih cepat untuk mengerjakan soal di atas. Dengan rumus cepat ini kamu tidak perlu lagi mencari nilai inversnya terlebih dahulu baru memasukkan nilai x yang ditanyakan, lho.

Rumus cepatnya seperti ini:

soal matematika

Cara mengerjakannya menjadi seperti ini:

Pertama, kita umpamakan f(x) adalah x dan x adalah f-1(x). Setelah itu kamu baru bisa memasukkan nilai x dari fungsi invers yang ditanyakan.

Jadi, untuk mengerjakan soal di atas, caranya menjadi seperti ini:

soal matematika

Lalu?

soal matematika

Bagaimana? Dengan cara tersebut kamu jadi bisa lebih menghemat waktu dalam mengerjakan soal fungsi invers 'kan? Ingin tahu lebih banyak rumus rahasia mengerjakan soal? Kamu bisa tanyakan pada guru privat terbaik di Ruangguru. Guru-gurunya akan coba membantumu untuk menjawab soal-soal yang sukar. Selamat belajar!

New Call-to-action

Beri Komentar