7 Kesalahan saat Mengerjakan Pengetahuan Umum di TPS UTBK

TPS UTBK

Artikel ini membahas tentang kesalahan saat mengerjakan Pengetahuan Umum pada Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK 2020 serta strategi menghindarinya.

--

Siapa nih yang sebentar lagi ikut UTBK? Gimana, sejauh ini sudah sampai mana pemahaman kamu tentang materi dan soal-soal latihan? Sambil terus belajar, kamu perlu banget untuk tahu strategi pengerjaannya yang baik, agar nggak melakukan kesalahan yang sering kali terjadi pada para peserta ujian. Nah, artikel ini akan membahas tentang cara-cara untuk menghindari hal-hal tersebut, khususnya saat menyelesaikan bagian Pengetahuan Umum. Sudah pada tahu kan ya, soal-soalnya dibagi menjadi 4 subtopik, yaitu 2 subtopik bahasa Indonesia dan 2 subtopik bahasa Inggris. 

Kira-kira apa saja yang sering jadi kesalahan? Kamu mau tahu? Janji, simak artikel ini sampai selesai ya! Berikut, tim Ruangguru sudah meriset dan merangkumnya untukmu:

Kesalahan yang sering terjadi pada soal-soal Pengetahuan Umum di TPS UTBK

  1. Keterbatasan kosakata akibat kurang banyak membaca teks-teks sebelum persiapan ujian.
  2. Peserta tidak memahami maksud soal karena belum menguasai jenis dan pola soal yang sering keluar.
  3. Peserta tidak mampu menentukan kata kunci (keyword) dari keseluruhan teks yang ada.
  4. Masih banyak peserta yang membaca teks terlebih dahulu, dibandingkan membaca pertanyaan terlebih dahulu.
  5. Masih banyak peserta yang membaca seluruh teks, bukan mencari informasi yang diperlukan saja.
  6. Masih banyak peserta yang terjebak dengan pilihan yang memiliki kalimat mirip dengan kalimat yang ada di dalam teks, padahal sebenarnya pada kalimat mirip tersebut terdapat 1 atau 2 kata yang memiliki makna berbeda atau bahkan bertentangan dengan teks.
  7. Saat menentukan gagasan utama dari teks, masih banyak yang terkecoh hanya melihat dari beberapa paragraf saja dan tidak mengindahkan setiap paragraf dalam teks. Termasuk juga kesulitan menentukan kalimat utama/ide pokok per paragraf.

Baca juga: Analisis Lengkap Soal yang Paling Sering Keluar pada Materi SBMPTN TPS (Tes Potensi Skolastik)

Wah, banyak juga ya ternyata! Tentu, kamu nggak mau dong jadi salah satu dari peserta UTBK yang melakukan kesalahan tersebut. Lalu, apa nih yang harus dilakukan?

tps utbk

Strategi Mengerjakan Pengetahuan Umum di TPS UTBK

1. Bahasa Indonesia

tps utbk 2020

Laman KBBI untuk referensi belajar Pengetahuan Umum TPS UTBK
  • Pemahaman tentang kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah yang sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Pada tahu 'kan itu apa? Kalau belum tahu, cek deh kedua laman berikut yang bisa kamu jadikan pedoman.
  • Sebagai peserta ujian, kamu juga harus mampu membaca secara cepat dan cermat. Kalau rajin membaca artikel, ini akan terlatih sendiri, kok. Percaya deh!
  • Peserta sudah semestinya bisa menganalisis isi bacaan.

2. Bahasa Inggris

BBC referensi TPS UTBK

Situs BBC News sebagai referensi bacaan bahasa Inggris

3. Strategi umum

  • Ketika membaca, cobalah untuk menentukan pikiran utama dari tiap paragraf. Pahami juga topik teks. Hal-hal tersebut umumnya ditanyakan pada saat ujian.
  • Tetaplah belajar grammar karena akan membantu kita memahami bacaan, terutama teks dengan kalimat-kalimat yang panjang.
  • Berlatihlah membuat parafrasa dari sebuah kalimat.

Semoga semua penjelasan di atas membantumu untuk mengurangi kesalahan saat mengerjakan Pengetahuan Umum pada Tes Potensi Skolastik UTBK 2020 mendatang ya! Ruangguru juga menyediakan paket khusus persiapan SBMPTN dengan ribuan video animasi, soal-soal dan pembahasan, serta rangkuman hanya di aplikasi Ruangguru.

TPS UTBK 2020

Beri Komentar