Kuliah Jurusan Fashion Design: Setelah Lulus Kerja Di Mana Ya?

Salsabila Nanda Nov 17, 2020 • 6 min read


Pojok_Kampus_-_Jurusan_Fashion_Design-01

Artikel ini membahas mengenai mata kuliah fashion design, kampus dengan jurusan fashion design dan prospek karier lulusan fashion design.

--

Dilansir dari situs katadata.co.id, industri tekstil dan pakaian mengalami lonjakan yang signifikan, yaitu sebesar 18.98% pada tahun 2019. Artinya, konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan pakaian terus melonjak. Selain itu, tren fashion masih terus berkembang hingga saat ini, sehingga peluang berkarier sebagai fashion designer sangat menjanjikan. 

Untuk kamu yang gemar berbisnis dan memiliki kemampuan visual untuk menuangkan kreativitas di atas kertas, jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Lalu, apa sih yang menjadi daya tarik jurusan fashion design? Cari tahu lewat artikel ini yuk!

Mata Kuliah Fashion Design

“Ah, cuma ngegambar baju aja kok. Gampang!”

Mata kuliah di jurusan ini bukan cuma corat-coret di kertas, melainkan pengenalan menyeluruh tentang industri pakaian itu sendiri. Kamu akan belajar mengenal jenis-jenis kain, cara memilih bahan baku tekstil, presentasi visual, konsep  fashion di Indonesia, pengembangan produk dan perilaku konsumen.

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Kamu Siswa Lulusan SMK

Di akhir masa perkuliahan, terdapat pergelaran busana atau yang sering kita sebut dengan fashion show. Sebagai mahasiswa, kamu memperoleh kesempatan untuk memamerkan hasil karya terbaikmu di runway. Momen ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menjalin relasi seluas mungkin dengan pelaku industri fashion lainnya. Dengan begitu, jalan untuk berkarier sebagai desainer semakin terbuka lebar.

mata kuliah fashion design

Memilih jurusan ini sebagai langkah awal karier kamu bukanlah sesuatu yang buruk, sebab kamu akan dilatih untuk berpikir kreatif dan membuka peluang usaha baru di masyarakat. Selain itu, kamu juga memiliki skill time management yang baik, dikarenakan tugas kuliah yang cukup menyita waktu. But, it’s okay! Semua ini menjadikan kamu individu yang lebih produktif untuk menghasilkan karya-karya terbaik.

Prospek Karier Jurusan Fashion Design

Tau nggak? Kamu bisa bekerja sebelum lulus, lho.

Hah, gimana caranya?”

Fashion nggak cuma berjalan di atas catwalk atau merancang pola busana. Kamu bisa mengembangkan bakat yang dimiliki dengan menjadi seorang fashion blogger. Istilah fashion blogger mulai dikenal sejak tahun 2010, saat itu orang-orang yang memiliki minat di bidang mode berbagi cerita melalui tulisan dan visual yang diwujudkan melalui outfit yang mereka pakai. 

bloggerBlogger. (Sumber: glitzmedia.com)

Selain blog, ada cara lain untuk memulai karier di dunia fashion dengan memanfaatkan akun media sosial. Saat ini muncul istilah influencer, yaitu orang yang memiliki banyak pengikut di dunia maya dan aktif membuat konten di bidang tertentu. Konsistensi dalam membuat konten menjadi daya tarik bagi brand lokal dan internasional untuk melakukan kerjasama dalam mempromosikan produk mereka.

Sebelum menyandang gelar Diploma atau Sarjana, pastinya kamu juga akan dibekali dengan berbagai mata kuliah praktik. Hasil dari ujian praktik selama masa kuliah tersebut dapat dijadikan sebagai portofolio untuk melamar pekerjaan sebagai intern atau freelance.

Berikut adalah prospek karier jurusan Fashion Design:

  • Fashion Stylist
  • Fashion Illustrator
  • Fashion Consultant & Specialist
  • Costume Designer for Music Video’s, TV, Movies & Theatre
  • Fashion Journalist and Blogger
  • Entrepreneur

Baca Juga: Pilihan Jurusan Berbeda dengan Orang Tua? Ini Tipsnya!

Fashion Designer dan Blogger Indonesia

Kalau kamu masih beranggapan Paris adalah satu-satunya kiblat mode dunia, kayaknya kamu kurang update deh, hihihi. Indonesia juga punya kok fashion designer maupun blogger yang memiliki gaya unik. Hebatnya lagi, karya mereka sudah mendunia!

  • Diana Rikasari
    Ibu dua anak ini memulai kariernya sebagai fashion blogger pada tahun 2007. Kak Diana telah memenangkan beberapa penghargaan blog dan menjadi pembicara publik di berbagai seminar dan workshop. Pada tahun 2011 dan 2012, blognya menempati peringkat # 1 di IndonesiaMatters.com, menjadi blog yang paling banyak dikunjungi di Indonesia dari semua kategori. Dengan prestasi tersebut, ia telah didaulat menjadi Brand Ambassador berbagai merek lokal dan internasional. I Wear Up adalah bisnis yang ia kelola yang berfokus pada produk sepatu dan aksesoris.
  • Tex Saverio
    Pasti kamu udah nggak asing ya dengar nama ini. Kecintaannya pada dunia mode telah membawa nama Indonesia hingga kancah internasional. Kak Tex Saverio pernah menjadi perbincangan hangat karena kostum rancangannya dikenakan oleh penyanyi dunia, Lady Gaga. Di samping itu, ia juga merancang busana yang dikenakan aktris Jennifer Lawrence dalam film The Hunger Games.

Kampus dengan Jurusan Fashion Design di Indonesia

Seiring dengan perkembangannya yang pesat dan dinamis, beberapa kampus di Indonesia telah membuka jurusan fashion. Namun, perlu diketahui terdapat perbedaan penyebutan di PTN dan PTS. Di PTN, jurusan ini dikenal dengan Pendidikan Tata Busana, sementara istilah Fashion Design lebih familiar di PTS. Tetapi, jangan khawatir, karena mata kuliahnya tidak jauh berbeda.

kampus dengan jurusan fashion


Banyaknya lembaga yang menyediakan program studi tata busana menandakan bahwa industri mode memiliki nilai saing yang tinggi. Kamu bisa memilih satu di antara mereka sebagai tempat menimba ilmu dan mengembangkan passion yang kamu miliki. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan ruangles, kamu bisa memilih guru privat terbaik sesuai kebutuhanmu, mulai dari guru privat pelajaran sekolah sampai pelajaran informal lainnya!

ruangles

Referensi:

Industri Pakaian. Tautan: https://katadata.co.id/agungjatmiko/berita/5e9a51921aaa0/sepanjankuartal-i-2019-industri-tekstil-dan-pakaian-melonjak-1898 (diakses pada 15 November 2020)

Profil Diana Rikasari. Tautan: http://dianarikasari.blogspot.com/p/diana-rikasari-shares-high-interest.html (diakses pada 16 November 2020)

Profil Tex Saverio. Tautan: https://id.valueq.com/articles/profil-desainer-indonesia-tex-saverio-296182 (diakses pada 16 November 2020)

Perguruan Tinggi. Tautan: https://highlight.id/tempat-kursus-kuliah-belajar-fashion-design-jakarta-favorit/ (diakses pada 15 November 2020)

Mata Kuliah. Tautan: https://id.lasallecollege.ac.id/fashion-desain-school/sarjana-fashion-design (diakses pada 15 November 2020)

Mata Kuliah. Tautan: http://ft.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/03/Kurikulum-Program-Studi-S1-Pendidikan-Tata-Busana-FT-UM-2014.pdf (diakses pada 15 November 2020)

Sumber Gambar:

Blogger [Daring] 

Tautan: https://glitzmedia.co/post/fashion/style/fashion-blogger-indonesia (diakses pada 15 November 2020)

Beri Komentar