Latihan Soal SIMAK UI Soshum Terbaru!

Shabrina Alfari

Jun 18, 2019 • 23 min read

Siap kuliah Ujian Mandiri


latihan soal simak ui

Artikel ini memberikan latihan soal SIMAK UI terbaru untuk pelajaran Soshum

--

Squad, pendaftaran SIMAK UI 2019 sudah dibuka sejak 10 Juni hingga 10 Juli mendatang. Apakah kamu sudah siap untuk menghadapi soal-soalnya? Eits, nggak usah takut. Ayo, latihan soal-soal SIMAK UI Soshum terbaru berikut ini supaya kamu lebih siap.

sosiologi-1

1. Topik : Sosiologi sebagai ilmu, sejarah lahirnya sosiologi & penelitian

Ada banyak peran yang bisa dimainkan oleh para sosiolog dalam membangun. Bentuk-bentuk peran para ahli tersebut bisa sebagai ahli riset, konsultan kebijakan, sebagai teknisi, dan sebagai guru atau pendidik. Berikut ini yang dimaksud sebagai peran sosiolog sebagai konsultan kebijakan adalah ....

  1. sosiolog melakukan pengumpulan data ilmiah tentang kehidupan sosial suatu masyarakat
  2. sosiologi dapat membantu memperkirakan pengaruh kebijakan sosial yang mungkin terjadi
  3. mereka memberi saran, baik dalam penyelesaian berbagai masalah hubungan masyarakat
  4. sosiologi dapat menyajikan contoh-contoh konkret tentang bagaimana keterlibatan mereka dalam pemecahan masalah sosial
  5. sosiologi melakukan eksplorasi tentang isu-isu terbaru yang beredar di masyarakat

Jawaban : B

Pembahasan :

Sebagai konsultan , sosiologi membantu memberikan pemikiran tentang apa yang mungkin terjadi dalam setiap kebijakan yang diambil. Pemikiran tersebut diambil berdasarkan ilmu dan pengalaman berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Sosiolog tidak dapat memberikan prediksi secara pasti terhadap dampak dari kebijakan yang diambil pemerintah ataupun masyarakat karena masyarakat bersifat dinamis. Oleh karena itu, sosiolog memberikan beberapa alternatif sehingga kebijakan yang diambil mendekati harapan dan membawa pengaruh yang positif.

Matematika Dasar (1)

2. Topik : Kelompok Sosial

Etihad Airways dijatuhi hukuman membayar ganti rugi imateriil sebesar Rp500 juta kepada Dwi Ariyani, penyandang disabilitas asal Karanganyar, Jawa Tengah, yang gagal terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Banten menuju Jenewa, Swiss. Pada April 2016 ia dipaksa turun dari kabin oleh kru maskapai penerbangan tersebut karena memiliki kekurangan fisik, kasus yang terjadi  pada Dwi Ariyani termasuk bentuk dari....

  1. diskriminasi
  2. integrasi
  3. etnosentrisme
  4. primordialisme
  5. paternalisme

Jawaban : A

Pembahasan :

Diskriminasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, bilamana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut. Diskriminasi merupakan suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat yang disebabkan karena kecenderungan manusia untuk membeda-bedakan yang lain.

Ketika seseorang diperlakukan secara tidak adil karena karakteristik suku, antargolongan, kelamin, ras, agama dan kepercayaan, aliran politik, kondisi fisik atau karateristik lain yang diduga menjadi dasar dari tindakan diskriminasi. Kasus diskriminasi dalam soal terjadi karena korban tidak bisa berjalan dan harus dibantu dengan kursi roda sehingga ditolak naik pesawat oleh kru maskapai tersebut.

Matematika Dasar (1)

3. Topik : Interaksi sosial

Proses sosialisasi yang diberikan orang tua memengaruhi pembentukan kepribadian anak. Dalam berperilaku sehari-hari, Figo selalu berpegang teguh dengan nasihat yang diberikan oleh orang tuanya agar selalu membantu orang lain untuk mengurangi penderitaan orang lain. Hal tersebut menjadi dasar kepribadian Figo sebagai sosok penolong bagi orang lain. Faktor yang memengaruhi interaksi sosial yang dilakukan Figo berdasarkan ilustrasi tersebut adalah….

  1. identifikasi
  2. sugesti
  3. empati
  4. motivasi
  5. simpati

Jawaban : D

Pembahasan :

Salah satu faktor yang memengaruhi interaksi sosial adalah motivasi. Motivasi adalah dorongan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain sehingga dapat memberikan semangat kepada orang lain tersebut. Orang yang diberi motivasi akan menuruti dan melaksanakan apa yang dimotivasikan secara rasional, kritis, dan penuh tanggung jawab. Berdasarkan pernyataan pada soal, perilaku menolong orang lain yang dilakukan Figo dipengaruhi oleh sosialisasi dari orang tuanya berupa nasihat untuk membantu orang lain yang menjadi dasar kepribadiannya. Hal tersebut dilakukan sehari-hari dengan penuh tanggung jawab dan melalui proses berpikir rasional bahwa membantu orang lain merupakan tindakan positif di masyarakat.

Matematika Dasar (1)

4. Topik : Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian

Kepribadian setiap individu jelas berbeda-beda, ini mempunyai arti bahwa setiap orang mempunyai cara berpikir dan berperilaku yang khas. 

SEBAB

Kepribadian seseorang berkembang melalui interaksi di antara banyak faktor, yaitu warisan biologis, lingkungan fisik, kebudayaan, kehidupan kelompok, dan pengalaman unik seseorang yang menjadikan perilaku seseorang khas.

Jawaban : A

Pembahasan :

Pernyataan pertama dan kedua benar. Kedua penyataan saling berhubungan karena setiap individu tentu mempunyai perbedaan kepribadian  karena beberapa faktor seperti warisan biologis, lingkungan fisik, kebudayaan, kehidupan kelompok, dan pengalaman unik seseorang,  seperti pengaruh lingkungan fisik (kondisi tanah). Orang yang hidup di dataran rendah memiliki perbedaan perilaku ataupun gaya hidup dengan orang yang hidup di dataran tinggi, seperti perbedaan cara berpakaian (dataran rendah cenderung lebih terbuka karena suhunya yang hangat, sementara dataran tinggi pakaiannya lebih tebal karena suhu udaranya dingin). Dengan demikian, faktor-faktor pembentukan kepribadian seseorang membuat individu memiliki kepribadian yang khas.

Matematika Dasar (1)

5. Topik : Struktur sosial

Konflik peranan timbul apabila seseorang kurang mampu melaksakan peranan yang diberikan masyarakat kepadanya.

SEBAB

Persiapan peran melalui proses sosialisasi tidak penting, peranan dapat dilaksanakan jika seseorang memiliki jiwa kepemimpinan dan prinsip yang kuat.

Jawaban : C

Pembahasan :

Konflik peranan timbul apabila seseorang dalam keadaan tertekan, merasa dirinya tidak sesuai atau kurang mampu melaksanakan peranan yang diberikan masyarakat kepadanya. Akibatnya, ia tidak melaksanakan peranannya dengan ideal/sempurna. Persiapan peran melalui proses sosialisasi dan pendidikan yang menyediakan  suatu peralihan dari peran yang satu ke peran yang lain sangat penting, tetapi apabila dalam proses ini mengalami diskontinuitas maka akan mengakibatkan persiapan yang kurang pada seorang individu dalam berperan. Dengan demikian, pernyataan pertama benar, tetapi pernyataan kedua salah.

Matematika Dasar (1)

6. Topik :  Masyarakat Multikultural

Menurut Pierre L. Van den Berghe, ada beberapa karakteristik masyarakat multikultural, di antaranya adalah sebagai berikut….

  1. Terjadinya segmentasi ke dalam bentuk-bentuk kelompok yang seringkali memiliki subkebudayaan yang serupa satu dengan yang lain.
  2. Kurangnya kesadaran berpolitik dalam masyarakat.
  3. Mudah untuk mengembangkan konsensus di antara para anggota terhadap nilai-nilai yang bersifat dasar.
  4. Secara relatif seringkali mengalami konflik antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya.

Jawaban : D

Pembahasan :

Menurut Pierre L. Van den Berghe, ada beberapa karakteristik masyarakat multikultural, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Terjadinya segmentasi ke dalam bentuk-bentuk kelompok yang sering kali memiliki subkebudayaan yang berbeda satu dengan yang lain.
  • Memiliki struktur sosial yang terbagi-bagi ke dalam lembaga-lembaga yang bersifat nonkomplementer.
  • Kurang mengembangkan konsensus di antara para anggota terhadap nilai-nilai yang bersifat dasar.
  • Secara relatif sering kali mengalami konflik antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya.
  • Secara relatif, integrasi sosial tumbuh di atas paksaan dan saling ketergantungan di dalam bidang ekonomi.
  • Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok atas kelompok yang lain.

Matematika Dasar (1)

7. Topik :  konflik dan integrasi

Primodialisme tidak tumbuh serta merta pada diri seseorang. Sikap ini tumbuh secara berkala dan atas dasar-dasar tertentu seperti….

  1. Adanya kecintaan yang mendalam terhadap kampung halaman beserta anggota-anggotanya dan kerabat yang senior.
  2. Adanya sesuatu yang dianggap istimewa (bernilai lebih) oleh warga kelompok sosial tertentu.
  3. Adanya tekad yang kuat untuk mempertahankan eksistensi kelompoknya terhadap ancaman luar.
  4. Adanya nilai-nilai yang dijunjung tinggi yang berkaitan dengan religi yang dianutnya, adat istiadat, dan seni budaya.

Jawaban : E

Pembahasan :

Primordialisme sebagai identitas sebuah golongan atau kelompok merupakan faktor penting untuk memperkuat ikatan golongan atau kelompok bersangkutan terutama dalam menghadapi ancaman dari luar. Namun, primordialisme juga dapat membangkitkan prasangka dan permusuhan terhadap golongan tertentu, hal ini tentu saja merupakan potensi munculnya konflik. Adapun dasar-dasar yang dapat memunculkan primordialisme, yaitu:

  1. Adanya kecintaan yang mendalam terhadap kampung halaman beserta anggota-anggotanya dan kerabat yang senior.
  2. Adanya sesuatu yang dianggap istimewa (bernilai lebih) oleh warga kelompok sosial tertentu.
  3. Adanya tekad yang kuat untuk mempertahankan eksistensi kelompoknya terhadap ancaman luar.
  4. Adanya nilai-nilai yang dijunjung tinggi yang berkaitan dengan religi yang dianutnya, adat istiadat, dan seni budaya.

sejarah-1

1. Topik : Zaman Pra Aksara 

Salah satu teknik mengolah logam di masa perundagian adalah a cire perdue. Teknik pengolahan logam tersebut menggunakan teknik….

  1. cetakan lilin
  2. cetakan setangkup
  3. cetakan ganda
  4. wajralepa (pelekatan)
  5. penempaan

Jawaban: C

Pembahasan:

Ada beberapa teknik dalam pengolahan logam pada masa perundagian yaitu a cire perdue (cetakan lilin) dan  teknik bivalve (cetakan setangkup). Teknik a cire perdue merupakan teknik pengolahan logam dengan cetakan lilin.

  1. cetakan lilin yang telah bentuk, dibalut dengan tanah liat dengan diberi lubang dibagian atasnya
  2. cetakan lilin yang telah dibalut dengan tanah liat kemudian dibakar
  3. siapkan beberapa logam kemudian dicairkan
  4. tuang cairan logam tersebut kedalam cetakan lilin yang telah dibalut dengan tanah liat
  5. setelah cairan logam beku, pecahkan tanah liat yang didalamnya terdapat benda logam yang telah dicetak tersebut.

Matematika Dasar (1)

2. Topik : Masuknya Islam di Indonesia

Salah satu karya sastra masa Islam adalah hikayat. Hikayat merupakan bukti sastra Islam di Indonesia yang mendapat pengaruh dari negara....

  1. India
  2. Turki
  3. Arab
  4. Persia
  5. Mesir

Jawaban: D

Pembahasan:

Proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa negara. Salah satunya adalah negara Persia yang membawa pengaruh berupa karya sastra yang berbentuk hikayat. Hikayat adalah karya sastra yang berisi cerita sejarah yang menarik, penuh keajaiban, atau hal-hal yang terkadang tidak masuk akal. Hikayat ditulis dalam bentuk gancaran (karangan bebas atau prosa). Hikayat biasanya banyak ditemukan di wilayah Sumatra. Contoh hikayat yaitu Hikayat Raja-raja Pasai, Hikayat Bayan Budiman, dan Hikayat 1001 Malam (Alf Laila wa Laila).

Matematika Dasar (1)

3. Topik : Zaman Kolonial

Kebijakan cultuurstelsel mengakibatkan penderitaan bagi rakyat jajahan.

SEBAB

Buku yang berjudul Max Havelaar merupakan salah satu bentuk kritik terhadap penerapan cultuurstelsel di wilayah Lebak, Banten.

Jawaban: B

Pembahasan:

Kebijakan tanam paksa bertujuan untuk mengisi kekosongan kas negara yang kosong akibat besarnya perlawanan yang dilakukan oleh rakyat Indonesia. Perlawanan tersebut seperti Perang Padri dan Perang Diponegoro, serta perang Belanda dengan Belgia. Penerapan Tanam Paksa mengalami penyimpangan dari ketentuan awalnya, sehingga berdampak negatif berupa eksploitasi terhadap rakyat. Kebijakan cultuurstelsel mengakibatkan penderitaan bagi rakyat jajahan.

Max Havelaar merupakan salah satu karya sastra pada masa kolonial Belanda yang mengkritik Tanam Paksa (cultuurstelsel). Max Havelaar ditulis oleh Multatuli atau Eduard Douwes Dekker. Karya sastra ini mengisahkan kehidupan rakyat di tanah jajahan berdasarkan penglihatan penulis sendiri. Rakyat tanah jajahan hidup sengsara akibat kebijakan pemerintah kolonial Belanda khususnya pelaksanaan Tanam Paksa (cultuurstelsel).

Pernyataan dan alasan pada soal benar, namun tidak menunjukkan hubungan sebab akibat. Pernyataan pada soal benar, cultuurstelsel memang mengakibatkan penderitaan bagi rakyat jajahan. Alasan pada soal juga benar, Max Havelaar merupakan salah satu bentuk kritik terhadap penerapan cultuurstelsel di wilayah Lebak, Banten.

Matematika Dasar (1)

4. Topik : Zaman Kependudukan Inggris di Indonesia

Kebijakan Thomas Stamford Raffles antara lain penerapan contingenten dan verplichte leverantie serta pelaksanaan land rent.

SEBAB

Land rent gagal dikarenakan terbatasnya pegawai yang cakap, belum ada standarisasi pengukuran tanah, dan masyarakat belum mengenal sistem uang.

Jawaban: D

Pembahasan:

Pernyataan pada soal salah, karena kebijakan Thomas Stamford Raffles yang memerintah pada tahun 1811-1816 antara lain bukan penerapan contingenten dan verplichte leverantie, tetapi penghapusan contingenten dan verplichte leverantie. Raffles pun menerapkan sistem ekonomi uang, dan melaksanakan mengadakan land rent (sewa tanah). Land rent didasari anggapan bahwa pemerintah kolonial adalah pemilik tanah dan para petani dianggap sebagai penyewa tanah pemerintah. Oleh karena itu, para petani diwajibkan membayar pajak atas pemakaian tanah pemerintah.

(Alasan pada soal benar) Land rent gagal karena terbatasnya pegawai yang cakap, belum ada standarisasi pengukuran tanah, dan masyarakat belum mengenal sistem uang.

Matematika Dasar (1)

5. Topik : Kerajaan Hindu- Budha di Indonesia

Candi peninggalan kerajaan Singasari diantaranya....

  1. Candi Mendut
  2. Candi Jago
  3. Candi Canggal
  4. Candi Singasari

Jawaban: C

Pembahasan:

Salah satu bentuk peninggalan kebudayaan dari kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia adalah bangunan candi. Candi selain digunakan sebagai tempat ibadah, juga memiliki fungsi untuk tempat makam para raja atau orang penting dalam kerajaan. Candi-candi peninggalan dari kerajaan Singasari:

  1. Candi Singasari
  2. Candi Jago
  3. Candi Jawi
  4. Candi Kidal

Matematika Dasar (1)

6. Topik : Peradaban Kuno

Beberapa persamaan peradaban Mesopotamia dan Mesir adalah....

  1. peradaban tersebut hancur karena bencana alam
  2. peradaban terletak di sekitar sungai
  3. memiliki sistem kanal air yang mulai rapi terlihat dari fondasi bangunan yang tersisa
  4. menganut paham polytheisme

Jawaban: C

Pembahasan:

Peradaban kuno dunia seperti Mesopotamia dan Mesir memiliki beberapa persamaan antara lain letak peradaban tersebut di sekitar lembah sungai. Peradaban Mesopotamia di antara sungai Eufrat dan Tigris, sedangkan peradaban Mesir di sekitar sungai Nil.

Persamaan berikutnya adalah menganut paham polytheisme. Peradaban tersebut mengenal banyak dewa yang memiliki kekuatan mengatur dunia. Contohnya adalah rakyat Mesir dengan Dewa Ra sebagai dewa tertingginya, dan Mesopotamia yang memuja Dewa Enlil sebagai dewa tertingginya.

geografi-1

1. Topik : Pola Kerungan Desa dan Kota

Perkembangan wilayah yang terbangun sepanjang jalan utama antarkota disebut….

  1. sector development
  2. concentric development
  3. multiple nuclei development
  4. ribbon development
  5. panel development

Jawaban : D

Pembahasan:
Ribbon develoment merupakan perkembangan wilayah berbentuk pita di sepanjang jalan utama antarwilayah yang terjadi sebagai akibat peningkatan sistem jaringan jalan dan interaksi masyarakat antara dua wilayah tersebut. Secara alamiah wilayah ini terbentuk akibat kecenderungan setiap orang membangun aktivitas sedekat mungkin dengan jalur jalan utama dengan maksud untuk mempermudah dalam bepergian dan membuka usaha.

Matematika Dasar (1)

2. Topik : Litosfer

Bentang lahan berupa bulan sabit yang merupakan hasil sedimentasi aeolis di wilayah gurun pasir disebut dengan….

  1. gisik
  2. cliff
  3. barchan
  4. sea cave
  5. delta

Jawaban : C

Pembahasan :

1-405577069092

Barchan merupakan suatu bentang alam menyerupai bulan sabit yang biasa ditemui pada daerah yang berupa hamparan pasir. Bentang alam ini merupakan contoh hasil sedimentasi oleh angin. Besarnya kemiringan lereng daerah yang menghadap angin lebih landai dibandingkan dengan kemiringan lereng daerah yang membelakangi angin, sehingga apabila dibuat penampang melintang, bentuknya tidak simetri. Ketinggian gumuk pasir barchan umumnya antara 5 – 15 meter. Barchan dapat dijumpai di Gurun Sahara dan Gurun Gobi.

Matematika Dasar (1)

3. Topik : Atmosfer

Rata-rata nilai kelembapan udara relatif di indonesia <60%.

SEBAB

Wilayah Indonesia berbentuk kepulauan dan dikelilingi oleh perairan laut yang luas sehingga memiliki tingkat penguapan yang tinggi.

Jawaban : D

Pembhasan :

Indonesia merupakan negara yang memiliki laut yang luas dan beriklim tropis dengan suhu udara yang tinggi, sehingga kadar penguapan di Indonesia sangat tinggi. Hal ini menimbulkan kelembapan udara yang tinggi, dengan rata-rata kelembapan udara relatif kurang lebih 80%. Jadi pernyataan pertama salah dan pernyataan kedua benar.

Matematika Dasar (1)

4. Topik : Sumber Daya Alam 

Bauksit adalah jenis mineral alumunium hidroksida yang terbentuk karena proses pelapukan dari batuan granit.

SEBAB

Bauksit banyak digunakan untuk industri pupuk, kertas, cat, dan plastik.

Jawaban : C

Pembahasan :

Bauksit adalah jenis mineral alumunium hidroksida yang terbentuk karena proses pelapukan dari batuan granit. Bauksit mempunyai ciri sangat lunak, relatif ringan, dan berwarna putih kekuningan. Bauksit sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan aluminium dan bahan dasar industri kimia. Tambang bauksit di Indonesia dapat ditemukan di Riau, Kalimantan Barat, dan Bangka Belitung. Bauksit tidak digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan pupuk, kertas, cat, dan plastik. Jadi pernyataan pertama benar sedangkan pernyataan kedua salah.

Matematika Dasar (1)

5. Topik : Lingkungan hidup 

Tujuan konservasi pada lahan miring yang dilakukan melalui sengkedan adalah untuk....

(1)  menambah resapan air

(2)  meningkatkan produksi

(3)  menghambat laju erosi

(4)  menurunkan evaporasi

Jawaban: B

Pembahasan:

Tujuan konservasi pada lahan-lahan miring dengan sengkedan adalah untuk menambah lahan resapan air dan mencegah laju erosi. Lahan miring dibuat menjadi bertingkat-tingkat untuk mencegah laju erosi oleh aliran air permukaan dan meminimalisir kekurangan unsur hara tanah karena erosi. Sehingga, pernyataan (1) dan (3) benar.

Matematika Dasar (1)

6. Topik : Geografi Regional

Saat ini sebagian besar penduduk Benua Amerika adalah penduduk pendatang. Namun, sebelum banyak didatangi imigran, Benua Amerika sudah dihuni oleh berbagai bangsa asli. Di bawah ini yang merupakan penduduk asli bangsa Amerika adalah....

(1)  Indian Apache

(2)  Eskimo

(3)  Indian Cherokee

(4)  Zambo

Jawaban : A

Pembahasan :

Penduduk asli Benua Amerika adalah suku Indian Apache, Eskimo, dan Indian Cherokee, sedangkan Zambo adalah suku bangsa hasil dari penggabungan ras Indian dengan ras Negroid. Jadi jawaban yang tepat adalah pilihan A.

ekonomi-2

1. Topik: Elastisitas

Pak Toni menjual sebuah barang yang bahkan ketika harga terus meningkat, sama sekali tidak mempengaruhi permintaan barang tersebut. Dapat dikatakan bahwa barang yang dijual pak Toni memiliki elastisitas….

  1. inelastis sempurna
  2. inelastis
  3. uniter
  4. elastis
  5. elastis sempurna

Jawaban: E

Pembahasan:

Elastis: persentase perubahan harga lebih kecil dibanding perubahan penawaran

Inelastis: persentase perubahan penawaran lebih kecil dibanding dengan perubahan harga  

Uniter: persentase perubahan harga dan penawaran sama besarnya

Elastis sempurna: harga tidak berubah, penawaran meningkat terus

Inelastis sempurna: penawaran tidak berubah meski harga terus naik.

Matematika Dasar (1)

2. Topik: Elastisitas

Jika diketahui fungsi permintaan adalah Q= 200 -2P, sedangkan P= 20, maka elastisitasnya adalah inelastis

Sebab

Suatu barang dinyatakan inelastis jika koefisiennya kurang dari 1

Jawaban: A. benar benar berhubungan

Pembahasan:

Diketahui: Fungsi permintaan Q = 200-2P, P= 20

Elastisitas: 2-90

Q = 200 – 2(20)

Q = 200 – 40

Q = 160

Elastisitas: 2-90

=3-54

=0,25

Nilai koefisien elastisitas permintaan kurang dari 1, menandakan elastisitas bersifat inleastis.

Matematika Dasar (1)

3. Topik: Perdagangan Internasional

Berikut yang merupakan salah satu jenis kebijakan internasional berupa politik proteksi adalah….

  1. free trade policy
  2. politik dumping
  3. pasar bebas
  4. kuota impor
  5. diskriminasi harga

Jawaban: D

Pembahasan:  

Jenis kebijakan perdagangan internasional:

  • politik proteksi (pelarangan impor, tarif impor, pemberian subsidi, penetapan kuota impor, pemberian premi)
  • kebijakan perdagangan bebas (free trade policy)
  • politik dumping
  • diskriminasi harga

Matematika Dasar (1)

4. Topik: Konsumsi dan Investasi

Jika diketahui pendapatan Rp 10.000.000, sedangkan fungsi konsumsinya adalah C=1.000.000 + 0,8Y, maka pernyataan berikut yang tepat adalah….

  1. S = - 1.000.000 + 0,2Y
  2. I =  - 1.000.000 + 0,2Y
  3. konsumsi (C) adalah senilai 9.000.000
  4. tabungan (S) adalah senilai 1.000.000

Jawaban: E. Semua benar

Pembahasan:

Jika fungsi C= 1.000.000 + 0,8Y maka dapat diketahui bahwa fungsi S atau I nya adalah

-1.000.000 + 0,2Y, sebab fungsi S ataupun I adalah kebalikan dari fungsi C, dimana Y=1, sehingga jika C menggunakan 0,8Y atau 80% dari total pendapatan, maka S atau I akan mendapatkan porsi 0,2Y atau 20% dari total pendapatan, asumsinya adalah setiap orang akan menabungkan atau menginvestasikan uangnya yang tersisa (setelah dikurangi dengan konsumsi).

C= 1.000.000 + 0,8Y

C= 1.000.000 + 0,8 (10.000.000)

C= 9.000.000

Y= C+S

10.000.000 = 9.000.000 + S

S= 1.000.000

Matematika Dasar (1)

5. Topik: Pajak

Pernyataan yang tepat mengenai PPh 21 adalah….

  1. PTKP wajib pajak Rp36.000.000,00/tahun (per 2017)
  2. PTKP tanggungan wajib pajak Rp4.500.000,00/tahun
  3. merupakan pajak penghasilan yang dikenakan untuk gaji saja
  4. salah satu objek pajaknya adalah gaji

Jawaban: C. 2,4

Pembahasan:

PPh pasal 21 merupakan pajak penghasilan yang dikenakan untuk orang pribadi maupun pajak, dimana PTKP untuk wajib pajak per 2017 adalah Rp54.000.000,00/tahun, untuk tanggungannya Rp4.500.000,00/tahun.

Objek pajak PPh 21 antara lain: gaji, laba perusahaan, warisan yang belum terbagi, uang pensiun,dll.

Matematika Dasar (1)

6. Topik: Penyusutan

PT Abadi membeli kendaraan untuk kendaraan dinas Rp150.000.000,00 pada tanggal 3 April 2016. Umur ekonomisnya ditaksir selama 10 tahun tanpa ada nilai residu. Beban penyusutan selama tahun 2016 jika perusahaan menggunakan metode garis lurus adalah….

  1. Rp10.000.000,00
  2. Rp11.250.000,00
  3. Rp12.500.000,00
  4. Rp13.750.000,00
  5. Rp15.000.000,00

Jawaban: B

Pembahasan:

Perhitungan penyusutan menggunakan metode garis lurus:

= 150.000.000 / 10 tahun = 15.000.000/tahun

Penyusutan tahun 2016 = 9/12 x 15.000.000,00 = 11.250.000,00 (penyusutan tahun 2016 dimulai dari bulan april, karena kendaraan baru dibeli pada bulan april)

Matematika Dasar (1)

Sudah jelas belum Squad? Kalau masih butuh penjelasan lebih lanjut, kamu bisa lihat pembahasan materi melalui video beranimasi di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts