Latihan Soal Tryout UTBK 1 Tahun 2021: Geografi

Shabrina Alfari Okt 22, 2020 • 27 min read


latihan soal utbk geografi

Ayo, persiapkan dirimu sejak dini dalam menghadapi UTBK 2021! Lihat latihan soal tryout UTBK 1 tahun 2021 untuk mata pelajaran Geografi.

---

Sudah mengikuti tyout UTBK 1 dari ruanguji? Nah, masih penasaran mengenai pembahasan soal-soalnya? Yuk, lihat latihan soal tryout UTBK Episode 1 tahun 2021 mata pelajaran Geografi. Jangan lupa untuk mempelajari lagi materi yang belum kamu kuasai ya.

Baca juga: Latihan Soal Tryout UTBK 1 Tahun 2021: Sosiologi

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

1. Salah satu permasalahan kependudukan di Indonesia adalah persebaran penduduk yang tidak merata. Sebagian besar penduduk terkonsentrasi di Pulau Jawa. Akibatnya, terjadi kesenjangan pembangunan antara Pulau Jawa dengan daerah lain di Indonesia. Upaya yang tepat dilakukan untuk mengurangi konsentrasi penduduk di Pulau Jawa adalah ....

  1. memberikan bantuan dana dan pangan
  2. menghindari desentralisasi pembangunan
  3. menciptakan kota metropolitan baru di pulau lain
  4. menerapkan pembangunan dengan konsep top-down
  5. melakukan pembangunan megapolitan di Pulau Jawa

 

Pembahasan:

Persebaran penduduk yang tidak merata merupakan salah satu masalah kependudukan yang dihadapi oleh Indonesia. Lebih dari 50% penduduk di Indonesia berada di Pulau Jawa. Hal ini berpengaruh pada proses pembangunan di Indonesia. Oleh sebab itu, pengembangan pusat metropolitan baru di pulau lainnya, seperti Balikpapan di Kalimantan, Makassar di Sulawesi, dan Ambon di Maluku diharapkan dapat mengurangi konsentrasi penduduk di Pulau Jawa. Dengan adanya kota metropolitan baru di daerah lain, maka diharapkan pertumbuhan ekonomi di pulau lainnya menjadi makin tinggi. Jika hal tersebut terjadi, laju urbanisasi ke Pulau Jawa bisa berkurang. Tidak hanya itu, penduduk Pulau Jawa pun dapat keluar dan pergi ke pulau lain untuk mencari peluang ekonomi. Kondisi ini dapat mengurangi konsentrasi di Pulau Jawa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

2. Faktor yang menyebabkan Indonesia cenderung aman dari bencana alam siklon tropis adalah ....

  1. berada pada daerah konvergensi antartropik
  2. adanya bioma hutan hujan tropis yang sangat luas
  3. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia
  4. wilayah Indonesia mendapatkan pengaruh dari fenomena El Nino dan La Nina
  5. sebagian besar wilayah Indonesia berada di dalam rentang 0 -10 dari ekuator

 

Pembahasan:

Siklon tropis adalah bencana alam meteorologis berupa badai dengan kekuatan yang besar. Siklon tropis terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat. Angin kencang yang berputar di dekat pusatnya mempunyai kecepatan angin lebih dari 63 km/jam. Siklon tropis memerlukan gaya Coriolis yang besar agar bisa membentuk putaran angin. Berdasarkan data dari BMKG, diketahui bahwa daerah pada lintang rendah (0 -10 ) jarang terbentuk siklon tropis karena gaya Coriolisnya lemah. Sekitar 65% siklon tropis terbentuk di daerah antara 10 - 20 dari ekuator. Sementara itu, siklon tropis yang tumbuh di atas daerah lintang 20 hanya sekitar 13% saja karena suhu air lautnya yang dingin.

Secara astronomis, Indonesia berada pada rentang 6 LU-11 LS dan 95 BT-141 BT. Oleh sebab itu, Indonesia berada dekat dengan khatulistiwa dan memiliki gaya Coriolis yang lemah. Akibatnya, siklon tropis sulit terbentuk di wilayah Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

3. Kota Makassar merupakan salah satu kota yang berfungsi sebagai pusat pertumbuhan di wilayah Indonesia bagian timur. Hal yang menjadikan kota ini tumbuh dengan pesat adalah ....

  1. lokasi kota yang sangat strategis
  2. sumber daya alam yang melimpah
  3. sumber daya manusia yang berkualitas
  4. kondisi iklim yang ideal bagi kehidupan
  5. jumlah sumber daya manusia yang tinggi

 

Pembahasan:

Kota Makassar ditetapkan sebagai salah satu kota pusat pertumbuhan yang ada di Indonesia bagian timur karena pertumbuhannya yang terbilang pesat. Pertumbuhan Kota Makassar yang pesat ini diharapkan mampu mendorong perekonomian wilayah lain di sekitarnya. Kemajuan dan perkembangan Kota Makassar tidak terlepas dari faktor pendukungnya, yaitu lokasinya yang sangat strategis. Kota Makassar merupakan kota pelabuhan yang berada di pesisir pantai dan berhadapan langsung dengan Selat Makassar yang ramai dengan lalu lintas pelayaran lautnya. Hal ini menjadikan Kota Makassar sering disinggahi dan dilewati oleh kapal-kapal perdagangan dunia. Kondisi tersebut memengaruhi pertumbuhan Kota Makassar hingga menjadi seperti saat ini.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

4. Informasi yang bisa didapatkan dari piramida penduduk ekspansif adalah ....

  1. angka harapan hidup tinggi
  2. laju pertumbuhan penduduk tinggi
  3. tingkat kematian penduduk rendah
  4. ditemukan pada negara-negara maju
  5. angka beban ketergantungan rendah

 

Pembahasan:

Piramida penduduk ekspansif adalah piramida berbentuk kerucut dengan alas yang lebar dan puncak yang meruncing. Piramida penduduk ekspansif atau kerucut ini biasanya ditemukan pada negara-negara berkembang yang memiliki laju pertumbuhan dan kematian yang tinggi. Bentuk piramida ekspansif menunjukkan bahwa jumlah penduduk terbanyak berada pada kelompok usia muda. Piramida ini juga menunjukkan bahwa angka harapan hidup di wilayah tersebut rendah, dilihat dari jumlah penduduk usia tua yang sedikit. Piramida ekspansif ini juga menunjukkan bahwa angka penduduk nonproduktif (0-15 tahun dan >65 tahun) lebih banyak dibandingkan angka penduduk produktifnya (15-64 tahun). Hal ini berarti wilayah yang memiliki piramida ini memiliki angka beban ketergantungan yang tinggi.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

5. Hutan merupakan ekosistem yang memegang peranan penting dalam siklus hidrologi. Jika terjadi kerusakan pada wilayah hutan, dampak yang bisa terjadi pada siklus tersebut adalah ....

  1. berkurangnya biodiversitas hutan
  2. menghambat proses kondensasi awan
  3. proses fotosintesis menjadi meningkat
  4. proses infiltrasi air menjadi tidak maksimal
  5. meningkatkan kadar uap air melalui proses transpirasi

 

Pembahasan:

Hutan berperan penting dalam siklus hidrologi. Pepohonan di hutan turut membantu proses penguapan air ke udara melalui proses transpirasi pada daunnya. Akar-akar pepohonan pada hutan juga berfungsi untuk membantu meningkatkan proses infiltrasi atau penyerapan air ke dalam tanah. Tingginya laju infiltrasi air pada lahan hutan menyebabkan air dapat dengan mudah mencapai sistem air tanah (Widiyanto, 2010). Laju infiltrasi air yang tinggi di wilayah hutan menjadikan laju aliran permukaan dapat berkurang. Oleh sebab itu, jika hutan mengalami kerusakan, proses infiltrasi air ke dalam tanah menjadi tidak maksimal. Akibatnya adalah laju aliran permukaan menjadi besar dan dapat menyebabkan banjir, serta kemungkinan terjadinya kekeringan di musim kemarau karena cadangan air dalam tanah berkurang.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

6. Pada saat musim kemarau, tanah gambut menjadi kering dan menjadikannya mudah terbakar. Karakteristik lain yang menjadikan tanah gambut mudah terbakar adalah ....

  1. kandungan unsur hara rendah
  2. kandungan karbon yang tinggi
  3. tingkat keasaman tanah menjadi tinggi
  4. memiliki tingkat kedalaman yang tinggi
  5. memiliki saluran drainase yang dangkal

 

Pembahasan:

Lahan gambut terbentuk dari hasil pelapukan bahan-bahan organik. Hal ini menjadikan tanah gambut menyimpan kandungan karbon yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanah mineral, bahkan perbedaannya bisa mencapai 10 kali lipat. Besarnya kandungan karbon yang tersimpan pada tanah gambut dipengaruhi oleh ketebalan dan kematangan tanah gambut. Jika tanah gambut semakin matang, maka tingkat karbon per satuan volumenya juga semakin tinggi. Sementara itu, ketebalan gambut menentukan besarnya simpanan karbon di lahan gambut. Kandungan karbon di tanah gambut ini menjadikannya mudah terbakar pada saat kondisi kering. Api yang ada pada tanah gambut juga akan mudah menyebar hingga bagian dalam tanah sehingga menjadikan pemadaman api di lahan gambut sangat sulit.

Jawaban yang tepat adalah B.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

7. Minyak bumi dikategorikan sebagai golongan sumber daya alam strategis di Indonesia karena ....

  1. memiliki struktur kimia yang kompleks
  2. memiliki daya jual dan harga yang tinggi
  3. merupakan sumber daya alam tak terbarukan
  4. berperan penting dalam perekonomian negara
  5. banyak ditemukan di banyak tempat dengan jumlah tinggi

 

Pembahasan:

Minyak bumi dapat digolongkan sebagai bahan galian golongan A atau bahan galian bersifat strategis. Hal ini disebabkan minyak bumi memiliki peran penting dan strategis dalam pertahanan/keamanan ataupun untuk menjamin perekonomian negara. Minyak bumi bersama dengan bahan galian strategis lainnya, terutama batu bara dan gas alam, memegang kontribusi yang cukup besar dalam perekonomian Indonesia karena dapat diekspor ke luar negeri guna menambah devisa negara. Selain itu, minyak bumi juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi di dalam negeri.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

8. Sebagian besar wilayah pesisir di Indonesia rawan terhadap bencana tsunami karena berada dekat dengan zona subduksi lempeng. Penataan ruang yang tepat berdasarkan kondisi tersebut adalah ....

  1. membangun kawasan hutan bakau
  2. melarang pembangunan di pinggir sungai
  3. memindahkan permukiman di wilayah pesisir
  4. membangun banyak papan peringatan rawan tsunami
  5. membangun saluran drainase yang baik di wilayah pesisir

 

Pembahasan:

Indonesia terletak pada zona pertemuan tiga lempeng besar dunia, yaitu Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Hal ini menjadikan sebagian besar wilayah Indonesia rawan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami. Potensi bencana alam ini perlu dipertimbangkan dalam proses perencanaan tata ruang ruang wilayah. Pembangunan kawasan hutan bakau di wilayah pesisir merupakan bentuk penataan ruang yang tepat di wilayah pesisir Indonesia yang rawan akan bencana gempa dan tsunami. Hal ini dikarenakan hutan bakau dapat berfungsi untuk melindungi wilayah daratan dari gelombang tsunami. Wilayah pesisir yang memiliki kawasan hutan bakau dengan kepadatan yang tinggi cenderung memiliki dampak dan kerugian yang lebih kecil jika dilanda bencana tsunami.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

9. Tanah laterit merupakan jenis tanah yang terbentuk pada iklim tropis dan subtropis, dan memiliki warna merah seperti besi berkarat

SEBAB

tanah laterit akan selalu terbentuk dari pelapukan yang terjadi pada batuan lempung.

Pilihlah:

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
  2. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
  3. pernyataan benar dan alasan salah
  4. pernyataan salah dan alasan benar
  5. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

Pembahasan:

Tanah laterit adalah tanah yang terbentuk pada iklim tropis dan subtropis, serta memiliki warna merah seperti warna karat. Warna pada jenis tanah laterit ini dipengaruhi oleh struktur kimia batuan penyusunnya. Tanah laterit terbentuk dari berbagai jenis batuan yang mengandung besi, seperti lempung, basalt, dan lain-lain. Akan tetapi, jika batuan tersebut tidak mengandung unsur besi, batuan tersebut tidak akan membentuk tanah laterit. Contohnya adalah jika batuan lempung memiliki besi, ia berpotensi melapuk hingga menjadi tanah laterit. Sementara, jika batu lempung tersebut tidak mengandung besi, batu ini tidak akan bisa membentuk tanah laterit. Poin terpenting dari pembentukan tanah laterit adalah batuan tersebut harus mengandung besi.

Kondisi iklim tropis dan subtropis menjadikan pelapukan pada batuan-batuan tersebut menjadi tinggi karena mendapatkan suhu dan curah hujan yang cukup tinggi. Curah hujan dan suhu udara yang tinggi dapat menyebabkan reaksi oksidasi pada unsur besi yang terkandung pada tanah. Hal ini menyebabkan terbentuknya warna merah pada tanah laterit. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka kalimat pernyataan benar dan alasan salah.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

10. Tiongkok yang merupakan saingan terbesar Amerika Serikat saat ini telah dikategorikan sebagai negara maju

SEBAB

Tiongkok memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dan cepat, bahkan turut memengaruhi kondisi perekonomian di dunia. 

Pilihlah:

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
  2. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
  3. pernyataan benar dan alasan salah
  4. pernyataan salah dan alasan benar
  5. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

Pembahasan:

Tiongkok merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat secara stabil dan berkontribusi sekitar 30% terhadap pertumbuhan ekonomi dunia selama delapan tahun terakhir. Saat ini, Tiongkok merupakan saingan utama dari Amerika Serikat. Namun, sayangnya Tiongkok masih dikategorikan sebagai negara berkembang. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Faktor pertama adalah tingginya angka ketimpangan penduduk Tiongkok, dilihat dari ketimpangan perekonomian wilayah perkotaan dan desanya. Faktor kedua adalah masih ada ratusan juta penduduk yang tinggal di bawah garis kemiskinan yang ditetapkan oleh Bank Dunia, yaitu penduduk yang angka pendapatannya < US $1,9 per hari. Sementara itu, faktor ketiga adalah banyaknya jumlah pekerja rentan di Tiongkok yang pekerjaannya sangat dipengaruhi oleh fluktuasi ekonomi. Jika keadaan ekonomi sedang buruk, mereka rentan dan berpeluang menjadi pengangguran. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kalimat pernyataan salah dan alasannya benar.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

11. Dataran Tinggi Dieng berpotensi untuk dikembangkan sebagai wilayah pembangkit listrik tenaga panas bumi

SEBAB

Dataran Tinggi Dieng merupakan kompleks gunung api yang masih aktif hingga saat ini. 

Pilihlah:

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
  2. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
  3. pernyataan benar dan alasan salah
  4. pernyataan salah dan alasan benar
  5. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

Pembahasan:

Energi panas bumi atau geotermal adalah sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air, serta batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem Panas Bumi. Energi panas bumi ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. Energi geotermal ini biasanya berasosiasi dengan keberadaan gunung api. Sebagai negara yang terletak dalam kawasan Ring of Fire, Indonesia memiliki potensi geotermal yang tinggi. Potensi panas bumi Indonesia diperkirakan mencapai 28.543 MW atau sekitar 40% dari potensi geotermal dunia.

Salah satu daerah yang memiliki potensi geotermal tinggi adalah Dataran Tinggi Dieng. Dataran Tinggi Dieng merupakan sebuah kompleks gunung api yang masih aktif. Hal ini dicirikan dengan keberadaan kawah-kawah yang masih aktif dan keberadaan mata air serta uap panas di Dieng. Potensi energi geotermal di Dieng ini sangat besar untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber penghasil listrik di Indonesia. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka kalimat pernyataan dan alasan benar, dan keduanya berhubungan sebab akibat.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

12. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Kota Surabaya adalah laju intrusi air laut yang cukup tinggi sehingga salinitas air tanahnya meningkat

SEBAB

Kota Surabaya merupakan kota metropolitan yang memiliki penggunaan lahan terbangun dengan
intensitas yang tinggi. 

Pilihlah:

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
  2. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
  3. pernyataan benar dan alasan salah
  4. pernyataan salah dan alasan benar
  5. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

Pembahasan:

Kota Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang terletak di pesisir pantai. Hampir sama dengan kota-kota pesisir lainnya di Indonesia, Surabaya juga mengalami permasalahan berupa laju intrusi air laut yang tinggi. Intrusi air laut adalah fenomena yang terjadi saat air laut menembus lapisan akuifer air tanah sehingga kondisi air tanah menjadi asin seperti air laut. Tingginya laju intrusi air laut di Kota Surabaya tidak terlepas dari intensitas penggunaan lahan terbangun yang tinggi, terutama di wilayah pesisir pantai. Hal tersebut berkaitan erat dengan banyaknya jumlah penduduk dan tingginya laju penggunaan air tanah di wilayah tersebut. Penggunaan air tanah secara berlebihan ini menyebabkan air tanah pada akuifer berkurang secara drastis dan menimbulkan kekosongan pada rongga-rongga tanah. Akibatnya adalah terjadinya perubahan arah aliran air tanah dan penurunan tekanan hidrostatis sehingga terjadilah intrusi air laut. Oleh sebab itu, kedua kalimat pada soal adalah benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

13. Danau bekas tambang timah di Kepulauan Bangka Belitung tidak bisa dimanfaatkan sehingga harus segera ditutup

SEBAB

danau ini memiliki kualitas air yang rendah, miskin akan unsur hara, dan mengandung logam kimia
yang berbahaya. 

Pilihlah:

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
  2. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
  3. pernyataan benar dan alasan salah
  4. pernyataan salah dan alasan benar
  5. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

Pembahasan:

Danau bekas tambang (DBT) yang ada di Kepulauan Bangka Belitung biasanya terbentuk dari peninggalan aktivitas pertambangan timah yang dilakukan secara terbuka yang kemudian terisi oleh air. Danau ini biasanya memiliki area sempadan dengan lahan kritis yang rawan terhadap erosi jika baru terbentuk. Selain itu, DBT yang baru terbentuk biasanya bersifat asam dengan pH<4, miskin unsur hara, dan memiliki kandungan logam berbahaya dibandingkan dengan danau alami. Namun demikian, DBT di Bangka Belitung ini berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber air bagi penduduknya meskipun harus diolah terlebih dahulu agar layak untuk dikonsumsi dan digunakan.

Selain itu, DBT di Bangka Belitung memiliki potensi sebagai tempat wisata karena tampak unik untuk dikunjungi. Namun, area DBT harus diberikan papan peringatan agar wisatawan tetap berhati-hati dan tidak boleh berenang di sana. Berikut ini adalah gambar salah satu DBT yang ada di Bangka Belitung, yaitu Danau Kaolin.

bn

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat diketahui bahwa kalimat pernyataan salah dan alasan benar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

14. Angin yang bergerak menuruni lereng gunung di daerah bayangan hujan bersifat kering dan panas

SEBAB

adanya fenomena kenaikan suhu sebesar 1 C saat ketinggian tempat turun 100 meter. 

Pilihlah:

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
  2. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
  3. pernyataan benar dan alasan salah
  4. pernyataan salah dan alasan benar
  5. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

Pembahasan:

Angin yang bergerak menuruni lereng gunung di daerah bayangan hujan disebut juga angin fohn. Angin ini berhembus setelah terjadinya hujan orografis di sisi lereng yang lain, yaitu daerah hadapan hujan. Hujan orografis tidak turun di daerah bayangan hujan karena terhalang oleh ketinggian gunung. Angin fohn yang bergerak menuruni lereng di daerah bayangan hujan bersifat kering dan panas. Hal ini dikarenakan adanya kenaikan suhu sebesar 1 C saat ketinggian tempat turun 100 meter. Kenaikan suhu tersebut menjadikan angin tersebut semakin panas dan kering seiring menurunnya ketinggian tempat.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

15. Data yang dihasilkan dari penginderaan jauh dapat dikelompokkan ke dalam jenis data raster

SEBAB

data dari penginderaan jauh tidak bisa digunakan sebagai sumber informasi bagi pembuatan peta digital. 

Pilihlah:

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
  2. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
  3. pernyataan benar dan alasan salah
  4. pernyataan salah dan alasan benar
  5. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

Pembahasan:

Penginderaan jauh merupakan ilmu, seni, dan teknik untuk memperoleh informasi tentang suatu objek, daerah, atau fenomena melalui analisis data yang diperoleh dengan suatu alat tanpa kontak langsung dengan objek, daerah, atau fenomena yang dikaji dan hasil bentukan yang berupa kertas atau data digital. Hasil dari penginderaan jauh ini adalah citra penginderaan jauh yang tersusun atas picture element (piksel). Cita penginderaan jauh ini termasuk dalam jenis data raster. Citra dapat dimanfaatkan dalam penyusunan peta, baik peta umum ataupun peta tematik, meskipun pemanfaatannya memerlukan beberapa tahap pengolahan yang tidak mudah. Oleh sebab itu, kalimat pernyataan benar dan alasan salah.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

16. Identifikasi objek hutan bakau pada citra penginderaan jauh dapat dilakukan dengan memerhatikan....

  1. rona
  2. tekstur
  3. situs
  4. bayangan

Pilihlah:

  1. jika jawaban 1, 2 dan 3 benar
  2. jika jawaban 1 dan 3 benar
  3. jika jawaban 2 dan 4 benar
  4. jika jawaban 4 saja yang benar
  5. jika semua jawaban 1, 2, 3, dan 4 benar

 

Pembahasan:

Objek yang terekam dalam citra penginderaan jauh dapat diidentifikasi dengan menganalisis ciri-ciri interpretasi yang tampak. Hutan bakau dapat diidentifikasi dengan memerhatikan ciri-cirinya, yaitu memiliki rona gelap dan tekstur kasar. Selain itu, hutan bakau juga dapat diidentifikasi melalui situsnya yang berada di perairan payau, seperti muara sungai dan pesisir pantai.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

17. Negara Brunei Darussalam masih dikategorikan sebagai negara berkembang karena ....

  1. pemerintahannya dipimpin oleh kesultanan
  2. memiliki luas negara yang kecil
  3. laju pertumbuhan ekonomi bersaing ketat dengan Singapura
  4. masih bergantung pada sektor ekonomi primer

Pilihlah:

  1. jika jawaban 1, 2 dan 3 benar
  2. jika jawaban 1 dan 3 benar
  3. jika jawaban 2 dan 4 benar
  4. jika jawaban 4 saja yang benar
  5. jika semua jawaban 1, 2, 3, dan 4 benar

 

Pembahasan:

Brunei Darussalam merupakan salah satu negara dengan tingkat perekonomian tertinggi di wilayah Asia Tenggara. Pendapatan tersebut berasal dari cadangan gas alam dan minyak bumi yang sangat tinggi. Namun, hal tersebut tidak menjadikan Brunei dapat dikategorikan sebagai negara maju karena negara ini masih bertumpu dan menggantungkan perekonomian negaranya pada sektor primer berupa pertambangan minyak bumi dan gas alam. Untuk menjadi negara maju, maka Brunei harus mengembangkan sektor industri, jasa, dan perdagangannya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

18. Objek perkebunan kelapa sawit yang tampak pada citra penginderaan jauh dapat diidentifikasi dengan melihat ciri interpretasinya, yaitu ....

  1. bentuk
  2. tekstur
  3. pola
  4. bayangan

Pilihlah:

  1. jika jawaban 1, 2 dan 3 benar
  2. jika jawaban 1 dan 3 benar
  3. jika jawaban 2 dan 4 benar
  4. jika jawaban 4 saja yang benar
  5. jika semua jawaban 1, 2, 3, dan 4 benar

 

Pembahasan:

Kelapa sawit merupakan jenis tanaman perkebunan yang banyak dibudidayakan di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Perkebunan kelapa sawit yang tampak pada penginderaan jauh dapat diidentifikasi dengan melihat ciri-cirinya. Perhatikan gambar berikut ini:

bfb

Sumber: Google Earth

Berdasarkan gambar tersebut, maka dapat terlihat bahwa objek perkebunan kelapa sawit memiliki pola yang cukup teratur. Tekstur perkebunan kelapa sawit bersifat sedang jika dibandingkan tekstur ladang atau lapangan yang cenderung halus. Objek kelapa sawit dapat diidentifikasi dengan melihat bentuk tajuk pohonnya yang seperti bintang.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

19. Reilly merupakan salah satu tokoh yang mencetuskan teori terkait dengan interaksi antarwilayah. Menurutnya, besar atau tidaknya interaksi antara dua wilayah yang berbeda dapat diketahui melalui ....

  1. perbedaan sumber daya alam
  2. jumlah penduduk tiap wilayah
  3. topografi wilayah yang berinteraksi
  4. jarak antara kedua wilayah

Pilihlah:

  1. jika jawaban 1, 2 dan 3 benar
  2. jika jawaban 1 dan 3 benar
  3. jika jawaban 2 dan 4 benar
  4. jika jawaban 4 saja yang benar
  5. jika semua jawaban 1, 2, 3, dan 4 benar

 

Pembahasan:

W. J. Reilly adalah seorang tokoh yang menerapkan model gravitasi milik Newton untuk menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah yang berbeda. Ia berpendapat bahwa kekuatan interaksi antara dua wilayah dapat diukur dan diketahui dengan mempertimbangkan dua faktor, yaitu jumlah penduduk dan jarak antara kedua wilayah. Berikut ini adalah rumus yang digunakan untuk menghitung kekuatan interaksi antarwilayah:

bdfnfxn

Keterangan:

nsnsn

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

20. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Selain itu, negara ini dikenal akan kekayaan dan keragaman budaya bangsanya. Salah satu contoh keragaman budaya yang dapat dilihat adalah kebudayaan antara suku Bugis dan Toraja, padahal kedua suku tersebut berasal dari Sulawesi. Perbedaan budaya kedua suku tersebut disebabkan oleh faktor ....

  1. letak astronomis
  2. letak geografis
  3. posisi strategis
  4. kondisi ekologis

Pilihlah:

  1. jika jawaban 1, 2 dan 3 benar
  2. jika jawaban 1 dan 3 benar
  3. jika jawaban 2 dan 4 benar
  4. jika jawaban 4 saja yang benar
  5. jika semua jawaban 1, 2, 3, dan 4 benar

 

Pembahasan:

Suku Bugis dan Toraja merupakan dua suku yang berasal dari Sulawesi Selatan. Kedua suku tersebut memiliki kebudayaan yang berbeda meskipun berasal dari provinsi yang sama. Hal ini disebabkan letak geografis dan kondisi lingkungan keduanya yang berbeda. Suku Toraja berasal dari wilayah pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan, sedangkan suku Bugis berasal dari wilayah dataran rendah Sulawesi Selatan dan pesisirnya. Suku Bugis yang banyak mendiami wilayah pesisir menjadikan masyarakatnya handal dalam melaut dan berdagang. Sementara itu, suku Toraja yang berada di wilayah pegunungan memiliki aktivitas berupa pertanian dan perkebunan. Perbedaan letak geografis antara pegunungan dan pesisir berkaitan erat dengan perbedaan kondisi ekologis kedua wilayah, seperti struktur tanah, kondisi iklim, air, dan topografi. Hal ini menjadikan timbulnya perbedaan kebudayaan antara kedua suku tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_geografi-Oct-16-2020-06-59-39-02-AM

UTBK memang masih akan dilaksanakan tahun depan, tapi nggak ada salahnya untuk kamu mencuri start dan mulai mempersiapkan diri sejak dini. Mau mengukur kemampuanmu dalam mengerjakan soal-soal UTBK? Tunggu tryout UTBK Episode 2 dari ruanguji!

New call-to-action

Beri Komentar