Mana yang Lebih Baik, Kuliah di Indonesia atau Luar Negeri?

Andrea Lidwina Feb 18, 2019 • 4 min read


kuliah di  indonesia atau luar negeri

Artikel ini membahas tentang beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Squad akan memilih perguruan tinggi negeri di Indonesia atau di luar negeri.

--

Setelah lulus dari bangku SMA, masih ada satu jenjang pendidikan lagi yang perlu Squad tempuh, yaitu perguruan tinggi. Pada jenjang ini, kamu akan dihadapkan pada beberapa pilihan, salah satunya jenis perguruan tinggi yang ingin kamu tuju. Nah, pasti di antara kamu masih ada yang bingung, lebih baik memilih perguruan tinggi di Indonesia atau luar negeri ya?

Squad, sebenarnya tidak ada yang lebih baik antara kuliah di Indonesia atau di luar negeri. Setiap pilihan merupakan hasil pertimbangan dari berbagai aspek dan memiliki konsekuensi masing-masing. Oleh karena itu, kamu tidak boleh asal memilih! Empat hal berikut ini bisa Squad pikirkan dengan matang sebelum memilih di mana akan menempuh perguruan tinggi. Ayo cari tahu!

1. Kualitas jurusan yang diinginkan

kuliah di indonesia atau luar negeri

Ketika memilih perguruan tinggi, Squad harus memperhatikan kualitas jurusan yang dipilih di perguruan tinggi tersebut (Sumber: theconversation.com)

Apabila Squad sudah menentukan jurusan yang akan dipilih, maka kamu perlu membandingkan kualitas jurusan tersebut di perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Mulai dari mata kuliah yang akan didapat, para pengajarnya, hingga kelengkapan fasilitas pendukungnya. Setelah mengetahui dan membandingkan kualitas jurusan yang Squad mau di beberapa perguruan tinggi, kamu bisa deh memutuskan lebih baik berkuliah di Indonesia atau luar negeri.

2. Akan bekerja di mana setelah lulus kuliah

kuliah di indonesia atau luar negeri

Di mana Squad bekerja nantinya juga menjadi salah satu pertimbangan perguruan tinggi yang kamu pilih (Sumber: journalismjobs.com)

Tak bisa dihindari, setelah lulus kuliah, Squad pasti akan masuk ke dunia kerja. Jadi, dalam menentukan perguruan tinggi yang dituju, kamu perlu memiliki gambaran akan bekerja di mana nantinya.

Jika Squad ingin bekerja di Indonesia, memilih kuliah di dalam negeri rasanya lebih baik. Sebab, sembari kuliah, kamu bisa mempelajari kondisi dan masalah yang ada di negara ini, yang akan kamu hadapi juga di kemudian hari. Sementara itu, jika kamu ingin mempunyai karier di luar negeri, masa kuliah di sana bisa kamu manfaatkan untuk memperluas koneksi dan kesempatan kerja.

Namun, bukan berarti memilih perguruan tinggi di luar negeri lantas membuat kamu tak bisa bekerja di Indonesia ya, begitu pun sebaliknya. Hanya saja, pada beberapa profesi, ada prosedur dan ujian kesetaraan yang perlu diikuti terlebih dahulu bila kamu melamar kerja lintas negara.

3. Kondisi finansial

kuliah di indonesia atau luar negeri

Squad perlu menyesuaikan biaya kuliah dan biaya hidup dengan kemampuan finansial yang dimiliki (Sumber: boardingschoolreview.com)

Selain soal jurusan dan pekerjaan, urusan finansial juga perlu dipertimbangkan dalam memilih perguruan tinggi. Sebab, bukan hanya biaya kuliah, tetapi biaya hidup sehari-hari pun harus dipenuhi.

Jadi, Squad perlu menghitung perkiraan biaya kuliah dan biaya hidup selama beberapa tahun ke depan jika menempuh pendidikan tinggi di Indonesia dan luar negeri. Setelah dihitung, kamu bisa mengukur keseluruhan biaya tersebut dengan kemampuan finansial yang dimiliki dan menentukan perguruan tinggi yang sesuai.

Akan tetapi, jangan sampai kondisi finansial menjadi penghambat bagi kamu untuk memperoleh pendidikan ya, Squad. Kamu bisa mencari beasiswa atau bekerja paruh waktu untuk mencukupi semua kebutuhan biaya tersebut.

4. Kesiapan mental

kuliah di indonesia atau luar negeri

Squad harus mulai hidup mandiri dan siap mengurus diri sendiri ketika masuk di perguruan tinggi (Sumber: understood.org)

Memasuki perguruan tinggi, Squad diharapkan bisa mulai hidup mandiri. Entah akan kuliah di Indonesia atau luar negeri, kamu memiliki kemungkinan untuk tinggal sendiri lho, mungkin di asrama atau indekos. Nah, apakah kamu sudah siap tinggal dan mengurus diri sendiri, juga jauh dari orang tua? Sebab, kalau Squad tidak siap, kamu mungkin bisa pusing melihat kamar yang berantakan.

Squad, kuliah di Indonesia maupun di luar negeri sama baiknya. Setiap pembelajaran akan menghasilkan manfaat yang berguna bagi masa depan kamu, ‘kan? Pilihan terbaik adalah pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan demikian, pertimbangkan dengan baik ya kebutuhan dan keinginan kamu.

Nah, bagi kamu yang memutuskan untuk berkuliah di luar negeri, kamu bisa lho mempersiapkan diri dengan ruangles untuk mengikuti les IELTS atau TOEFL. Squad bisa mencari guru privat di aplikasi ini, guru akan langsung datang ke rumah kamu, lalu kamu pun bisa fokus belajar. Yuk, daftar sekarang!

ruangles

Beri Komentar