Matematika Kelas 12 | Statistika Deskriptif di Olimpiade Lari 100 Meter

Matematika_12

Kemenangan Lalu Muhammad Zohri dalam olimpiade lari 100 meter bisa kita bahas lho melalaui statistika deskirptif dalam matematika.

--

Eh sudah tau kan ada atlet Indonesia yang berhasil jadi juara dunia? Yap, Lalu Muhammad Zohri memenangkan Kejuaraan Dunia Atletik U-20 untuk 100 meter putra di Tempere, Finlandia pada 11 Juli 2018! Keren kan Squad? Apalagi Zohri juga ada dalam peringkat atas daftar pelari 100 meter tercepat di Asia dengan waktu 10,18 detik. Perlu latihan keras untuk sampai di posisi itu. Tapi tahu tidak, lari 100 meter sudah lama jadi ranah yang diteliti para ahli lho. Para ahli mencari faktor-faktor apa yang menyebabkan manusia berlari secepat itu dan bagaimana meningkatkannya.

zohri berfoto setelah memanangkan olimpiade lari 100 m

Zohri berfoto bersama pelari Amerika Serikat setelah memenangkan kejuaraan dunia (sumber : antaranews.id)

Btw, banyak pendekatan untuk meneliti proses berlari 100 meter. Salah satunya melalui statistika. Mengapa? Tiap pelari bisa menorehkan waktu berbeda setiap ia berlari. Kadang ia dalam keadaan terbaiknya kadang tidak. Statistika membantu memperoleh gambaran umum dari beberapa kali percobaan berlari itu. Pada suatu penelitian mungkin juga hanya beberapa pelari yang diteliti. Statistika menentukan apakah beberapa pelari yang dipilih bisa menggambarkan kemampuan seluruh pelari.

Salah satu konsep dalam statistika yang sangat berguna adalah statistika deskriptif. Apa sih statistika deskriptif? Mengapa statistika deskriptif sangat penting ya?

Statistika deskriptif itu metode untuk menggambarkan gimana sih keadaan sampel penelitian kamu. Misal sampel kamu adalah pelari dan kamu mau meneliti kecepatan para pelari itu. Dengan statistika deskriptif, kamu akan tau nih berapa kecepatan pelari tercepat, terlambat, dan mayoritas para pelari berlari di kecepatan berapa. Kamu juga bisa tahu bila ada seorang pelari yang terlalu cepat melampaui pelari-pelari biasanya. Bahkan kamu juga bisa mengelompokkan mana saja pelari yang berpotensi dan mana yang tidak. Serba guna kan?

Apa saja sih yang diteliti dalam metode statistika deskriptif? Banyak Squad. Ada rata-rata, median, variansi, standar deviasi, kuantil, dll.

Buat tahu lebih lengkapnya kamu bisa baca di pengenalan istilah statistik data tunggal dalam matematika. Nantinya semua hal yang dicari di statistika deskriptif ini dikumpulkan dan ditampilkan bersama dengan grafik data-data sampel yang didapat.

mencari statistik deskriptif dengan mudah

Baca juga: Kejadian Majemuk dalam Teori Peluang Matematika 

Tentu saja dong statistika deskriptif ngga cuma dicari saja. Hal-hal yang dicari dalam statistika deskriptif ini dipakai lebih lanjut dalam proses inferensi statistika. Inferensi statistika adalah proses untuk mengambil kesimpulan dari statistika deskriptif. Kedua proses statistika ini bisa digunakan untuk merancang strategi berlari 100 m yang tepat, pola latihan yang efektif, keadaan pesaing, dan banyak lagi.

Keren kan? Memenangkan kejuaraan, selain dibutuhkan latihan gila-gilaan, juga pastinya pengetahuan dan strategi. Kalau kamu sudah paham tentang statistika deskriptif, mau jadi seperti Zohri bakal lebih mudah deh hehe. Semangat Squad!

penelitian kelebihan usain bolt dalam lari 100 m

Kalau mau tahu lebih lanjut, daftar aja di ruangbelajar. Di sana banyak banget video pembahasan materi yang lebih mendalam dan soal-soal latihan. Tunggu apa lagi Squad? Ayo daftar sekarang!

ruangbelajar

Beri Komentar