Mengenal Hukum 3 Newton: Aksi = Reaksi

Seno Aji Jun 5, 2018 • 4 min read


Fisika_10

Squad, kamu tahu nggak kalau dalam ilmu fisika, Newton itu memiliki 3 hukum. Ke tiga hukumnya membicarakan tentang gaya dan gerak. Nah, pada artikel ini kita akan membahas hukum 3 Newton yang membicarakan tentang aksi dan reaksi. Kenapa kita harus memelajarinya? Karena hukum 3 Newton ini sangat berpengaruh dan sering kita temui di kehidupan kita sehari-hari. Seperti apa itu hukum 3 Newton? Yuk perhatikan baik-baik penjelasannya.

Dalam hukum 2 dan hukum 1 Newton, dijelaskan bahwa jika sebuah benda diberi gaya maka benda tersebut akan berpindah tempat. Semakin besar gaya yang diberikan, akan menetukan seberapa jauh benda bergerak dan benda akan berusaha memepertahankan posisinya. Benda yang diam akan tetap diam, dan yang bergerak lurus beraturan akan bergerak lurus beraturan.

Maka hukum ke 3 Newton ini berbunyi:

"Gaya aksi dan reaksi dari dua benda memiliki besar yang sama, dengan arah terbalik, dan segaris. Artinya jika ada benda A yang memberi gaya sebesar F pada benda B, maka benda B akan memberi gaya sebesar –F kepada benda A. F dan –F memiliki besar yang sama namun arahnya berbeda. Hukum ini juga terkenal sebagai hukum aksi-reaksi, dengan F disebut sebagai aksi dan –F adalah reaksinya."

Jadi, hukum 3 Newton menjelaskan bahwa jika suatu benda mendapatkan sebuah gaya, maka benda tersebut akan mengirimkan gaya yang berlawanan arah dengan kekuatan yang sama besar kepada sumber gaya tersebut. Jika disederhanakan maka hukum 3 ini mempunyai syarat sebagai berikut: besar gayanya sama, arahnya berlawanan, dan bekerja pada benda yang berbeda.

Maka dapat disimpulkan rumus hukum 3 Newton ini adalah

Hukum 3 Newton

Nah sebenarnya hukum 3 newton ini sering kita lihat dan alami pada kehidupan sehari-hari lho, ini contohnya.

1. Putaran Ban Mobil

Pada saat kita menjalankan mobil, maka ban mobil akan berputar berlawanan arah dengan gerak mobil. Dimana gerak ban mobil adalah F(aksi) dan arah gerakan mobil adalah F(reaksi).

pengaruh aksi dan reaksi pada ban Dorongan ke belakang oleh ban, menghasilkan gaya reaksi maju untuk mobil. (sumber: giphy.com)

Contohnya seperti gambar di atas, dapat dilihat bahwa ban yang berputar secara perlahan searah jarum jam, membuat sebuah tenaga dorongan ke belakang hingga dapat melajukan mobil.

2. Gerak Hentakan pada Pistol

Jika kamu adalah seorang  pemain game bergenre tembak-tembakan, maka kamu akan memahami bahwa setiap kali sebuah senjata ditembakkan, maka akan ada gaya sentak yang dihasilkan oleh peluru yang ditembakkan.

pengaruh hukum 3 newton pada pistolHentakan pada pistol (Sumber: giphy.com)

Hal tersebut adalah bukti lain dari hukum 3 Newton. Ketika kita menembak, mesiu akan meledak dan mengirim energi ke depan untuk menembakkan peluru. Sentakan senjata/recoil senjata yang dirasakan oleh penembak adalah gaya reaksi yang dihasilkan oleh peluru tersebut, bisa kamu lihat pada gif di atas.

Sebelum penutupan, ada baiknya kamu perhatikan soal berikut ini, biar nanti tambah paham gitu deh.

Tama memiliki massa sebesar 40 kg, kemudian Tama mendorong tembok dengan gaya 200 N. Maka, gaya reaksi yang dilakukan oleh tembok terhadap Tama adalah sebesar?

A. 200 N

B.-200 N

C. 400 N

D.-400 N

E. 100 N

Diketahui : m           = 40 kg

                       F(aksi) = 200N(+)

Ditanya    : F(reaksi) ?

Jawaban : B

F(aksi)      =     -F(reaksi)

200            =     -F(reaksi)

F(reaksi) =      -200N

Nah itu tadi adalah penjelasan tentang gaya 3 hukum Newton Squad. Untuk melatih kemampuan dan pemahaman kamu tentang hukum newton, kamu bisa mencoba mengerjakan soal-soal yang tersedia di ruangbelajar. Selain Fisika, di sana kamu juga bisa menemukan ribuan soal dari berbagai mata pelajaran yang tentunya menantang dan seru untuk dikerjain, yuk coba Squad!

New Call-to-action

Beri Komentar