Mengenal Kalimat Present Conditional

Mengenal Kalimat Present Conditional

Halo Squad! Setelah sebelumnya mempelajari tentang Future Conditional, sekarang saatnya kita belajar tentang Present Conditional. Kamu penasaran nggak, apa bedanya Future Conditional dan Present Conditional? Present Conditional disebut juga dengan If Clause Type 2. Kamu bisa menggunakan Present Conditional jika kamu ingin mengungkapkan kemungkinan yang bisa terjadi di masa sekarang, tapi ternyata tidak terjadi. Sekarang kita coba mengenal kalimat Future Conditional, ya! 

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, kira-kira contoh kalimatnya seperti apa, ya? Salah satu contoh kalimatnya adalah If John knew where to buy the eggs, John would buy the eggs now. Dalam kalimat ini, penulis menunjukkan sesuatu yang diandaikan telah diketahui ketika hal tersebut dibicarakan. Padahal pada kenyataannya, dia tidak mengetahui di mana dia harus membeli telur tersebut, oleh karena itu, dia tidak membeli telur. Lalu, kalimat yang menggambarkan kenyataannya seperti apa, dong? Kenyataannya adalah John doesn't know where to buy the eggs so that he doesn't buy the eggs. Mungkin ada yang bisa membantu John membeli telur? Eits, sebelum memberi informasi di mana John harus membeli telur, simak rumus untuk membuat kalimat dengan Present Conditional

Mengenal Kalimat Present Conditional

Jangan lupa, ya, apapun subjeknya, saat menyatakan kata benda atau kata sifat yang dimiliki sang subjek, kita harus menggunakan to be dalam bentuk were. Misalnya I were, she were, he were, dan lain-lain. Hmm... bagaimana contoh kalimatnya, ya? Contoh kalimatnya adalah If I were at home now, I wouldn’t get wet due to heavy rain. Kira-kira, subjek pada kalimat tersebut sedang berada di luar rumah dan kehujanan nggak, ya? Yap! Betul banget, kalimat yang menyatakan kondisi sebenarnya adalah I am not at home now so that I get wet due to heavy rain. Jadi, pada kenyataannya, subjek pada kalimat tersebut sedang kehujanan, nih. 

Mengenal Kalimat Present Conditional

Baca Juga: Mengenal Kalimat Future Conditional

Tidak sulit kan, Squad? Sekarang coba bikin kalimatmu sendiri dengan menggunakan Present Conditional, ya! Jangan lupa cantumkan kalimatmu di kolom komentar ya. Supaya makin jago, yuk belajar pakai ruangbelajar sekarang. Kapan lagi bisa nonton video belajar di mana saja kapan saja? Download sekarang dan siap-siap jadi juara, ya! 

ruangbelajar

Beri Komentar