Matematika Kelas 12 | Menghitung Rente Pranumerando

Matematika Kelas 12 : Menghitung Rente Pranumerando

RG Squad, kalian tahu kan saat ini terdapat banyak beasiswa untuk siswa bahkan mahasiswa? Nah, penerimaan total beasiswa ini bisa dihitung dengan menggunakan rente. Rente adalah pembayaran atau penerimaan sejumlah uang yang tetap besarnya pada setiap jangka waktu tertentu misalnya setiap bulan, setiap semester, dan lain-lain. Terdapat dua macam rente, yaitu rente pranumerando dan rente postnumerando. Dalam artikel kali ini, kita akan bahas cara menghitung rente pranumerando ya.

Rente pranumerando merupakan pembayaran atau penerimaan sejumlah uang dilakukan pada setiap awal tahun atau awal bulan.

  • Nilai Akhir Rente Pranumerando

Definisi:

Rente yang dibayarkan di awal periode, sehingga angsuran terakhir sudah mengalami pembungaan satu periode. Angsurannya tiap awal, namun yang ditanya nilai akhir.

rumus nilai akhir pranumerando

Contoh:

Setiap awal bulan Ayah menyimpan uang di bank sebesar Rp 500.000,00. Jika bank memberikan bunga 4%/bulan dengan pembungaan di tiap awal bulan, tentukan uang Ayah setelah menabung 17 bulan!

Jawab:

a = 500.000

i = 4% = 0,04/bulan

n = 17

Capture-9.png

Uang Ayah setelah 17 bulan adalah Rp 12.311.000,00

 

  • Nilai Tunai Rente Pranumerando

Definisi:

Jumlah semua nilai tunai angsuran yang dihitung pada awal masa bunga yang pertama. Angsurannya tiap awal, yang ditanya nilai tunai.

rumus nilai tunai rente pranumerando

Contoh:

Raisa mendapatkan beasiswa dari pemerintah yang dibayarkan setiap awal bulan sebesar Rp 350.000,00 selama 3 tahun. Jika beasiswa diberikan sekaligus di awal bulan pertama dengan bunga 1,5%/bulan, tentukan total beasiswa yang diterima Raisa.

Jawab:

a = 350.000

i = 1,5% = 0,015

n = 3 tahun = 36 bulan

Capture-10.png

Total beasiswa yang diterima Raisa adalah Rp 9.828.583,00

Nah, RG Squad  tadi sudah belajar tentang menghitung rente pranumerando. Selanjutnya, kalian bisa mempelajari tentang menghitung rente postnumerando. 

Kalau kalian masih bingung, yuk gabung di ruangbelajar ruangguru! Di sana kalian bisa belajar dengan video animasi pembelajaran yang seru lho.

ruangbelajar

Beri Komentar