Pengertian dan Rumus-rumus Limas

Matematika_8

Halo Squad, kamu tahu nggak ada sebuah negara di benua Afrika yang mendapat julukan sebagai “Negeri Piramida”? Coba tebak negara apakah tersebut?

Yups, betul sekali, Mesir. Mesir merupakan negara dengan bangunan piramida kuno terbanyak di dunia. Di Mesir, piraminda digunakan sebagai makam-makam raja Mesir Kuno lho, Squad. Menariknya, para insinyur yang merencakan membangun piramida, melakukan penghitungan jarak piramida dengan matahari. Kenapa? Matahari, dalam kehidupan masyarakat Mesir Kuno menjadi salah satu hal yang penting. Oleh karena itu, para ilmuwan modern pun mengakui kehebatan insinyur yang merancang piramida pada saat itu.

rumus-rumus limas

(sumber: giphy.com)

Lalu, apakah ada hubungannya piramida di Mesir dengan artikel kali ini?

Tentu jelas ada dong. Kalau kamu perhatikan baik-baik, piramida tersebut merupakan bentuk dari bangun ruang sisi datar. Apakah nama dari bangun ruang sisi datar tersebut?

Coba perhatikan piramida berikut!

piramida mesir - rumus limas

Piramida Mesir (sumber: pixabay.com)

Sekarang, coba perhatikan 3 gambar berikut dan coba tebak kira-kira piramida masuk ke bangun ruang yang mana ya?

macam-macam limas

Salah satunya seperti piramida, yang mana hayoo? (sumber: berpindidikan.com)

Piramida di Mesir itu mirip seperti bangun ruang (b). Kamu tahu nggak kalau ketiga bangun ruang tersebut memiliki nama yang hampir sama? Yups, ketiga bangun ruang tersebut dinamakan dengan limas. Bangun (a) disebut dengan limas segitiga. Bangun (b) disebut dengan limas segiempat, serta bangun (c) disebut dengan limas segilima.

Apa itu limas?

Limas merupakan bangun ruang yang alasnya berbentuk segibanyak (segitiga, segiempat, segilima, dan lain-lain). Pada limas, bidang sisi tegaknya berbentuk segitiga yang berpotongan pada satu titik.

Baca Juga: Pengertian, Sifat, dan Rumus Kubus

Maksudnya begini Squad, limas itu bentuk alasnya-lah yang menentukan penamaannya. Misanya seperti ini.

Nah, limas itu juga bisa dihitung volume dan luas permukannya juga lho Squad. Selain itu, juga bisa kamu cari tahu banyak titik sudut, banyak rusuk, dan banyak sisinya. Dalam mencari kesemua hal tersebut, kamu harus tahu nih rumus-rumusnya. Seperti apa ya rumus-dalam limas?

rumus-rumus limas

Gimana Squad? Kalian masih bingung belajar tentang limas? Nggak perlu khawatir, kamu bisa kok panggil guru privat matematika ke rumah kamu. Di ruangles ada banyak guru privat yang berpengalaman lho. Kamu bisa pilih guru sesuai dengan yang kamu mau. Yuk, daftar sekarang juga!

ruangles

Beri Komentar