Sejarah Kelas 12 | Perjalanan Politik Apartheid di Afrika Selatan

politik apartheid - header

Pada artikel sejarah kelas XII ini akan membahas tentang perjalanan politik Apartheid yang ada di Afrika Selatan.

---

Sebagai umat manusia yang hidup berdampingan di muka bumi, sudah menjadi kewajiban untuk menjaga rasa persatuan dan saling menghargai. Jangan pernah memandang seseorang dari suku, ras, agama, warna kulit, hingga bentuk fisiknya. Kamu tahu nggak bahwa dulu di Afrika Selatan ada sebuah politik perbedaan warna kulit?

Sebelum masuk ke cerita perjalanan politik tersebut, kita cari tahu dulu nih, apa sih Apartheid itu? Coba kamu lihat foto tim nasional sepakbola Afrika Selatan di bawah ini.

politik apartheid - tim nasional afrika selatan

Yups. Warna kulit. Kamu jangan salah sangka lho, di Afrika Selatan itu banyak warga negaranya yang memiliki warna kulit putih. Padahal, negara di benua Afrika itu identik dengan warna kulit hitam. 

Lain halnya dengan Afrika Selatan, Squad. Sejak dihapuskan politik Apartheid, warna kulit sudah tidak menjadi permasalahan lagi. Artinya, politik Apartheid itu politik perbedaan warna kulit. Gimana sih awal perjalanan politik tersebut muncul?

Baca Juga: Konflik Timur Tengah: Perang Irak dan Iran

Awalnya tuh di tahun 1652, bangsa Boer (Belanda) mulai menjajah Afrika Selatan dan menguasai sumber daya alamnya. Keberadaan Boer ini terganggu dengan kedatangan Inggris yang memiliki tujuan yang sama. Terjadilah Perang Boer di tahun 1899-1902, dan saat itu dimenangkan oleh Inggris dan mendirikan sebuah negara dominion (negara khusus dengan ketatanegaraan Inggris), yaitu Union of South Africa.

politik apartheid - baden powell

Suku asli yang mendiami Afrika Selatan yakni Suku Bantu, mendapat perlakuan buruk dari Inggris. Melalui Perdana Menteri Daniel Francois Malan, rasialisme terhadap orang berkulit hitam dilegalkan.

Nah, pelegalan inilah yang disebut dengan Politik Apartheid. Alasan pemberlakuan politik ini karena orang kulit putih merupakan bangsa Superior (master race). Hmmm sombong sekali ya Squad?

Orang kulit hitam tidak tinggal diam nih Squad. Mereka memberikan perlawanan dengan membentuk organisasi modern yakni African National Congress (ANC). ANC adalah partai politik yang dibentuk untuk mengalahkan dominasi politik kulit putih pada tahun 1952 di bawah pimpinan Nelson Mandela.

Tahun 1955, ANC membentuk koalisi gabungan kulit berwarna (kulit kuning) dengan tujuan menggandeng oposisi lain supaya lebih kuat. Koalisi tersebut berhasil mencanangkan freedom charter yang kemudian menjadi program perjuangan ANC berikutnya.

politik apartheid - nelson mandela

Di tahun 1970, dunia internasional berhasil menekan pemerintah baru di bawah pimpinan Perdana Menteri Pieter Willem Botha yang akhirnya melakukan beberapa reformasi dalam politik dan undang-undang.

Sayangnya, Botha tidak menghapuskan secara keseluruhan Undang-Undang Apertheid sehingga keadaan semakin kacau. Keadaan inilah yang diwariskan kepada presiden berikutnya Ferdinand Willem de Klerk yang dipilih pada tahun 1989.

Setahun setelah pengankatan De Klerk sebagai presiden, perang dingin yang berakhir akan berdampak bagi Afrika Selatan. De Klerk segera membebaskan Nelson Mandela dan menghapuskan beberapa undang-undang tentang Apartheid. Undang-undang yang dihapuskan oleh De Klerk di Sidang Parlemen pada 21 Februari 1991 seperti berikut ini:

  1. Land act, yaitu undang-undang yang melarang orang kulit hitam memiliki tanah di luar wilayah tempat tinggal yang ditentukan.
  2. Group Areas Act, yaitu undang-undang yang mengatur pemisahan tempat tinggal orang-orang kulit putih dan kulit hitam.
  3. Population Registration Act, yaitu undang-undang yang mewajibkan semua orang kulit hitam untuk mendaftarkan diri menurut kelompok dan sukunya masing-masing.

Pada tahun 1994, diadakan pemilu antirasial pertama dan hasilnya Nelson Mandela serta ANC keluar sebagai pemenang. Kemudian, pada tanggal 10 Mei 1994, Nelson Mandela ditetapkan sebagai presiden kulit hitam pertama Afrika. Atas usahanya, Nelson Mandela dianugerahkan Nobel Perdamaian tahun 1994.

politik apartheid - infografis

Gimana nih Squad, seru nggak perjalanan Politik Apartheid di Afrika Selatan? Hmmmm penuh lika-liku ya? Mau belajar sejarah sambil berdiskusi dengan teman-teman di seluruh Indonesia? Coba gabung di ruangguru digitalbootcamp yuk. Kamu bisa tanya jawab juga dengan kakak tutor yang berpengalaman lho.

 New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts