Mau Masuk UI? Perhatikan Dulu Standar Biaya Kost di Sekitar Kampus

Hai, RG Squad! Selain kampus dan jurusan, untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, salah satu pertimbangannya adalah biaya kost terutama bagi siswa yang ingin merantau. Banyak murid dari luar daerah berpikir dua kali untuk kuliah di Universitas Indonesia (UI) karena letaknya yang berada di pinggiran ibu kota dan memengaruhi biaya hidup di sana. Hm, sebenarnya berapa ya standar biaya hidup anak kost di sekitaran UI?

Universitas Indonesia (UI) yang terletak di Depok, Jawa Barat ini memiliki luas sekitar 320 hektar. Di UI, terdapat 14 fakultas dan satu program D3 yaitu vokasi. Setiap fakultas memiliki warna makaranya masing-masing, Squad. Seperti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang berwarna jingga atau Fakultas Farmasi (FF) yang berwarna biru-hijau. Sebelum membahas pengeluaran sehari-hari, yuk mengenali terlebih dulu daerah kost-an yang ada di UI!

biaya kostMakara Fakultas Farmasi UI (Sumber: acakadul.wordpress.com)

1. Barel

Barel merupakan singkatan dari belakang rel. Tempat ini memang berada persis di belakang rel stasiun UI, Squad. Biasanya, daerah ini dihuni oleh mahasiswa yang berasal dari FH, FPsi, FISIP, Fasilkom, dan FIB. Karena lokasinya yang strategis, biaya kost di daerah ini pun bermacam-macam mulai dari Rp600.000 – Rp2.500.000 sesuai dengan fasilitas yang diberikan oleh masing-masing kost.

2. Kober

Jika Barel berada di dekat stasiun, maka Kober berada di jalan Margonda tepat di seberang Barel. Harga yang dipatok di Kober lebih murah dibandingkan dengan daerah kost-an UI lainnya, yaitu sekitar Rp350.000 – Rp1.500.000. Hal ini karena akses untuk ke sana juga lumayan jauh. Kamu harus menyeberang jalan raya terlebih dahulu jika ingin ke kampus.

3. Kutek

Kutek atau Kukusan Teknik ini familiar oleh mahasiswa yang berasal dari FT, FEB, FIB, dan FISIP. Tapi tidak menutup kemungkinan mahasiswa dari fakultas lain juga nge-kost di daerah ini, ya. Biaya kost di daerah Kutek mulai dari Rp450.000 – Rp1.700.000 per bulan.

4. Kukel

Kukel atau Kukusan Kelurahan masih satu daerah dengan Kutek, Squad. Namun, memang masih agak jauh ya jika kamu jalan dari Kutek ke Kukel ataupun sebaliknya. Kukel ini berada tepat di belakang Vokasi, dan tentu saja penghuni Kukel adalah mereka yang berasal dari Vokasi ataupun fakultas di sekitarnya seperti FMIPA dan FT. Harga kost-an di Kukel tidak berbeda jauh dengan yang di Kutek, kok.

5. Pocin

Jika ingin ke UI naik Commuter Line (KRL), ada dua stasiun yang bisa menjadi pemberhentian kamu, Squad, yaitu stasiun UI dan stasiun Pondok Cina atau Pocin. Yap, di daerah Pocin ini juga banyak kost-an mulai dari Rp450.000 – Rp2.500.000 per bulan. Biasanya mahasiswa dari fakultas saintek nge-kost di daerah Pocin karena memang letak fakultas mereka yang lebih dekat dengan Pondok Cina.

Selain kelima daerah kost tersebut, di UI juga ada asrama yang bisa ditempati oleh mahasiswa baru, lho. Dengan harga Rp200.000 – Rp400.000 kamu sudah bisa menikmati fasilitas asrama seperti kantin, ATM, musala, Wi-Fi, dan lain-lain. Di samping itu, jika kamu ingin mencari tempat tinggal dengan fasilitas lengkap dan mewah, ada juga apartemen di daerah UI seperti Grand Taman Melati Margonda dan Margonda Residence yang harga sewanya bisa mencapai Rp3.500.000 per bulan.

biaya kost

Asrama Universitas Indonesia (Sumber: jurnalpopuler.blogspot.com)

Sebagai anak kost-an, tentu bukan hanya harga kost saja yang harus diperhitungkan, ya Squad. Harga makanan dan keperluan lainnya juga perlu diperhatikan, nih. Sebenarnya, harga makanan di sekitaran UI tidak terlalu mahal, kok. Dalam sehari, cukup Rp30.000 atau bahkan kurang kamu sudah bisa sarapan, makan siang, dan makan malam. Kuncinya hanya satu, yaitu hemat. Sebagai alternatifnya, kamu bisa bawa air mineral ke kampus atau masak nasi sendiri di kost.

Sedangkan, untuk keperluan lain seperti sabun, dalam sebulan bisa menghabiskan rata-rata Rp200.000 – Rp300.000. Jika ditotal, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp1.100.000 untuk makan dan keperluan lain ditambah dengan harga kost yang sesuai dengan pilihan kamu. Perbedaan biaya kost di sekitaran UI ditentukan oleh fasilitas yang diberikan seperti kamar mandi, AC, balkon, serta letaknya yang berdekatan dengan kampus. Untuk kasarnya, kamu bisa kok bertahan hidup di UI hanya dengan Rp1.500.000 – Rp2.000.000 per bulan.

biaya kostTempat kost (Sumber: fjb.m.kaskus.co.id)

Nah, agar impian kamu tercapai untuk berkuliah di kampus ternama seperti UI, kamu bisa lho menggunakan ruanglesonline yang akan membantumu menjawab pertanyaan tentang materi sekolah. Cukup dengan Rp20.000 kamu bisa membuat #BelajarJadiPraktis dan segala pertanyaan kamu akan terjawab dalam waktu singkat. Yuk, unggah foto soalmu dan dapatkan jawabannya!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts