Tahapan Registrasi Akun LTMPT untuk UTBK SBMPTN 2020

Shabrina Alfari Feb 17, 2020 • 3 min read


registrasi akun ltmpt untuk utbk sbmptn 2020

Artikel ini memberikan informasi terkait registrasi akun LTMPT untuk UTBK SBMPTN 2020

--

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba. Proses pendaftaran UTBK 2020 akan segera dibuka. Sejak tahun 2019 lalu, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 saja atau hasil UTBK ditambah dengan kriteria lain yang ditetapkan bersama PTN. Untuk itu, kamu yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui SBMPTN harus mengikuti UTBK terlebih dahulu.

Di tahun 2020 ini, ada perubahan baru yang dibuat oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN harus memiliki akun di LTMPT. Registrasi akun LTMPT dilakukan melalui laman http://portal.ltmpt.ac.id/.

Untuk proses registrasi akun LTMPT tahap ke-2 untuk UTBK SBMPTN  2020 dimulai pada 17 Februari (pukul 14.00) hingga 5 April 2020 (pukul 22.00). Mau tahu bagaimana tahapan dan ketentuan pendaftarannya? Simak terus!

Baca juga: 6 Perubahan UTBK 2020 yang Nggak Boleh Kamu Lewati

SK_-_Pendaftaran_Akun_LTMPT_untuk_UTBK_2020-03

Alur Registrasi Akun LTMPT

  1. Buka laman http://portal.ltmpt.ac.id/
  2. Pilih menu “Siswa”
  3. Masukkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan tanggal lahir, terkan tombol “Selanjutnya”
  4. Masukkan email aktif dan password, lalu klik tombol “Daftar”
  5. Buka inbox/spam email untuk melakukan aktivasi akun
  6. Setelah akun aktif, kamu bisa login ke laman http://portal.ltmpt.ac.id untuk melanjutkan verifikasi data diri

Ketentuan Registrasi Akun LTMPT Tahap 2 untuk UTBK SBMPTN 2020

  1. Registrasi Akun menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal.ltmpt.ac.id
  2. Siswa SMA/MA/SMK termasuk Peserta Paket C dan Sekolah Republik Indonesia (SRI) di Luar Negeri yang akan lulus di tahun 2020
  3. Siswa SMA/MA/SMK termasuk Peserta Paket C dan Sekolah Luar Negeri Non-SRI, lulusan tahun 2018 dan 2019.
  4. Siswa yang belum memiliki akun LTMPT tahun 2020.
  5. Siswa yang sudah memiliki akun tetapi belum melakukan simpan permanen saat Registrasi Akun Tahap ke-1, pada 2 Desember 2019 sampai 10 Januari 2020.
  6. Siswa lulusan Sekolah Luar Negeri Non-SRI haru memiliki Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Kemdikbud.
  7. Data siswa lulusan Sekolah Luar Negeri Non-SRI harus sudah tercatat di Pusat Data dan Stastistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemdikbud.

Data yang perlu disiapkan untuk pendaftaran SNMPTN 2020 adalah NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Siswa Nasional), tanggal lahir, pas foto berwarna, dan email aktif.

Bagi kamu yang mengalami kendala teknis saat melakukan Registrasi Akun LTMPT tahap ke-2 ini dapat menghubungi layanan Call Center 0804-1450-450 atau https://halo.ltmpt.ac.id.

Nah bagi kamu yang ingin mengikuti UTBK 2020, jangan sampai lupa untuk melakukan registrasi akun LTMPT ya. Sebab, nilai UTBK nantinya akan digunakan sebagai syarat utama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2020 melalui jalur seleksi SBMPTN 2020. Tak hanya menjadi syarat masuk PTN, nilai UTBK juga digunakan oleh sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) untuk menyeleksi calon mahasiswa.

So, kamu nggak boleh main-main lagi dan harus lebih serius dalam mempersiapkan diri. Ayo, terus semangat belajar melalui video beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis di ruangbelajar.

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar