Yuk, Kenal Lebih Dalam dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat

Andrea Lidwina

Feb 1, 2019 • 3 min read

Siap kuliah


kenal FKM

Artikel ini membahas tentang ilmu yang dipelajari di Fakultas Kesehatan Masyarakat dan peluang kerja setelah lulus dari fakultas tersebut

--

Squad, dunia kesehatan tidak hanya terbatas pada Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Keperawatan. Ada satu lagi nih fakultas yang berkecimpung di dunia kesehatan dengan prospek kerja yang luas dan menarik, yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Fakultas ini mempelajari ilmu tentang pencegahan penyakit, peningkatan harapan hidup masyarakat, dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dengan cara pengorganisasian masyarakat. Jadi, kamu tidak semata-mata mempelajari ilmu medis, tetapi juga ilmu sosial.

Di Indonesia, FKM yang berdiri sebagai fakultas sendiri ada di beberapa perguruan tinggi negeri, seperti Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga, dan Universitas Hasanuddin (UNHAS). Sementara di perguruan tinggi negeri lainnya, fakultas ini masih bergabung sebagai jurusan di bawah Fakultas Kedokteran.

kenal FKM

Mahasiswa-mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Indonesia (Sumber: anakui.com)

Nah, kalau FKM berdiri sebagai fakultas sendiri, ada beberapa jurusan yang bisa Squad pilih. “Kalau di UI, ada empat jurusan. Pertama, ada Kesehatan Masyarakat, lalu Gizi, Kesehatan Lingkungan, dan Kesehatan Kerja,” kata Kak Permata Silitonga, atau biasa dipanggil Kak Tata, mahasiswa FKM UI angkatan 2015. Setiap jurusan pun memiliki peluang kerja di berbagai bidang dan lembaga. Misalnya, bekerja di Kementerian Kesehatan, mengatur manajemen rumah sakit, menjadi konsultan gizi di perusahaan swasta, atau bekerja di bagian Occupational Health and Safety Community (OHSC) di perusahaan multinasional.

Namun, meskipun peluang kerjanya sangat besar, FKM belum begitu dikenal. Sebagian besar masyarakat mengira profesi yang terlibat dalam dunia kesehatan hanyalah dokter dan perawat, padahal masih banyak aspek di dunia tersebut yang bisa ditekuni di jurusan-jurusan FKM lho, Squad. Aspek-aspek ini memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan Fakultas Kedokteran. Menurut Kak Tata, ada empat aspek yang membedakannya.

1. Target sasaran pelayanan

Fakultas Kedokteran melayani orang yang sakit, sementara FKM memiliki target sasaran orang yang sehat.

2. Pendekatan

FKM melayani masyarakat secara komunal, mulai dari keluarga, komunitas, populasi, hingga seluruh dunia. Sedangkan, Fakultas Kedokteran mengobati pasiennya dengan pendekatan individu atau perorangan.

3. Fokus perhatian

Sebab FKM menyasar orang yang sehat, maka program-program yang dijalankan pun bersifat promotif (peningkatan) dan preventif (pencegahan). Lalu, FK yang melayani orang yang sakit memiliki program-program yang fokus ke arah kuratif (penyembuhan) dan rehabilitasi (pemulihan).

4. Pihak yang bekerja sama

Mahasiswa dari Fakultas Kedokteran nantinya akan banyak bekerja dengan perawat dan apoteker. Sementara itu, mahasiswa dari FKM akan bekerja sama dengan petugas medis dan orang-orang yang berkaitan dengan kebijakan (seperti pemerintah, tokoh masyarakat, dan stakeholders yang bisa memengaruhi keputusan masyarakat).

kenal fkm

Salah satu peluang kerja setelah lulus dari FKM adalah bekerja di bagian K3 atau OHSC di perusahaan multinasional (Sumber: katigaku.top)

Gimana, Squad? Kalau kamu memiliki kepedulian dan ingin berkontribusi terhadap perkembangan kesehatan masyarakat, atau bahkan masa depan Indonesia, berarti kamu cocok jadi mahasiswa FKM! Pasti seru ya Squad, bisa belajar banyak hal tentang kesehatan, sekaligus memahami masalah yang ada di masyarakat.

Terakhir, Kak Tata punya pesan nih untuk kamu yang akan memilih FKM di perguruan tinggi nanti, “Aku lebih menyarankan S1 di Indonesia dulu karena Indonesia memiliki banyak ladang penelitian untuk public health, mulai dari dukun beranak, penyakit tidak menular seperti obesitas, hingga penyakit menular seperti virus flu burung. Jadi, lahan eksperimennya sangat luas. Kuliah di Indonesia juga bikin kita tahu sistem kesehatan dan karakteristik masyarakat di negara sendiri seperti apa. Nah, baru nanti S2 bisa kuliah di luar negeri untuk meng-update ilmu yang sudah kita punya.”

Sambil menimbang-nimbang fakultas yang akan Squad pilih di perguruan tinggi nanti, kamu bisa memahami beragam materi pelajaran dengan ruangbelajar. Di aplikasi ini, kamu bisa mengakses video beranimasi, rangkuman, infografis, dan latihan soal. Yuk Squad, daftar sekarang!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts