Belajar Efektif lewat Ruangguru Adventure dan Fitur Lainnya

Rabia Edra Jul 18, 2019 • 3 min read


Belajar efektif dengan ruangguru adventure

“Aku senang deh karena sekarang belajar makin efektif lewat fitur Ruangguru Adventure, jadi buat penggemar game online seperti aku, nggak terasa seperti belajar ketika membuka aplikasinya,” ucap Rafli Persada Aryaputra, pengguna Ruangguru selama satu tahun terakhir. Siswa kelas lima di salah satu SD wilayah Bogor, Jawa Barat ini juga baru saja mendapat predikat sebagai juara umum di sekolah.

Rafli menambahkan, dengan adanya penambahan fitur Adventure, semakin menambah semangat belajarnya di rumah. Mengerjakan soal pun tak lagi memberatkan. Bahkan, terkadang ia lupa kalau sedang belajar. Sebab, video belajar beranimasi yang ditonton dan latihan soal yang dikerjakannya menghasilkan poin berupa XP dan gold. 

belajar efektif

Gunanya, poin XP agar dapat membantunya naik ke level selanjutnya. Sementara, poin gold dapat digunakan untuk membeli item-item menarik yang bisa memodifikasi avatar seperti gaya rambut, pakaian, dan lainnya. Besaran poin-poin tersebut disesuaikan dengan tingkat kesulitan latihan soal yang dikerjakan, bisa hingga 200 XP dan 200 gold, lho! Namun jika hanya menonton video, maka poin yang didapat sebesar 10.

“Ini seru banget buat refreshing setelah selesai belajar, aku menghitung jumlah poinku dan mengganti-ganti avatarnya supaya tampilannya jadi lebih menarik lagi,” ujar pemenang Babak Final Kompetensi USBN tingkat kelas 4-5 Bintang Pelajar Se-Jabodetabek, Bandung dan Semarang ini. Setelahnya, ia juga bisa melihat peringkat level belajarnya dan membandingkan dengan teman-teman di seluruh Indonesia melalui leaderboard

belajar efektif

Jika dirasa peringkat masih belum memuaskan, maka Rafli dapat mengerjakan fitur banksoal dan memilih salah satu mata pelajaran untuk skor poin yang lebih tinggi lagi. Misalnya, menyelesaikan salah satu paket (UTS, UAS, atau UN) pada materi Bahasa Inggris. Setelahnya, apabila ingin mengoptimalkan nilai maka dapat menggunakan fitur smart recommendation.      

Melalui fitur ini, Rafli akan mendapatkan rekomendasi materi yang dirasa perlu untuk dipelajari kembali. Ia dan orang tua jadi dapat menganalisis kekurangannya pada suatu materi. Sebab biasanya bagian ini yang paling sulit diketahui saat belajar, bukan? Materi-materi yang direkomendasikan oleh aplikasi Ruangguru berdasarkan pada hasil atau nilai setelah mengerjakan soal latihan yang tersedia. Kini, dengan bantuan smart recommendation, seperti memiliki mentor pribadi. Maka dengan begitu, ketika Rafli menjawab paket soal Bahasa Inggris selanjutnya, diharapkan nilainya lebih tinggi lagi dari sebelumnya.

belajar efektif

Nah, Rafli pun dapat membagikan pengalaman belajarnya di timeline dengan memperbarui status pada fitur social learning. Layaknya media sosial, di sini semua pengguna dapat saling follow dan melihat kegiatan belajar satu sama lain. Terakhir, sayang banget kalau ada kesempatan memenangkan hadiah tapi dibiarkan begitu saja. Bukan hanya buat Rafli, tapi semua pengguna Ruangguru juga bisa punya peluang, kok. Stay tuned terus di aplikasinya untuk dapatkan notifikasi Live Quiz

Hadiahnya nggak main-main, lho. Mulai dari pulsa Rp100.000, perlengkapan sekolah, diskon ruangbelajar sebesar 50%, smartphone, beasiswa sampai lulus, tiket gratis ke Universal Studio Singapura atau Disneyland Hongkong, dan Umroh! Kamu tinggal jawab pertanyaan di fitur ini, bermain sambil belajar plus raih hadiah, kapan lagi?

Jangan lupa untuk update aplikasi Ruangguru kamu sekarang, rasakan serunya berpetualang sambil belajar dengan puluhan ribu video belajar beranimasi dan latihan soal. Belajar dengan Ruangguru #PastiBisa.

ruangbelajar

Beri Komentar