Mau Bekerja di Industri Digital? Masuk 5 Jurusan Ini

Shabrina Alfari

May 27, 2019 • 4 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


industri digital

Artikel ini memberikan lima referensi jurusan untuk kamu yang ingin bekerja di industri digital

--

Squad, suka belanja online? Yap, beberapa tahun ini bidang digital memang sedang berkembang dengan sangat pesat. Bahkan, di Indonesia sendiri sudah ada tiga perusahaan berbasis digital yang mendapatkan gelar Unicorn. Semakin pesatnya perkembangan industri ini juga membuat peluang kerjanya semakin besar. Apalagi dikatakan banyak perusahaan industri digital di Indonesia atau luar negeri mengalami kesulitan dalam mendapatkan tenaga kerja yang sesuai karena terbatasnya tenaga ahli.

Nah dalam riset iPrice, ada lima pekerjaan yang paling banyak membutuhkan tenaga ahli dalam industri digital, yaitu operation, marketing, engineering, support, dan business development. Tentu kamu mau dong menjadi tenaga ahli atau lulusan dari jurusan yang sesuai dengan lima bidang tadi? Yuk, masuk ke salah satu jurusan di bawah ini.

1. Ilmu Komputer

industri digitalIlmu Komputer (Sumber: behrend.psu.edu)

Jelas banget ‘kan Squad, industri berbasis digital menggunakan komputerisasi yang disusun dengan bahasa pemrograman. So, untuk kamu bisa ahli di bidang tersebut, jurusan yang paling pas untuk kamu adalah jurusan Ilmu Komputer. Melalui jurusan ini, kamu akan lebih memahami bahasa pemrograman yang akan menjadi modal berharga untuk menjalani karier di industri digital.

Lulusan dari Ilmu Komputer biasanya akan paling banyak diserap di bidang pekerjaan engineering dan operation. Pekerjaan mereka meliputi memastikan sistem yang ada bisa tetap bekerja, hingga menciptakan inovasi-inovasi baru untuk perusahaan. Salah satu posisi yang paling populer adalah web developer.

2. Bisnis

industri digitalBisnis (Sumber: smallbiztrends.com)

Walaupun berbasis digital, kamu juga tetap perlu ingat bahwa industri ini juga tetaplah sebuah bisnis. Ekosistem industri digital di Indonesia sendiri terdiri atas banyak perusahaan berkonsep bisnis yang nyaris serupa. Untuk itu, sebelum masuk ke industri ini nggak ada salahnya kamu belajar bisnis supaya lebih paham dengan seluk beluk bisnis digital.

Salah satu kemampuan yang bisa kamu terapkan adalah kemampuan dalam menganalisis pasar. Dengan ilmu yang kamu pelajari di jurusan Bisnis, kamu bisa menentukan target market serta mengembangkan strategi hingga produk yang mampu menarik konsumen di target tersebut. Prospek kerja yang menanti kamu antara lain konsultan bisnis atau business intelligence.

Baca juga: Squad, Yuk Cari Tahu tentang Jurusan Bisnis Digital!

3. Statistik

industri digitalStatistik (Sumber: careercast.com)

Di industri digital, data amat sangat bernilai dan diperlukan. Adanya data dan sistem pengolahan data yang baik akan menjadi informasi yang berguna untuk mengembangkan strategi bisnis dan operasional perusahaan karena memiliki prediksi yang presisi. Maka dari itu, program studi Statistika dan Matematika sangat dibutuhkan untuk menganalisis data perusahaan hingga menganalisis dinamika pasar digital.

4. Komunikasi

industri digitalContent Marketing (Sumber: scripted.com)

Selain keahlian komputer, industri digital juga membutuhkan keahlian dari keilmuan sosial seperti komunikasi untuk menggerakkan roda bisnis. Komunikasi akan menjadi keahlian yang berharga karena perusahaan membutuhkan medium untuk menyampaikan produknya kepada pasar. Beberapa prospek kerja dari bidang komunikasi antara lain content writer, content marketing, desainer grafis, dan lainnya.

5. Psikologi

industri digitalPsikologi (Sumber: jfcsmpls.org)

Apa hubungannya ya psikologi dan industri digital? Psst, ternyata psikologi punya peranan penting dalam mengembangkan bisnis, lho. Psikologi dibutuhkan untuk memahami tipe produk dan inovasi apa yang memang betul-betul dibutuhkan oleh pengguna. Koridor-koridor ilmu psikologi akan membantu dalam penerapan ide yang akan dieksekusi dalam perusahaan agar tepat guna karena memang berkaitan dengan user experience dari konsumen. Nah profesi yang membutuhkan aspek psikologi adalah categorization, product owner, hingga product quality.

Mau bekerja di industri digital? Perkembangannya yang pesat dan cepat memang sangat menjanjikan untuk kamu setelah lulus nanti Squad. Namun, untuk masuk ke industri ini kamu harus menjadi anak muda yang serba bisa dan penuh dengan inovasi. Yuk, terus perkaya dirimu dengan ilmu-ilmu atau skill baru bersama guru privat berkualitas di ruangles.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts