Tips Menjawab Soal TPS Pemahaman Bacaan UTBK 2020

Tips TPS UTBK

Artikel Blog Ruangguru kali ini akan menjelaskan beberapa tips untuk bisa menjawab soal TPS (Tes Potensi Skolastik) Pemahaman Bacaan di UTBK 2020. Apa saja tipsnya? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

---

Bagi kamu yang mau masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di tahun ini harus melewati TPS dalam UTBK nanti. TPS ini bukan Tempat Pemungutan Suara yang kemarin digunakan di pemilu ya. Kamu bisa membaca artikel tentang apa itu TPS di blog ini juga kok.

TPS sendiri punya 4 bagian subtes yang harus dilalui oleh para peserta. Nah, di artikel kali ini kita akan sama-sama mengulik tips dan trik untuk menjawab soal di salah satu subtes tersebut. Ya, kita akan bahas tentang pemahaman bacaan. Sama seperti jumlah subtes yang diujikan dalam TPS, tips menjawab soal di subtes pemahaman bacaan ini paling tidak ada 4. Apa saja itu?

1. Baca soal terlebih dahulu

Iya. Kalau mau jawab pertanyaan baca soalnya dulu dong. Masa jawabannya? Tapi, ada bedanya juga nih buat subtes pemahaman bacaan ini. Namanya kan pemahaman bacaan kan? Pastinya soal-soal yang ditanyakan ada hubungannya dengan sebuah bacaan, entah artikel atau potongan artikel beberapa paragraf gitu deh.

TPS Pemahaman Bacaan

Nah, kamu jangan membaca bacaannya dahulu. Baca dulu soal-soalnya. Kamu lihat apa yang ditanyakan di soal itu. Kenapa? Karena, umumnya nih soal-soal di subtes pemahaman bancaan itu hanya menanyakan bagian/paragraf ke berapa gitu dari bacaannya. Kalau misalnya nih, bacaannya itu ada 8 paragraf, butuh waktu berapa lama? Terus yang ditanyain ternyata informasi di paragraf ketiga aja. Buang-buang waktu kan?

2. Gunakan teknik membaca cepat untuk pertanyaan seputar judul

Semisalnya nih, pertanyaan di subtes pemahaman bacaan itu menanyakan seputar judul yang tepat untuk bacaan yang ditanyakan, maka kamu harus membaca teks secara cepat. Intinya tuh membaca dengan cara ini punya tujuan untuk mengetahui maksud dari keseluruhan isi teks. Dengan teknik membaca cepat ini kamu diharapkan bisa menyimpulkan isi teks dan kemudian ditentukan judul yang tepat untuk teks tersebut.

3. Membaca dengan cermat untuk paragraf yang ditanyakan

Oke, contohnya ada soal seperti ini

“Kata berimbuhan yang salah dalam paragraf 5 ialah…”

Nah, kalau ada pertanyannya spesifik menanyakan salah satu paragraf gitu, maka kamu hanya perlu fokus pada paragraf yang dimaksud. Intinya tuh kamu harus benar-benar cermat dengan apa yang ditanyakan pada soal dan cermat membaca dalam paragraf. Kalau seperti contoh di atas, yang ditanyakan imbuhan yang salah, ya berarti kamu harus cermat mencari kata berimbuhan yang salah dalam paragraf yang dimaksud.

4. Banyak belajar dari KBBI dan PUEBI

Nanti bisa aja ada pertanyaan muncul begini

“Kata menganalisa para paragraf ke dapat diganti dengan…”

Kalau beneran muncul itu gimana? Dan inilah yang namanya penalaran kebahasaan.

Di subtes TPS pemahaman bacaan itu ada bagian penalaran kebahasaan. Bagian ini menguji pengetahuan kamu tentang KBBI (Kamus Besar Bahasa Indoesia) dan juga PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Biar gampang diinget tuh, penalaran kebahasaan ini menguji seberapa akrab kamu dengan KBBI dan PUEBI gitu.

Rangkuman TIps TPS UTBK

Itu tadi beberapa tips untuk menjawab soal TPS pemahaman bacaan di UTBK 2020. Bagaimana? Mudah kan? Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu ya para pejuang PTN. Buat kamu para pejuang PTN, kamu bisa banget nih langganan paket khusus Ruangbelajar SBMPTN dari Ruangguru. Tentunya penjelasan tentang SBMPTN itu bakal dijelasin sama Master Teacher Ruangguru. Yuk dapatkan paket harga khususnya hanya di tps.ruangguru.com

TPS UTBK 2020

Beri Komentar