Pendaftaran SBMPTN 2019 Ditutup 24 Juni, Simak Update Terbarunya!

Shabrina Alfari

Jun 20, 2019 • 3 min read

sbmptn Siap kuliah


pendaftaran SBMPTN 2019

Artikel ini memberikan update terbaru terkait pendaftaran SBMPTN 2019 berdasarkan info resmi dari LTMPT

--

Squad, sudah mendaftar SBMPTN? Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih berlangsung hingga 24 Juni 2019 mendatang. Walaupun masih ada beberapa hari lagi, peserta yang mendaftar sudah mencapai ratusan ribu lho. Hingga Senin tanggal 17 Juni 2019 kemarin, sudah ada sebanyak 372.534 peserta yang tercatat mendaftarkan dirinya. Jumlah tersebut terdiri dari 177.523 peserta program kelompok Sains dan Teknologi, 190.235 peserta kelompok Sosial Humaniora, dan 4.773 peserta program kelompok campuran.

pendaftaran SBMPTN 2019(Sumber: ayobandung.com)

Baca juga: Ini Syarat dan Cara Pendaftaran SBMPTN 2019 Setelah UTBK

Pada acara SBMPTN Day di Balairung UI Depok, Sabtu 15 Juni 2019 lalu, LTMPT memberikan beberapa informasi resmi seputar SBMPTN 2019. Informasi ini terkait dengan nilai UTBK hingga rumor-rumor yang tersebar di media sosial. Supaya kamu nggak salah info dan termakan hoax, simak dulu yuk keterangan lengkap yang telah dirangkum melalui website resmi ltmpt.ac.id berikut ini.

  1. Nilai UTBK terdiri dari Nilai TPS dan TPA Saintek untuk peserta Saintek, dan nilai TPS Nilai TKA Soshum untuk peserta Soshum. Nilai UTBK peserta bersifat rahasia (hanya diberikan secara individu). Jadi seharusnya nilai ini tidak diberikan kepada siapapun yang tidak berkompeten. Apabila ada pihak-pihak tertentu yang melakukan perangkingan UTBK, maka tidak menjadi tanggung jawab LTMPT.
  2. Hingga saat ini, Rektor PTN, Wakil Rektor dan LTMPT tidak pernah mengeluarkan Passing Grade prodi maupun PTN. Apabila beredar Passing Grade, maka dipastikan bukan dari LTMPT dan informasi tersebut bisa menyesatkan.
  3. Penerimaan melalui jalur SBMPTN sangat tergantung dari beberapa hal yang di antaranya:
    • Pilihan PTN

    • Pilihan Program Studi

    • Daya tampung/Kuota prodi

    • Jumlah peminat

    • Nilai UTBK siswa

    • Keketatan prodi

  1. Beredar pula informasi tentang pembobotan sub-tes nilai UTBK untuk bisa masuk atau memilih ke prodi tertentu di suatu PTN, dipastikan informasi tersebut adalah tidak benar. Yang benar adalah sistem akan memilih secara otomatis nilai UTBK peserta yang terbaik dari komposisi nilai UTBK gelombang pertama atau paket 1 maupun nilai UTBK gelombang kedua atau paket 2 (bagi yang mengikuti tes 2 kali).
  2. Diharapkan kepada peserta yang sudah memiliki nilai UTBK, baik yang UTBK sekali atau dua kali tetap mendaftar jalur SBMPTN secara rasional karena peluang diterimanya tetap terbuka. Namun, bagi peserta yang sudah lolos SNMPTN secara otomatis akan ditolak oleh sistem.
  3. Seleksi SBMPTN 2019 dilakukan oleh masing-masing PTN bukan oleh LTMPT berdasarkan nilai UTBK dan kriteria lain yang ditentukan oleh Rektor masing-masing PTN.
  4. Sertifikat UTBK tahun 2019 hanya berlaku untuk pendaftaran PTN 2019 saja.
  5. Mengingat waktu pendaftaran yang cukup panjang yaitu mulai dari tanggal 10 s.d 24 Juni 2019 dan sudah disosialisasikan cukup lama, maka pendaftaran SBMPTN 2019 tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran.
  6. Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN adalah tanggal 9 Juli 2019 pukul 15.00 WIB.

Squad, dihimbau untuk kamu selalu waspada terhadap segala jenis informasi yang berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN ini. Hanya percaya pada informasi resmi yang dikeluarkan oleh LTMPT ya. Selamat mendaftar dan semoga hasilnya memuaskan ya!

Psst, selain SBMPTN masih ada jalur mandiri lho. Ayo, tetap persiapkan dirimu bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts