Mau Jadi Dokter? Ini 5 Motivasi yang Harus Kamu Miliki

Shabrina Alfari Apr 9, 2020 • 4 min read


motivasi jadi dokter

Artikel ini memberikan informasi lima motivasi yang harus dimiliki bagi kamu yang mau jadi dokter

--

Kamu punya impian untuk menjadi dokter? Profesi yang dianggap mulia karena dapat menolong banyak orang ini memang kerap menjadi cita-cita kita sejak kecil. Di tengah pandemi virus corona pun, profesi dokter kembali disorot karena disebut sebagai garda terdepan yang berjuang melawan virus baru ini.

Dari banyak pasien meninggal dunia yang positif corona, terdapat pula tenaga medis yang berjuang di banyak fasilitas kesehatan di Indonesia. Fakta ini pun menyadarkan kita bahwa ternyata menjadi dokter itu merupakan pekerjaan yang tidak mudah dan butuh perjuangan. Untuk itu, ayo tanamkan motivasi di dalam dirimu sebelum menjadi dokter.

Baca juga: Ketahui Hal Ini Sebelum Memilih Jurusan Kedokteran

1. Ingin bermanfaat untuk kehidupan orang lain

dokter sedang menangani pasienBermanfaat untuk orang lain (Sumber: nbcnews.com)

Setiap orang tentu ingin meninggalkan jejak yang positif selama hidup di dunia bukan? Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menjadi dokter. Seorang dokter dapat langsung mempraktikkan ilmunya dengan cara mengobati pasien. Ilmu yang dimiliki oleh dokter pun sangat berharga, karena dapat mengubah hidup dan keselamatan seseorang. Melihat senyum indah dari pasien juga bisa menjadi kepuasan tersendiri untuk kamu, lho.

2. Tindakan moral yang nyata

APD dokterTindakan moral (Sumber: businessinsider.sg)

Dunia kedokteran sangat erat kaitannya dengan kemanusiaan yang tinggi. Seorang dokter harus mementingkan keselamatan pasiennya dibandingkan keselamatan dirinya. Sama seperti dokter-dokter yang saat ini sedang berjuang mengobati pasien virus corona. Wajar saja banyak yang mengatakan bahwa dokter merupakan pekerjaan yang mulia karena selalu berusaha mempertahankan dan meningkatkan kehidupan seseorang melalui pelayanan kesehatan.

3. Mau menyembuhkan rasa sakit

Ruang Isolasi Rumah SakitMenyembuhkan rasa sakit (Sumber: thelogicalindian.com)

Tugas utama seorang dokter yaitu mengobati orang yang sakit. Keinginan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan meringankan penderitaan orang sakit bisa menjadi pendorong kuat bagi kamu untuk menjadi dokter. Coba bayangkan, saat menjadi dokter kamu bisa mengobati orang-orang terdekatmu dan juga orang lain yang membutuhkan, atau bahkan hewan. Motivasi ini bisa membantu kamu menjadi dokter dengan rasa empati yang tinggi.

4. Meningkatkan status sosial

Dokter dan PasienMeningkatkan status sosial (Sumber: ronnyallan.net)

Seperti yang sudah kamu ketahui, banyak orang beranggapan dokter sebagai profesi yang mulia. Seorang dokter pastinya akan dihargai oleh banyak orang dan tidak dianggap rendah. Tak heran, banyak juga orang yang ingin menjadi dokter untuk meningkatkan status atau derajat sosial keluarga dalam masyarakat. Sebagian besar orang tua pun akan sangat bangga saat anaknya masuk ke Fakultas Kedokteran. Keketatan yang sangat tinggi untuk bisa masuk ke jurusan ini juga bisa menjadi kebanggaan tersendiri, lho.

5. Peluang karier yang jelas

dokter brainstormingPeluang karier (Sumber: nam.edu)

Setelah lulus kuliah dari Fakultas Kedokteran, kamu biasanya sudah tahu harus melangkah kemana dan tahapan apa yang harus kamu lakukan setelahnya. Kamu bisa melanjutkan program studi lanjutan, bekerja di rumah sakit swasta atau pemerintah, membuka praktik sendiri, bekerja di klinik, mengambil program spesialis, dan sebagainya. Jarang sekali ada lulusan Kedokteran yang menganggur untuk waktu yang lama. Inilah salah satu alasan yang membuat orang ingin menjadi dokter.

Kalau kamu, apa motivasi yang kamu miliki untuk menjadi seorang dokter? Jangan hanya tergiur dengan kemapanan finansial, gelar, atau karier yang ditawarkan ya. Untuk menjadi seorang dokter, kamu juga harus memiliki rasa empati dan semangat juang yang tinggi. Maka dari itu, persaingan untuk bisa masuk ke Fakultas Kedokteran pun sangat ketat karena seleksi yang dilakukan tidak main-main. Untuk itu, terus persiapkan dirimu bersama video beranimasi dan ribuan latihan soal di ruangbelajar.

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar